Isim Majrur atau Makhfudhatil Asma’
Isim majrur adalah isim yang dijarkan atau berirab khafadh. Khafadh adalah
i’rab yang ditandai dengan kasrah dan penggantinya yaitu ya’ dan fathah. i’rab
khafadh hanya berlaku untuk kalimah isim saja.
|
Khafadh |
Sebelum berlanjut ke isim-isim yang dijarkan atau dikhfadhkan, saya
terlebih dahulu memaparkan tanda-tanda irab khafadh. Tanda
i’rab khafadh ada 3, yaitu:
1. Kasrah
Kasrah menjadi tanda irab khafadh pada tiga tempat, yaitu isim mufrad,
jama’ taksir dan jama’ muannats salim.
a. Isim Mufrad
Isim mufrad adalah kata yang menunjukkan makna
satu. Contoh:
يَذْهَبُ
أَحْمَدُ مِنَ الْبَيْتِ
إِلَى الْمَدْرَسَةِ
b. Jama’ Taksir
Jama’ taksir adalah isim yang menunjukkan makna
banyak dengan mengubah bentuk mufradnya, baik dengan menambah huruf, mengurangi
huruf, mengganti harakat atau gabungan dari ketiganya. Contoh:
اَلصَّوْمُ
مِنْ أَرْكَانِ
الْإِسْلَامِ
c. Jama’ Muannats Salim
Jama’ muannats salim adalah isim yang menunjukkan
makna banyak dengan cara ditambah alif dan ta’ di akhirnya. Contoh:
اَللّهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
2. Fathah
i’rab khafadh
ditandai dengan fathah pada isim ghair munsharif. Isim ghair munsharif adalah
isim yang tidak bisa menerima tanwin dan tidak diawali alif lam (ال).
Contoh:
وَلَقَدْ
زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ
3. Ya’
Huruf ya’ menjadi tanda irab khafadh pada isim mutsana, jama’ mudzakkar
salim dan isim lima.
a. Isim mutsana
Isim tatsniyah adalah isim menunjukkan makna dua
dengan cara ditambah alif dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika nashab
dan jar. Contoh:
فِي الدَّارَيْنِ
b. Jama Mudzakar Salim
Jama’ mudzakkar salim adalah isim yang menunjukkan
makna banyak dengan ditambah wau dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika
nashab dan jar. Contoh:
اَللّهُمَّ
اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ
وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
c. Isim Lima
مَرَرْتُ بِأَخِيْكَ
Makhfudhatil Asma’
Kalimah isim beri’rab khafadh dalam tiga kedudukan, yaitu didahului huruf
jar, diidhafahkan dan menjadi isim tabi’. Artinya apabila isim berkedudukan dari salah tiga kedudukan
tersebut disebut dengan isim majrur dan harus ditandai dengan salah satu tanda
irab khafadh.
1. Didahului salah satu huruf jar
Huruf jar adalah
huruf yang bisa merubah i’rab huruf setelahnya menjadi khafadh. Diantara huruf
jar adalah (مِنْ), (إِلِى), (عَنْ), (عَلَى), (فِى), (رُبَّ), (ب), (ك), (ل), (مُذْ), (مُنْذُ),
dll. Contoh:
مِنَ الْمَشْرِقِ
إِلَى الْمَغْرِبِ – عَلَى الْمَكْتَبِ – كَالْقَمَرِ - مُنْذُ يَوْمِ الْجُمْعَةِ
2. Idhafah
Mudhaf ilaih adalah isim yang kedua ketika diidhafahkan. Idhafah adalah:
ضَمُّ
اسْمٍ إِلَى اسْمٍ بِقَصْدِ تَخْصِيْصِهِ أَوْ تَعْرِيْفِهِ
Mengumpulkan
isim ke isim yang lain dengan maksud takhshish atau ta’rif. Contoh:
غُرْفَةُ النَّوْمِ
Artinya “kamar
tidur”. Kata (غُرْفَةُ)
pada contoh di atas termasuk mudhaf dan kata (النَّوْمِ) termasuk mudhaf ilaih. Seperti contoh di atas, mudhaf ilaih
itu selalu majrur dengan ditandai oleh kasrah.
Tujuan dari
idhafah ada dua:
a. Takhshish
Artinya
mengkhususkan, yaitu apabila mudhaf ilaihnya berupa isim nakirah. Contoh:
غُلاَمُ رَجُلٍ -
ثَوْبُ خَاجٍ
b. Ta’rif
Artinya
mema’rifahkan, yaitu apabila mudhaf ilaihnya berupa isim ma’rifah. Contoh:
نَوْمُ اللَّيْلِ - غُرْفَةُ النَّوْمِ
3. Isim tawabi’
Isim yang
mengikuti i’rab kata sebelumnya disebut tawabi’. Apabila kata sebelumnya
beri’rab khafadh maka isim tawabai’ juga harus khafadh. Isim tawabai’ ada 4:
a. Naat/shifat
كَتَبْتُ بِالقَلَمِ الْجَدِيْدِ
b. Athaf
نَامَ مَحْمُوْدٌ مَعَ خَلِيْلٍ وَحَامِدٍ
c. Taukid
اَلصَّلَاةُ وَاجِبٌ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ كُلِّهُمْ
d. Badal
نَامَ مَحْمُوْدٌ مَعَ أخِيْكَ حَامِدٍ
Itulah penjelasan
dari saya tentang isim-isim yang
dikhafadhkan. Pastinya masih banyak yang harus
dijelaskan lebih rinci lagi. Tunggu saya di postingan berikutnya.
Pembaca yang
baik hati meninggalkan komentar. Hehe
Terima kasih.
tulisannya bagus cocok menjadi referensi ketika ga mau ribet buka buku, thanks
ReplyDelete