Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Pengertian Ilmu Balaghah dan Ruang Lingkup Pembahasannya

A. PENGERTIAN ILMU BALAGHAH

Balaghah bisa diartikan menggapai tujuan dan tutur kata yang baik. Secara istilah, balaghah adalah menyampaikan makna yang luhur secara jelas dengan menggunakan ungkapan yang shahih dan fashih. Secara jelas maksudnya pembicara menyampaikan suatu ungkapan dengan lugas sehingga mudah difahami dan tidak salah faham. Adapun yang dimaksud shahih adalah sesuai dengan kaidah sharaf dan nahwu. Sedangkan fashih adalah ungkapan itu harus tersusun dari kata-kata yang mengandung maksud yang dikehendaki oleh pembicara.

Ilmu Balaghah

Dalam pendapat lain, Ilmu balaghah merupakan sebuah disiplin ilmu yang berkaitan dengan masalah kalimat, yaitu mengenai susunannya, maknanya, pengaruh jiwa, keindahan, dan kejelian pemilihan kata yang sesuai dengan tuntutan.

B. PEMBAGIAN ILMU BALAGHAH

Dalam ilmu balaghah, ada 3 cabang atau subdisplin ilmu, yaitu ilmu bayan, ilmu ma’ani, dan ilmu badi’.

● ILMU BAYAN

1. Pengertian  Ilmu Bayan

Menurut terminologi, ilmu bayan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari cara mengungkapkan bahasa dengan susunan kalimat yang beragam, di mana yang sebagian lebih jelas penunjukan maknanya atau lebih berkesan dari yang lain. Jadi ilmu bayan adalah uslub mengungkapkan suatu maksud dengan redaksi yang berbeda-beda. Ilmu bayan juga berkaitan dengan keindahan berbahasa yang pengungkapannya menggunakan kata-kata indah dan mampu meninggalkan kesan yang mendalam di hati pendengar atau pembaca.

Sekarang perhatikan 3 ungkapan berikut yang menunjukkan seseorang yang mempunyai sifat dermawan!

هُوَ كالبَحْر فِي الكَرَمِ

“Dia seperti lautan dalam kemurahannya”

رَأَيْتُ بَحْرًا فِيْ مَنْزِلِنَا

“Saya melihat lautan di rumah kami”

هُوَ كَثِيرُ الرَّمَادِ

“Dia banyak abunya”

Pola kalimat pertama menggunakan uslūb at-tasybīh, yang kedua menggunakan uslūb al-majāz; dan ketiga menggunakan uslūb al-kināyah. Pada kalimat pertama, pembicara atau penulis menyerupakan seseorang dengan lautan dalam kemurahannya. Pada kalimat kedua, pembicara atau penulis melihat lautan yang merupakan kata al-majāz (Isti‘ārah) dari orang yang memiliki sifat pemurah. Pada kalimat ketiga, pembicara atau penulis menyatakan seseorang banyak abunya yang merupakan kinayah dari sifat pemurah.  Seseorang memiliki banyak abu di dapur karena banyak kayu bakar. Seseorang memiliki banyak kayu bakar karena keseringan atau banyak yang dimasak. Seseorang yang banyak atau sering masak karena banyaknya atau seringnya tamu yang bertandang (datang) ke rumahnya. Orang yang seperti itu pasti memiliki sifat pemurah.

2. Topik Bahasan Ilmu Bayan

Ada 3 bahasan pokok dalam ilmu bayan, yaitu: At-Tasybīh (التشبيه), Al-Majaz (المجاز), dan Al-Kinayah (الكناية).

a. Tasybih

Tasybih adalah menjelaskan bahwa suatu perkara bersekutu dengan yang lainnya dalam satu sifat atau lebih dengan menggunakan perantara yaitu kaf (ك) dan sejenisnya baik secara tersurat maupun tersirat. Contoh:

خَالِدٌ كَالْأَسَدِ فِي الشَّجَاعَةِ

Artinya: "Khalid seperti singa dalam keberanian”.

الْعِلْمُ كَالنُّوْرِ فِي الْهِدَايَةِ

Artinya: “Ilmu itu seperti cahaya dalam hal memberi petunjuk.”

Dari contoh yang pertama didapati bahwa khalid diserupakan dengan singa karena keduanya mempunyai sifat yang sama yaitu sama-sama berani. Disyaratkan pula bahwa musyabbah bih itu lebih kuat daripada musyabbah.

Dalam susunan uslub tasybih, terdapat 4 rukun tasybih, yaitu:

a. Musyabbah (المـُشَبَّهُ) yaitu sesuatu yang diserupakan

b. Musyabbah bih (المـُشَبَّهُ بهِ) yaitu sesuatu yang diserupakan dengan

c. Adat tasybih (أَداةُ التَّشْبيهِ) alat atau perantara tasybih

d. Wajah syabah (وَجْهُ الشَّبَهِ) sifat yang menjadi letak kesamaan.

Rukun tasybih yang pertama dan kedua disebut denga tharaf (طَرَف) dan wajib dimunculkan dalam tasybih. Sedangkan rukun ketiga dan keempat boleh dimunculkan atau dihilangkan.

Mari kita telaah kembali contoh tasybih yang kedua:

الْعِلْمُ كَالنُّوْرِ فِي الْهِدَايَةِ

Dari contoh tersebut kata yang menjadi musyabbah adalah kata (الْعِلْمُ), musyabbah bih adalah kata (النُّوْرِ), adat tasybihnya kata (ك), dan wajah syabahnya adalah kata (الْهِدَايَةِ).

Karena adat dan wajah boleh tidak disebutkan, maka susunan berikut juga termasuk tasybih:

الْعِلْمُ نُوْرٌ

b. Majaz

Majaz adalah kata yang digunakan bukan pada makna aslinya karena adanya hubungan (alaqah) dan alasan yang menghalangi untuk difahami dengan makna aslinya atau makna kamus. Dalam ilmu bayan, majaz dibagi menjadi dua, yaitu majaz aqli dan majaz lughawi.

1) Majaz Aqli

Majaz aqli adalah menyandarkan perbuatan (aktivitas) kepada suatu atau benda yang bukan aslinya karena adanya ‘alaqah ghair al-musyabahah (hubungan tidak adanya unsur kesamaan antara makna asli dan makna yang mengalami perubahan) dan qarinah (susunan kalimat) yang mencegah terjadinya penyandaran makna ke lafaz tersebut. Dinamakan aqli, karena majaz jenis ini bisa diketahui penunjukan maknanya  dengan menggunakan akal.

Contoh:

وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا هَامَانُ ابْنِ لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَبْلُغُ الْأَسْبَابَ (36) أَسْبَابَ السَّمَاوَاتِ فَأَطَّلِعَ إِلَى إِلَهِ مُوسَى وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ كَاذِبًا وَكَذَلِكَ زُيِّنَ لِفِرْعَوْنَ سُوءُ عَمَلِهِ وَصُدَّ عَنِ السَّبِيلِ وَمَا كَيْدُ فِرْعَوْنَ إِلَّا فِي تَبَابٍ (37)

Artinya: “Dan berkatalah Fir'aun: "Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya Aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu langit, supaya Aku dapat melihat Tuhan Musa dan sesungguhnya Aku memandangnya seorang pendusta". Demikianlah dijadikan Fir'aun memandang baik perbuatan yang buruk itu, dan dia dihalangi dari jalan (yang benar); dan tipu daya Fir'aun itu tidak lain hanyalah membawa kerugian.” (QS. Ghafir [40]: 36-37).

Pada ayat ini disebutkan bahwa perbuatan (aktivitas) membangun gedung yang menjulang disandarkan kepada seorang bernama Haman padahal ia bukan pelaku sebenarnya. Yang membangun itu adalah para pekerja, tetapi Haman bertindak sebagai pengawas proses pembangunan itu.

2) Majaz Lughawi

Majaz lughawi adalah kata yang tidak difahami dengan makna aslinya karena ada alaqah dan qarinah yang mencegah makna asli. Dalam majaz lughawi, suatu makna difahami dengan makna lain karena unsur kebahasaan. Majaz lughawi terbagi lagi menjadi istiarah dan majaz mursal.

● Istiarah

Istiarah adalah kata yang tidak difahami dengan makna aslinya dan mulanya uslub tasybih yang dibuang salah satu tharafnya. Maka alaqah atau hubungan makna asli dan makna yang dimaksud dalam istiarah adalah musyabahah.

Contoh:

رَأَيْتُ بَحْرًا فِي السُّوْقِ

Artinya: saya melihat “laut” itu di pasar.

Kata (بَحْرًا) pada contoh di atas tidak dimaknai sebagai hakikat melainkan merujuk pada seseorang yang pemurah.

● Majaz Mursal

Majaz mursal adalah suatu lafaz yang dipergunakan bukan pada makna aslinya karena adanya alaqah ghair musyabahah (hubungan bukan perumpamaan) disertai qarinah (alasan/bukti) yang mencegahnya dari makna asli. Majaz mursal berbeda dengan kinayah karena pada kalimat yang berbentuk kinayah tidak harus ada qarinah yang mencegah suatu lafaz dari makna aslinya. Dinamakan “mursal” karena ia tidak dibatasi oleh pemaknaan tertentu.

Contoh:

إِنَّ الْأَبْرَارَ لَفِي نَعِيمٍ

Artinya:“Sesungghnya orang-orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan.” (QS. Al-Muthaffifin: 22)

Yang dimaksud dengan kenikmatan pada ayat tersebut adalah tempatnya kenikmatan yaitu surga.

c. Kinayah

Kinayah adalah lafadz yang disampaikan dan yang dimaksud adalah kelaziman maknanya, disamping boleh juga yang dimaksud pada makna yang sebenarnya. Simpelnya kinayah adalah idiom.

Contoh:

عَلِيٌّ كَثِيْرُ الرَّمَادِ

Artinya: Ali mempunyai banyak abu.

Maksud dari ungkapan di atas adalah bahwa Ali adalah orang yang dermawan. Orang Arab melazimkan bahwa yang dermawan pasti suka menjamu orang dan tentunya sering masak di rumah. Dahulu kala orang masak menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan hasil abu yang banyak.

وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

Artinya: Dan (begitu pula) istrinya (istri Abu Lahab), pembawa kayu bakar.

Pembawa kayu bakar diartikan penyebar fitnah. Istri Abu Lahab disebut pembawa kayu bakar karena dia selalu menyebar-nyebarkan fitnah untuk memburuk-burukkan nabi Muhammad saw. dan kaum Muslim.

● ILMU MA’ANI

1. Pengertian Ilmu Ma’ani

Ilmu ma’ani adalah ilmu yang mempelajari kesesuaian antara konteks pembicaraan dengan situasi dan kondisi sehingga maksud dan tujuan bisa tersampaikan secara jelas dan gamblang.

Definisi lainnya, ilmu ma'ani adalah pokok-pokok dan dasar-dasar untuk mengetahui tata cara menyesuaikan kalimat kepada kontekstualnya (muqtadhal halnya) sehingga cocok dengan tujuan yang dikehendaki.

Berdasarkan definisi di atas, dalam ilmu ma’ani terdapat dua unsur yang perlu diperhatikan, yaitu kondisi audien (pendengar) dan obyek (topik pembicaraan).

2. Kondisi Audien (pendengar)

Pembicaraan harus disesuaikan dengan kapasitas intelektual audien. Bahasa yang digunakan ketika berbicara dengan orang yang tingkat intelektualnya tinggi, tentu berbeda dengan orang yang tingkat intelektualnya rendah. Misalnya penggunaan cara berbahasa dengan seorang mahasiswa di perguruan tinggi berbeda dengan seorang murid Sekolah Dasar atau orang yang pernah mengenyam pendidikan dengan orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan.

Kalau berbicara dengan orang terdidik kita cukup menggunakan kalimat yang singkat dan padat bukan bertele-tele. Dengan cara itu mereka sudah bisa memahami dan menangkap maksud dan tujuan sang pembicara, tetapi sebaliknya kalau kita berbicara di hadapan orang yang tidak terdidik maka dibutuhkan penggunaan kata-kata yang panjang dan bertele-tele sekalipun maksud dan tujuan yang ingin disampaikan hanya sedikit.

Selain itu, kondisi audiens ketika menanggapi suatu pembicaraan ada yang yakin, ragu, dan juga ingkar. Tentunya uslub yang digunakan ketika menyampaikan suatu informasi kepada orang yang yakin, orang yang ragu, dan orang yang ingkar akan berbeda. Biasanya tambahkan huruf taukid pada suatu kalimat apabila menyampaikan informasi kepada orang yang ragu, bahkan taukidnya lebih dari satu apabila audiensnya membantah informasi tersebut.

3. Obyek/Topik Pembicaraan

Obyek pembicaraan memegang peranan penting dan substansial dalam ilmu ma’ani. Obyek pembicaraan juga harus disesuaikan dengan kadar intelektual audien. Karena ada obyek pembicaraan yang bisa dijangkau oleh audien dan sebaliknya ada obyek-obyek pembicaraan yang tidak bisa terjangkau oleh akal dan kadar keilmuannya. Kemampuan menganalisa dan problem solving (memecahkan masalah) tentu tidak akan mampu dilakukan oleh anak-anak yang masih belajar di bangku sekolah tingkat dasar.

4. Topik Bahasan Ilmu Ma’ani

Ada beberapa topik inti yang menjadi pembahasan para ulama Balāghah dalam ilmu Ma’ani, yaitu:

● Khabar dan Insya’

Khabar atau kalimat berita adalah ungkapan yang bisa dinilai bahwa yang menyampaikannya bohong atau tidak. Sedangkan insya’ sebaliknya.

Contoh kalam khabar:

إِنَّ أَبَاكَ لَمَرِيْضٌ

Artinya: “sesungguhnya ayahmu benar-benar sakit”.

Kalam khabari dengan dua taukid.

Contoh kalam insya’:

فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

Artinya: Maka hendaklah mengatakan yang baik atau diam”.

Kalam insya’i dengan uslub amr (perintah).

● Musnad dan Musnad Ilaih

Kalimat dalam bahasa Arab terbentuk dari jumlah ismiyyah (terdiri dari mubtada’ dan khabar) dan jumlah fi’liyyah (terdiri dari fi‘il dan fa‘il). Dalam Ilmu Balagah kedua unsur pembentuk susunan kalimat tersebut dinamakan Musnad  (المسند) dan Musnad Ilaih (المسند إليه).

Contoh:

 مُحَمَّدٌ قَائِمٌ

قَامَ مُحَمَّدٌ

Dalam kedua kalimat di atas, kata (مُحَمَّدٌ) merupakan tempat disandarkannya perbuatan berdiri atau disebut musnad ilaih. Sedangkan kata (قَائِمٌ) dan (قَامَ) merupakan perbuatan yang disandarkan kepada Muhammad atau disebut Musnad.

● Ijaz, Musawah dan Ithnab

Ijaz adalah kalimat yang ringkas. Musawah adalah ungkapan yang setara. Sedangkan ithnab adalah kalimat yang bertele-tele.

Contoh ijaz:

اَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَالأَمْرُ (اعراف: 54)

Artinya: “...Ketahuilah milik Allah segala penciptaan dan urusan....” (QS. Al-A’rāf [7]: 54)

Kata (الخلق) yang artinya penciptaan dan kata (الأمر) yang artinya urusan mengandung makna semua atau segala hal yang berkaitan dengan penciptaan makhluk dan urusannya seperti hidup, mati, senang, bahagia dan lain-lain itu sudah terkandung dalam makna ayat ini.

Contoh musawah:

مَنْ كَفَرَ فَعَلَيْهِ كُفْرُهُ

Artinya: ”Barang siapa yang kafir (ingkar) maka dia sendirilah yang menanggung (akibat) kekafirannya itu.” (QS. Ar-Rūm: 44)

Contoh ithnab:

قَالَ رَبِّ إنِّيْ وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّيْ وَاشْتَعَلَ الرَّأْسِ شَيْبًا

Artinya: Ia berkata “Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, (QS. Maryam: 4).

Maksud ayat diatas adalah: “Saya sudah tua”.

● Qashr

Qashr adalah gaya bahasa pengkhususan.

Contoh qashr:

وَمَا يَخْدَعُونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

Artinya: “dan tidaklah mereka menipu kecuali kepada dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.” (QS. Al-Baqarah: 9).

● Fashal dan Washal

Fashal dan washal membahas tentang menyambung atau memisahkan kalimat dengan kalimat yang lainnya menggunakan huruf athaf ‘wau”.

Contoh fashal:

يُدَبِّرُ الْأَمْرَ يُفَصِّلُ الْأيتِ

Artinya: “Dia (Allah) yang mengatur urusan dan menjelaskan tanda-tanda” (Ar- Ra’d: 2)

Contoh washal:

وَاعْبُدُوا اللهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهِ شَيْئًا 

Artinya: “Dan sembahlah Allah serta janganlah kalian menyekutukan-Nya….” (An-Nisa’: 36).

Simpulan:

> Ilmu ma’ani membahas macam-macam uslub (gaya bahasa) atas dasar struktur kalimat.

> Tujuan dari mempelajari ilmu ma’ani:

• Agar pembicaraan disesuaikan dengan keadaan audien sehingga bisa berkomunikasi dengan efektif.

• Menjaga lisan dari kesalahan berbicara.

• Mengetahui kemukjizatan al-Qur'an melalui aspek kebagusan susunan dan sifatnya, keindahan kalimat, kehalusan bentuk ijaz yang telah diistemawakan oleh Allah dan segala hal yang telah dikandung oleh al-Qur'an itu sendiri.

• Mengetahui rahasia balaghah dan fashahah dalam bahasa Arab yang berupa prosa dan puisi agar dapat mengikutinya dan menyusun sesuai dengan aturannya serta membedakan antara kalimat yang bagus dengan yang bernilai rendah.

• Apabila berposisi sebagai audiens, kita bisa lebih memahami maksud pembicara lebih dalam.

● ILMU BADI’

1. Pengertian Ilmu Badi’

Dalam istilah ilmu balaghah, ilmu badi’ adalah ilmu yang mempelajari tentang keindahan suatu kalimat baik dari segi lafaz maupun makna.

Dari pengertian di atas, dapat kita fahami bahwa tujuan mempelajari ilmu badi’ adalah agar pembicaraan kita enak didengar oleh mustami’. Tentunya agar pembicaraan kita indah, kita harus memilih diksi kata yang tepat baik dilihat dari segi pelafalan maupun maknanya.

2. Bahasan Ilmu Badi’

Dalam ilmu badi’, ada dua tema bahasan, yaitu muhassinatul lafhdziyyah dan muhassinatul ma’nawiyyah.

Muhassinat Lafdziyyah

Muhassinatul lafdziyyah adalah cara untuk memperindah kata dari segi pelafalan atau bunyinya.

a. Jinas

Jinas adalah penggunaan dua kata dalam sama atau mirip satu ungkapan namun berbeda dalam maknya. Ada dua macam jinas, yaitu:

1). Jinas tam, yaitu dua kata yang sama pengucapannya dalam empat hal, yaitu: jenis huruf, harakat huruf, jumlah huruf dan urutan huruf. Dari keempat tersebut ada yang perlu diketahui bawha huruf tambahan selain dalam shighat tashrif seperti alif lam ta’rif dan juga harakat terakhir tidak termasuk kategori 4 hal tersebut.

Contoh di Al-Qur’an:

وَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ يُقْسِمُ الْمُجْرِمُوْنَ مَا لَبِثُوْا غَيْرَ سَاعَةٍ كَذَالِكَ كَانُواْ يُؤْفَكُوْن

2). Jinas ghair tam, yaitu dua kata yang mirip pengucapannya tetapi tidak sama pada salah satu dari empat hal, yaitu: jenis huruf, harakat huruf, jumlah huruf dan urutan huruf.

Contoh:

ذَلِكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَفْرَحُوْنَ فِيْ الأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقّ وَبِمَا كُنْتُمْ تَمْرَحُوْنَ

b. Iqtibas

Iqtibas adalah mengutip suatu kalimat dari Al-Qur’an atau Hadist, lalu disisipkan ke dalam prosa atau syair tanpa dijelaskan bahwa kalimat yang dikutip tersebut diambil dari Al-Qur’an dan Hadist.

Contoh:

لاَ تَغُرَّنَّكَ مِن الظَّلَمَةِ كَثْرَةُ الْجُيُوْشِ وَالْأَنْصَارِ (إِنَّمَا نُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيْهِ الْأَبْصَارُ)  

Artinya: Jangan engkau tertipu daya dalam kezaliman dengan banyaknya bala tentara dan pelindung, sesungguhnya kami tangguhkan (azab mereka)  pada hari di mana mata terbelalak.

c. Saja’

As-saja‘ adalah kesamaan huruf akhir pada dua fashilah atau susunan kalimat. Yang dimaksud fashilah bisa bait, ayat, kalimat, atau penggalan kalimat.

Contoh:

إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا، وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا

Artinya: Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, (QS. Al-Ma’arij: 20-21)

Muhsinat Ma’nawiyah

Muhassinatul ma’nawiyyah adalah cara mengindahkan makna dalam suatu ungkapan.

a. Tauriyah

Tauriyah adalah mengungkapkan suatu lafaz yang mempunyai dua makna: pertama, makna dekat dan jelas yang tidak dimaksud. Kedua, makna jauh dan samar dan inilah yang dimaksud mutakallim.

Contoh pada kisah Nabi Ibrahim ketika beliau dalam perjalanan dengan istrinya Siti Hajar. Di tengah perjalanan keduanya di tangkap oleh penguasa yang sangat kejam dan bengis. Untuk menyelamatkan istrinya dari kebengisan sang penguasa, Nabi Ibrahim menjawab dengan menggunakan uslub at-tauriyah ketika diintrogasi oleh sang penguasa, “Siapa perempuan ini?” Nabi Ibrahim menjawab,

 هَذِهِ أُخْتِيْ

Artinya dia adalah saudariku.

Kata (أختي) dalam konteks kalimat ini mengandung tauriyah yang mempunyai dua makna. Bisa dimaknai saudari karena nasab atau saudara karena seagama. Sedangkan yang dimaksud Nabi Ibrahim as adalah saudara seagama. Kata tersebut sengaja diucapkan Nabi Ibrahim untuk menjaga identitas istrinya. Seandainya beliau menjawab Hajar adalah istrinya bisa jadi dia akan dibunuh.

b. Thibaq

Thibaq adalah berkumpulnya dua makna yang berlawanan dalam satu kalimat.

Contoh Thibaq:

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ

Artinya: “Dan kamu mengira  mereka itu bangun padahal mereka tidur….” (QS. al-ahfi : 18)

c. Muqabalah

Muqabalah adalah mengungkapkan dua lafaz atau lebih lalu diiringi dua lafaz lain yang merupakan antonim (lawan kata) dari dua lafaz pertama dan disebutkan secara beriringan.

Contoh:

فَلْيَسْهَرُوْا كَثِيْرًا وَلْيَنَامُوْا قَلِيْلاً

artinya:

“Hendaklah mereka sering terbangun (malam hari) dan sedikit tidur!”

Kata (يَسْهَرُوْا) dan (كَثِيْرًا) berantonim dengan (يَنَامُوْا) dan (قليلا).

d. Husnut ta’lil

Husnut ta’lil adalah pengingkaran seorang sastrawan secara terang-terangan atau pun terpendam tentang alasan suatu peristiwa yang telah dikenal umum, dan ia mendatangkan alasan lain yang bernilai sastra yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya.

Contoh:

كَانَ احْتِرَاقُ الدَّارِ حُزْنًا عَلَى غِيَابِ أَهْلِهَا

Artinya: Terbakarnya rumah itu karena ia sedih ditinggalkan penghuninya

e. Uslub al-Hakim

Uslub al-hakim adalah gaya bahasa yang disampaikan oleh seseorang dalam memberikan jawaban terhadap sebuah persoalan dengan jawaban yang keluar dari topik persoalan.

Contoh:

يَسْئَلُونَكَ عَنِ اْلأَهِلَّةِ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ

Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang hilal. Katakanlah “itu adalah (petunjuk) waktu bagi manusia dan (ibadah) haji. (Al-Baqarah: 189)

Selain uslub di atas, para ulama balaghah masih banyak menyebutkan pola-pola lain seperti itbâ’, istitbâ’, tafrî’ dan sebagainya, namun diantara yang paling sering dikemukakan dan kita jumpai adalah lima pola diatas.

Artikel keren lainnya:

Mengenal Ilmu Nahwu Dan Ruang Lingkup Pembahasannya

Pengertian Ilmu Nahwu

Secara bahasa, nahwu adalah:

هُوَ الْمِثْلُ وَالْجِهَةُ وَالْمِقْدَارُ وَالْقِسْمُ وَالْبَعْضُ وَالْقَصْدُ وَالْأَصْلُ.

Nahwu adalah contoh, arah, ukuran, bagian, sebagian, tujuan, dan asal. Adapun pengertian ilmu nahwu secara terminologi adalah:

الْعِلْمُ الَّذِيْ يَدْرُسُ الْجُمْلَةِ وَيُعْرَفُ بِهَا أَحْوَالُ أَوَاخِرِ الْكَلِمِ إِعْرَابًا وَبِنَاءً

Ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari kalimat dan dengan ilmu itu bisa diketahui keadaan akhir kata secara mu’rab’ ataupun mabninya.

Ilmu nahwu juga didefinisikan sebagai ilmu untuk mengetahui jabatan kata dalam kalimat dan bentuk huruf/harakat terakhir dari suatu kata. Dalam linguistik, nahwu sama dengan sintaksis.

Nahwu

Sebenarnya masih banyak pengertian ilmu nahwu dengan berbagai redaksi. Singkatnya, ilmu nahwu itu ilmu tentang cara membentuk kalimat dan mengetahui jabatan suatu kata dalam kalimat.

Dalam bahasa Arab, jabatan suatu kata berpengaruh terhadap i’rab atau keadaan akhir kata tersebut. Silakan kedua kalimat berikut!

قَرَأَ أَحْمَدُ الْكِتَابَ

اَلْكِتَابُ فِي الْمَكْتَبَةِ

Bila dilihat dari segi ilmu nahwu maka kita dapati kata (قَرَأَ) berkedudukan sebagai fa’il, kata (أَحْمَدُ) berkedudukan sebagai fa’il dan beri’rab rafa’ yang ditandai dengan dhammah diujungnya, dan kata (الْكِتَابَ) berkedudukan sebagai maf’ul dan beri’rab nashab yang ditandai dengan fathah ujungnya.

Adapun pada kalimat yang kedua, kata (اَلْكِتَابُ) berkedudukan sebagai mubtada’ dan beri’rab rafa’ yang ditandai dengan dhammah diujungnya, kata (فِي) merupakan huruf jar, dan kata (الْمَكْتَبَةِ) berkedudukan sebagai majrur dan ber’irab khafadh yang ditandai dengan kasrah diujungnya. Jar dan majrur pada kalimat di atas berkedudukan sebagai khabar.

Pengertian I’rab

Pengertian i’rab dibagi menjadi 2 bagian. Secara bahasa dan istilah ilmu nahwu.

الإِعْرَابُ فِي اللُّغَةِ هُوَ الْإِبَانَةُ وَالْإيْضَاحُ

Secara bahasa i’rab adalah penjelasan dan penerangan.

وَفِي الْاِصْطِلَاحِ هُوَ تَغْيِيْرُ الَّذِيْ يَطْرَأُ عَلَى أَوَاخِرِ الْكَلِمَاتِ لَفْظاً أَوْ تَقْدِيْراً بِاخْتِلَافِ الْعَوَامِلَ الدَّاخِلَةِ عَلَيْهِ

I’rab menurut istilah adalah perubahan yang terjadi pada akhir kata secara lafal maupun kira-kira karena perbedaan amil yang masuk ke kata tersebut.

Coba perhatikan contoh perubahaan kata (البَيْتُ) dan (تَدْخُلُ) berikut:

اَلْبَيْتُ كَبِيْرٌ – إِنَّ الْبَيْتَ – فِي الْبَيْتِ

تَدْخُلُ – لَنْ تَدْخُلَ – لَا تَدْخُلْ

Contoh di atas merupakan perubahan secara jelas/dzahir karena terdeteksi secara mudah dan jelas. Coba bandingkan dengan kata (الْفَتَى) dan (قَاضٍ) pada kalimah di bawah.

جَاءَ الْفَتَى - رَأَيْتُ الفَتَى – إِلَى الْفَتَى

جاء قَاضٍ - رَأَيْتُ قَاضِيًا - مَرَرْتُ بِقَاضٍ

Sekilas tidak ada perubahan, namun sebenarnya ada karena pada asalnya seperti di bawah

جَاءَ الْفَتَيُ - رَأَيْتُ الفَتَيَ – إِلَى الْفَتَيِ

جاء قَاضِيٌ - رَأَيْتُ قَاضِيًا - مَرَرْتُ بِقَاضِيٍ

Pembagian I’rab

I’rab ada 4 yaitu: rafa’, nashab, khafadh dan jazm.

1. Rafa’

Adalah i’rab yang ditandai oleh dhammah’ dan penggantinya yaitu wawu, alif dan nun. Rafa’ merupakan i’rab dasar jadi pada awalnya semua isim mu’rab’ i’rabnya rafa’.

No

Tanda

Contoh

1

ـــــُـــــ

اَلْبَيْتُ

2

و

مُسْلِمُوْنَ

3

ا

مُسْلِمَانِ

4

ن

تَدْخُلُوْنَ

 

2. Nashab

Adalah i’rab yang ditandai oleh fathah dan penggantinya yaitu alif, kasroh, ya’ dan membuang nun.

No

Tanda

Contoh

1

ـــــَـــــ

إِنَّ الْبَيْتَ

2

ا

إِنَّ أَبَاكَ

3

ـــــِـــــ

إِنَّ الْمُسْلِمَاتِ

4

ي

إِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ

5

نBuang

أَنْ تَدْخُلُوْا

3. Khafadh

Adalah i’rab yang ditandai oleh kasrah dan penggantinya ya’ dan fathah.

No

Tanda

Contoh

1

ـــــِـــــ

فِي الْبَيْتِ

2

ي

مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

3

ـــــَـــــ

لِأَحْمَدَ

3. Jazm

Adalah i’rab yang ditandai oleh sukun dan membuang huruf.

No

Tanda

Contoh

1

ـــــْـــــ

لَا تَدْخُلْ

2

Buang huruf

لَا تَدْخُلُوْا

Peruntukan

I’rab yang masuk ke isim adalah rafa’, nashab dan khofadh.

اَلْبَيْتُ كَبِيْرٌ – إِنَّ الْبَيْتَ – فِي الْبَيْتِ

I’rab yang masuk ke fiil adalah rafa’, nashab dan jazm.

تَدْخُلُ – لَنْ تَدْخُلَ – لَا تَدْخُلْ

Jabatan Kata dalam Kalimat
Sekian dan demikian. Terima kasih.

Artikel keren lainnya: