Pengertian Isim
Isim adalah kata yang menunjukkan
makna dengan dirinya sendiri tanpa diikuti waktu yang tiga, yakni masa lampau,
sekarang dan yang akan datang. Isim bisa diartikan dengan kata benda dalam
bahasa Indonesia, walaupun konsep isim dalam bahasa Arab dengan kata benda
dalam bahasa Indonesia tidak semuanya sama.
|
Isim |
Tanda-tanda Isim
• Bisa menerima tanwin
• Bisa menerima huruf alif lam (ال)
• Bisa beri’rab jar (kasrah atau pengganti kasrah)
• Didahului huruf jar
• Didahului huruf nida’ (panggilan)
• Bisa disandarkan dengan isim lain
Macam-macam Isim
A. Isim Jinis dan Isim ‘Alam
Isim jinis adalah isim yang
meliputi nama sebuah jenis.
Contoh:
تِلْمِيْذٌ –
مُدَرِّسٌ – تَمْرٌ
Isim ‘alam adalah isim yang
menunjukkan nama, baik nama orang ataupun nama tempat. Isim ‘alam ada yang
mufrad dan juga murakkab.
Contoh:
مفرد: يُوْسُفُ - بَغْدَاد
مركَّب: عَبْدُ اللهِ
– أَبُوْ بَكْرٍ
B. Shahih, Manqush, Maqshur,
Mamdud
Isim shahih adalah isim yang
diakhiri dengan huruf shahih.
Contoh:
كَرِيْمَةٌ – كِتابٌ
- اَللهُ
Isim Manqush adalah isim
mu’rab yang huruf terkahirnya berupa ya’ tetap (lazimah) dan berharakat kasrah
huruf sebelum ya’.
Contoh:
القَاضِي - الرَّاعِي
Isim maqshur adalah isim mu’rab
yang akhirnya berupa alif yang tetap, baik yang berbentuk alif ataupun yang
berbentuk ya’.
Contoh:
عَصَا - مُوْسَى - الفَتَى
Isim mamdud adalah isim mu’rab
yang akhirnya berupa hamzah dan sebelumnya didahului alif zaidah.
Contoh:
صَحْرَاءٌ - سَـمَاءٌ - قُرَّاءٌ
C. Isim Mufrad, Mutsanna dan
Jama’
Isim mufrad adalah kata yang
menunjukkan makna tunggal baik untuk mudzakkar atau muannats.
Contoh:
إِنْسَانٌ – مَرْأَةٌ
– كِتَابٌ – مَدْرَسَةٌ
Isim mutsana atau isim tatsniyah
adalah kata yang menunjukkan kepada makna dua. Adapun bentuk katanya yakni
dengan menambahkan alif dan nun dalam keadaan marfu serta ya’ dan nun dalam
keadaan manshub dan majrur. Huruf sebelum huruf tambahan menjadi fathah, ya’
tambahan harakatnya sukun serta nun harakatnya fathah.
Contoh:
(كِتَابٌ)
كِتَابَانِ/ كِتَابَيْنِ
Isim jam’ adalah kata yang
menunjukkan pada makna banyak (lebih dari dua). Dalam bahasa Arab kata jamak
atau plural ada 3 macam, yaitu:
1. Jama’ Mudzakkar Salim
Jama’ mudzakkar salim adalah kata
yang menunjukkan makna banyak lebih dari dua. Secara harfiah artinya kata jamak
untuk maskulin/lelaki beraturan. Cara pembentukkan katanya dengan menambah wau
dan nun dalam keadaan marfu’ serta ya’ dan nun dalam keadaan manshub dan
majrur.
Contoh:
(مُسْلِمٌ)
مُسْلِمُوْنَ/ مُسْلِمِيْنِ
2. Jama’ Muanats
Salim
Jama’ muannats salim adalah kata
yang menunjukkan makna banyak (lebih dari dua) serta diperuntukkan makna
feminim/wanita. Cara pembentukkan katanya dengan ditambahkan alif dan ta’ di
akhir dari bentuk mufrad mudzakkar.
Contoh:
(مُسْلِمٌ)
مُسْلِمَاتٌ
3. Jama’ Taksir
Jama’ taksir adalah kata yang
menunjukkan makna jamak dengan mengubah mufradnya, baik dengan mengurangi
huruf, menambahkan huruf, mengubah harakat, atau campuran ketiganya.
(رَسُوْلٌ) رُسُلٌ
(مَـلَــكٌ) مَلَائِكَةٌ
(مَدْرَسَةٌ) مَدَارِسُ
D. Mudzakkar dan Muannats
Isim mudzakar/maskulin adalah kata yang menunjukkan kepada laki-laki/jantan
berupa manusi atau hewan. Contoh:
Contoh:
أَحْـمَدُ – دِيْكٌ - رَجُـلٌ
Isim muannats adalah isim yang
menunjukan kepada perempuan/betina berupa manusia atau hewan.
Contoh:
دَجَاجَةٌ – مَرْيَمُ - حَامِلٌ
E. Isim Mu’rab dan Mabni
Isim mu’rab adalah isim yang
berubah keadaan akhirnya sesuai dengan keadaan i’rabnya. Tanda i’rab ada dua
macam, yaitu harakat dan huruf.
• Harakat
Isim mu’rab yang perubahan
irabnya ditandai oleh harakat diantaranya:
1. Isim Mufrad
Isim mufrad ditandai oleh dhammah
pada rafa’, fathah pada nashab, dan kasrah pada khafadh. Contoh:
اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ
إِنَّ اَلْكِتَابَ جَدِيْدٌ
اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ
2. Jama’ Taksir
Jama’ taksir ditandai oleh
dhammah pada rafa’, fathah pada nashab, dan kasrah pada khafadh. Contoh:
اَلْكُتُبُ جَدِيْدَةٌ
إِنَّ اَلْكُتُبَ جَدِيْدَةٌ
اَلْقَلَمُ فَوْقَ اَلْكُتُبِ
3. Jama’ Muanats Salim
Jama’ muanats salim ditandai oleh
dhammah pada rafa’ dan oleh fathah pada nashab dan khafadh. Contoh:
اَلْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ إِخْوَةٌ
إن َالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ إِخْوَةٌ
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ
4. Fi’il Mudhari
Shahih Akhir
Fi’il mudhari shahih akhir adalah
fi’il mudhari yang huruf terakhirnya tidak terdiri dari huruf ilat yaitu alif,
wawu, dan ya’. Fi’il mudhari shahih akhir ditandai oleh dhammah pada rafa’,
fathah pada nashab, dan sukun pada jazm. Contoh:
تَدْخُلُ – لَنْ تَدْخُلَ – لَا تَدْخُلْ
5. Isim Ghair Munsharif
Isim ghair munsharif adalah isim
yang tidak menerima tanwin. Isim ghair munsharif ditandai oleh dhammah pada
rafa’ dan oleh kasrah pada nashab dan khafadh. Contoh:
جَاءَ أَحْمَدُ
رَأَيْتُ أَحْمَدَ
هَذَا الْكِتَابُ لِأَحْمَدَ
6. Fi’il Mudhari’
Mu’tal Akhir
Adapun fi’il mudhari’ yang huruf
akhirnya terdapat huruf ilat yaitu alif, wawu, atau ya’ ketika jazm ditandai
dengan membuang huruf ilat.
يَخْشَى – لَنْ يَخْشَى – لَا يَخْشَ
• Huruf
1. Isim Tatsniyah
Isim tatsniyah adalah isim yang
menunjukkan makna dua. Isim tatsniyah ditandai oleh alif pada rafa’ dan oleh
ya’ pada nashab dan khafadh. Contoh:
اَلْكِتَابَانِ جَدِيْدَانِ
إِنَّ اَلْكِتَابَيْنِ جَدِيْدَانِ
اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابَيْنِ
2. Jama’ Mudzakar Salim
Jama’ mudzakar salim adalah isim
yang menunjukkan makna banyak (lebih dari dua) dan dikhususkan untuk mudzakar.
Jama’ mudzakar salim ditandai oleh wawu pada rafa’ dan oleh ya’ pada nashab dan
khafadh. Contoh:
اَلْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ إِخْوَةٌ
إن َالْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ إِخْوَةٌ
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ
3. Isim Lima
Isim lima adalah
أَبُوْكَ – أَخُوْكَ – حَمُوْكَ – فُوْكَ – ذُوْ
Isim lima ditandai oleh wawu pada
rafa’, alif pada nashab, dan ya’ pada khafadh. Contoh:
أَبُوْكَ مَرِيْضٌ
إِنَّ أَبَاكَ مَرِيْضٌ
هَذَا الْكِتَابُ لِأَبِيْكَ
4. Fi’il Lima
Fi’il lima adalah lima bentuk
wazan fi’il mudhari yang diakhiri oleh alif tatsniyah, wawu jama’ atau ya’
muanatsah dan juga nun.
و+ن
|
يَذْهَبُوْنَ
|
يَجْلِسُوْنَ
|
هُمْ
|
و+ن
|
تَذْهَبُوْنَ
|
تَجْلِسُوْنَ
|
أَنْتُمْ
|
ا+ن
|
يَذْهَبَانِ
|
يَجْلِسَانِ
|
هُمَا
|
ا+ن
|
تَذْهَبَانِ
|
تَجْلِسَانِ
|
هُمَا، أَنْتُمَا
|
ي+ن
|
تَذْهَبِيْنَ
|
تَجْلِسِيْنَ
|
أَنْتِ
|
Fi’il lima ketika rafa’ ditandai
oleh adanya nun dan ketika nashab dan jazm nunnya dibuang. Contoh:
تَدْخُلُوْنَ – لَنْ تَدْخُلوْا – لَا تَدْخُلُوْا
Adapun isim mabni adalah isim yang tidak
berubah harakat akhirnya pada semua keadaan i’rab. Isim mabni ada 8 macam,
yaitu:
1. Isim Dhamir
Isim dhamir adalah isim yang
digunakan untuk mewakili mutakallim, mukhathab, dan ghaib atau disebut kata
ganti.
Isim dhamir tidak memiliki bentuk
yang tetap ketika berdiri sendiri dan ketika diidhafatkan. Contoh mabninya isim
dhamir:
لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَ
2. Isim Isyarah
Isim isyarah adalah
isim yang digunakan untuk menunjuk atau disebut kata tunjuk. semua isim isyarah
hukumnya mabni kecuali (هَذَانِ) dan (هَتَانِ)
yang hukumnya seperti isim mutsana. Diantara isim yang termasuk isim isyarah
adalah (هَذَا), (هَذِهِ),
(ذَلِكَ), (تِلْكَ),
(هُنَاكَ), dll. Contoh:
هَذِهِ مَدْرَسَةٌ
إِنَّ هَذِهِ الْمَدْرَسَةَ
وَسِيْعَةٌ
أَتَعَلَّمُ فِي هَذِهِ الْمَدْرَسَةِ
Pada contoh pertama kata (هَذِهِ)
berkedudukan sebagai mubtada’ dan berada pada marfu. Pada contoh kedua (هَذِهِ)
berkedudukan sebagai isim inna dan berada pada tempat manshub. Sedangkan pada
contoh ketiga (هَذِهِ) berkedudukan sebagai majrur.
Apabila kita perhatikan ketiga contoh di atas maka akan didapati kata (هَذِهِ) tidak
berubah harakat akhirnya meskipun berada pada kedudukan i’rab yang berbeda.
3. Isim Maushul
Isim maushul adalah isim
yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat. Diantara yang termasuk isim maushul adalah (مَنْ), (مَا), (الَّذِيْ), (الَّتِيْ), dll. Contoh:
قَامَ مَنْ جَلَسَ
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ
حَمِدَهُ
4. Isim Syarat
Isim syarat adalah
merupakan isim yang memerlukan “jawab”. Gunanya menggabungkan 2 kalimat dimana
kalimat yang pertama menjadi syarat dan yang kedua adalah jawab. Diantara yang
termasuk isim syarat adalah (مَنْ), (مَا), (مَتَى), (أَيَّانَ), (أَيْنَ), (أَيْنَمَا), (أَنىَّ), (حَيْثُمَا), (كَيْفَمَا), dan (أَيُّ). Semua isim syarath adalah mabni kecuali
(أَيُّ). Contoh:
مَنْ جَدَّ وَجَدَ
إِنَّ مَنْ جَدَّ وَجَدَ
5. Isim Istifham
Isim istifham adalah
isim yang digunakan untuk bertanya atau bisa disebut kata tanya. Diantara yang
termasuk isim istifham adalah (مَنْ), (مَا), (مَتَى), (أَيْنَ), (كَيْفَ), (كَمْ), dan (أَيُّ). Semua isim istifham adalah mabni kecuali
(أَيُّ). Contoh:
أَيْنَ بَيْتُكَ؟
مِنْ أَيْنَ جِئْتَ؟
6. Sebagian Zharaf
Isim zharaf ada yang
mu’rab dan adapula yang mabni. Isim zharaf yang mabni adalah (حَيْثُ), (أَمْسِ), (الْآنَ), (إِذْ), (إِذَا), (أَيْنَ), dan (ثُمَّ).
جَلَسْتُ حَيْثُ كُنْتَ
جَالِسًا
Kata (حَيْثُ) menepati i’rab nashab karena menjadi
zharaf tetapi harakatnya tidak berubah karena mabni dhammah.
7. Isim Fi’il
Isim fi’il adalah
isim mabni yang menunujukkan makna fi’il akan tetapi tidak mempunyai tanda
seperti fi’il. Diantara yang termasuk isim fi’il adalah (هَيْهَاتَ), (قَطْ), (آمِيْنَ), (حَيَّ), dll. Contoh:
حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ
أَكَلْتُ خُبْزًا فَقَطْ
Kata (حَيَّ) bermakna (أَقْبِلْ) dan kata (قَطْ) bermakna (يَكْفِى).
9. Adad Murakkab
(11-19 kecuali 12)
Angka belasan dari 11-19 kecuali
dua belas dalam bahasa Arab hukumnya mabni fathah. Jadi apapun i’rabnya tetap
berharakat fathah. Contoh:
جَاءَ ثَلَاثَةَ عَشَرَ
طَالِبًا
اِشْتَرَيْتُ أَرْبَعَةَ عَشَرَ
كِتَابًا
جَاءَ الْمُدَرِّسُ مَعَ سِتَّةَ
عَشَرَ طَالِبًا
Semua adad murakkab di atas semua
mabni fathah pada keadaan i’rab apapun.
F. Jamid dan Musytaq
Isim Jamid
Pengertian isim jamid
هُوَ
الْاِسْمُ الَّذِيْ لَمْ
يُؤْخَذْ مِنْ غَيْرِهِ
Isim jamid adalah isim yang tidak
diambil atau dibentuk dari isim yang lain.
Isim jamid ada dua macam:
1. Isim dzat atau isim jinis
Pengertiannya:
هُوَ
مَالَمْ يُؤْخَذُ مِنْ
لَفْظِهِ فِعْل بِمَعْنَاهُ
Isim dzat adalah isim yang tidak
diambil dari bentuk lafaznya itu akan kalimat fi’il (kata kerja) dengan
ma’nanya. Simpelnya isim dzat adalah kata yang menunjukkan makna sesuatu yang
konkrit atau fisik seperti benda-benda, hewan, anggota badan, dll. Contoh:
الْأَرْضُ
– عَنْكَبُوْت – الرَّجُل – بَطْن - نَحْنُ
2. Isim ma’na
Isim ma’na adalah isim yang
menunjukkan makna dan tidak diikuti oleh waktu. Maksudnya bahwa isim ma’na
lebih menunjukkan makna sesuatu yang abstrak atau non fisik. Yang termasuk isim
ma’na diantaranya:
a. Mashdar
Mashdar adalah isim yang
menunjukkan makna suatu perbuatan atau peristiwa tapi diikuti oleh waktu. Dalam
bahasa Arab mashdar mempunyai beberapa pola atau wazan:
• Fi’il tsulatsi (fi’il yang
terdiri dari tiga huruf)
Wazan mashdar fi’il tsulasi bermacam-macam.
Hal ini dapat kita ketahui dengan sima’i, yakni mengikuti orang
Arab atau merujuk kepada kitab-kitab berbahasa Arab.
Diantara wazan-wazan itu antara
lain:
فَعْلٌ - فِعْلٌ – فَعَلَةٌ – فِعَالٌ –
فِعَالَةٌ – فُعُوْلٌ – فُعُوْلَة – فَعَلَان – فَعْلَة - فَعَل
• Fi’il ruba’i (fi’il yang
terdiri dari empat huruf).
Wazan masdar fi’il ruba’i
diqiyaskan sesuai dengan wazan-wazan fi’il ruba’i, yaitu:
إِفْعَالٌ – تَفْعِيْلٌ – فِعَالٌ - فَعْلَلَة
• Fi’il khumasi dan sudasi
Wazan fi’il khumasi dan sudasi
sifatnya qiyasiyah. Apabila diawali oleh hamzah washal, maka mashdarnya adalah
mengikuti wazan fi’il madhinya dan mengkasrahkan huruf ketiganya serta
menambahkan alif sebelum huruf terakhir. Contoh:
إِفْتِعَالٌ – إِسْتِفْعَالٌ – تَفَعُّلٌ
- تَفَاعُل
b. Isim zaman jamidah, contoh:
حِيْنَ – قَبْلَ –
بَعْدَ
c. Isim makan jamidah, contoh:
خَلْفَ – أَمَامَ - وَسْطَ
d. Isim ‘adad, contoh:
ثَلَاثَةٌ – اثْنَانِ – مِائَةٌ
Isim Musytaq
Isim musytaq adalah isim yang
diambil dari kata yang lainnya dan menunjukkan sessuatu yang disifati oleh
suatu sifat.
Isim musytaq ada tujuh macam:
1. Isim fa’il dan sighat
mubalaghahnya
• Isim fa’il
Isim fa’il
adalah isim yang menujukkan pelaku dari suatu perbuatan atau sesuatu yang
menyebabkan suatu peristiwa.
Wazan isim fa’il
dari fi’il tsulasti mujarrad adalah (فَاعِلٌ).
Contoh:
كَاتِبٌ – قَارِئٌ - قَائِلٌ
Sedangkan
wazan isim fa’il selain tsulatsi mujarrad adalah mengikuti wazan fi’il mudhari’
mabni ma’lum dengan mengganti huruf mudhara’ahnya menjadi mim berharakat
dhammah dan dikasrahkan huruf kedua terakhir.
Contoh:
مُكْرِمٌ – مُحَسِّنٌ - مُسْتَغْفِرٌ
• Sighat mubalaghah
Shighat mubalaghah adalah isim yang menunjukkan arti isim fa’il yang
mengandung arti lebih atau sangat.
Wazan-wazan sighat mubalaghah antara lain:
فَعَّالٌ – فَعُوْلٌ – فَعِيْلٌ – مِفْعَال – فَعِل – فِعِّيْلٌ
– فُعَّال - فَاعُوْلٌ
2. Isim maf’ul
Isim maf’ul adalah isim yang menunjukkan arti sesuatu yang dijatuhi atau
dikenai suatu pekerjaan atau perbuatan. Ada juga yang mendefinisikan, isim maf’ul
adalah isim yang diambil dari fi’il majhul untuk menunjukkan kepada sesuatu
yang menimpa kepadanya perbuatan.
Wazan isim maf’ul dari fi’il tsulasi mujarrad adalah (مَفْعُوْلٌ). Sedangkan wazan isim maf’ul dari fi’il selain
tsulatsi mujarrad adalah mengikuti wazan fi’il mudhari’ mabni ma’lum dengan
mengganti huruf mudhara’ahnya menjadi mim berharakat dhammah dan difathahkan
huruf kedua terakhir.
Contoh:
مُكَرَّمٌ – مُضَافٌ - مُسْتَغْفَرٌ
3. Sifat musyabbahah
dengan isim fa’il
Sifat
musyabbahah dengan isim fa’il adalah isim musytaq yang maknanya sama denga isim
fa’il dan hanya terbentuk dari fi’il tsulasti lazim.
Bentuk-bentuk
wazan sifat musyabbahah berwazan:
فعِلٌ – أفعَل – فَعْلان – فعيل – فَعْل – فُعال – فَعال
– فَعَل - فُعْل
4. Isim
tafdhil
Isim tafdhil adalah isim yang dibentuk dari
wazan (أَفْعَلُ) yang berfungsi untuk menunjukkan
makna lebih dari yang lain. Contoh:
أَكْبَرُ - أَفْضَلُ - أَعْلَى
5. Isim zaman dan 6. Isim
makan
Isim zaman adalah isim musytaq yang menunjukkan waktu terjadinya
suatu perbuatan. Adapun isim makan adalah isim musytaq yang menunjukkan tempat
terjadinya suatu perbuatan. Wazan isim makan dan isim zaman adalah sama. Untuk
membedakan kedua maknanya adalah dengan melihat konteks kalimat. Wazan isim
zaman dan isim makan untuk fi’il tsulatsi mujarrad adalah (مَفْعَل) dan (مَفْعِل).
7. Isim alat
Isim alat adalah isim musytaq
yang berfungsi untuk menunjukkan makna alat atau perkakas yang digunakan dalam
suatu peristiwa.
Wazan-wazan isim alat:
مِفعَل- مِفعَال – مِفعَلَة
G. Nakirah dan Ma’rifah
Isim nakirah/indefinitif adalah setiap isim yang menunjukkan pada
makna yang tidak ditentukan atau makna umum. Biasanya diakhiri dengan tanwin
dan/atau tidak diawali Alif Lam (ال).
1. Isim Dhamir
Isim dhamir adalah isim ma’rifah dan mabni yang menunjukkan
mutakallim, mukhathab dan ghaib. Isim dhamir atau kata ganti dalam bahasa arab
ada 14. Berikut rinciannya:
Dhomir
|
Arti
|
Dhomir
|
Arti
|
أَنَا
|
Saya
|
نَحْنُ
|
Kami
|
أَنْتَ
|
Kamu (lk)
|
هُوَ
|
Dia (lk)
|
أَنْتُمَا
|
Kalian
(berdua/lk)
|
هُمَا
|
Mereka
(berdua/lk)
|
أَنْتُمْ
|
Kalian
(lk)
|
هُمْ
|
Mereka
(lk)
|
أَنْتِ
|
Kamu
(pr)
|
هِيَ
|
Dia
(pr)
|
أَنْتُمَا
|
Kalian
(berdua/pr)
|
هُمَا
|
Mereka
(berdua/pr)
|
أَنْتُنَّ
|
Kalian
(pr)
|
هُنَّ
|
Mereka
(pr)
|
2. Isim Isyarah
Isim isyarah adalah isim ma’rifah yang menunjukkan makna definitif
dengan isyarat atau petunjuk. Isim isyarah disebut juga kata tunjuk dalam
bahasa Melayu, seperti:
هَذَا
– هَذِهِ – هَؤُلَاءِ – ذَلِكَ – تِلْكَ – أُولَئِكَ – هُنَاكَ – هُنَالِكَ
3. Isim Maushul
Isim maushul adalah isim ma’rifah yang berfungsi untuk menyambung
kalimat/jumlah setelahnya. Seperti:
الَّذِيْ
- الَّتِيْ – الَّذِيْنَ – مَا - مَنْ
4. Isim ‘Alam
Isim ‘alam adalah isim ma’rifah yang digunakan untuk menspesialkan nama
orang, tempat, benda, dll.
Contoh:
مُحَمَّدٌ
– فَاطِمَةُ – مَكَةُ – لُبْنَان - النَّيْلُ
Isim ‘alam ada 3 macam:
a. Kunyah
Kunyah adalah nama yang diawali (أَبُ), (أُمُّ) atau (اِبْنُ).
Contoh:
أَبُوْ
بَكْرٍ – أُمُّ كُلْثُوْم – اِبْنُ سِيْنَ
b. Laqab
Laqab artinya nama alias dan biasanya menggunakan sifat.
Contoh:
اَلْفَاتِحُ
– اَلْمَأْمُوْنُ - اَلشَّافِعِيُّ
c. Isim
Maksud isim disini adalah nama yang bukan kunyah atau laqab. Isim
dapat berupa:
> Mufrad, seperti (مَرْيَمُ)
dan (يُوْسُفُ).
> Murakkab idhafi, seperti (عَبْدُ الْوَهَابِ)
dan (عَبْدُ الْعَزِيْزِ).
> Murakkab majazi, seperti (نيُو يَورك)
arabisasi dari New York.
5. Ditambah Alif Lam
Isim nakirah apabila diimbuhi alif lam di awalnya maka menjadi isim
ma’rifah. Contoh:
اَلْكِتَابُ
– اَلْمَسَاجِدُ – اَلرَّحِيْمُ – اَلطَّالِبُوْنَ
Dalam menambahkan alif lam harus berdasarkan ketentuan berikut:
Isim yang diawali alif lam ta’rif tidak boleh diakhiri dengan tanwin.
Contoh:
كِتَابٌ
←
اَلْكِتَابُ – صُوْرَةٌ ← اَلصُّوْرَةُ
Apabila huruf pertama merupakan huruf qamariyyah, maka lamnya disukunkan.
Huruf qamariyyah ada 14, yaitu:
أ
ب ج ح خ ع غ ف ك ق م و هـ ي
Contoh:
اَلْمَسَاجِدُ
- اَلْإِنْسَانُ – اَلْقَوْمُ - اَلْيَوْمُ
Apabila huruf pertama merupakan huruf syamsiyyah, maka lamnya diidghamkan
ke huruf berikutnya. Huruf syamsiyah ada 14, yaitu:
ت ث د ذ ر ز س ش ص ض
ط ظ ل ن
Contoh:
اَلرَّحِيْمُ – اَلشَّمْسُ – اَلتِّيْنُ -
اَلصُّوْرَةُ
6. Diidhafahkan ke isim ma’rifah (dibuat frasa)
Apabila isim nakirah diidhafahkan ke isim ma’rifah maka isim tersebut
menjadi isim ma’rifah. Contoh:
كِتَابُ
الْفِقْهِ – لِبَاسُ مَحْمُوْدٍ – سُوْءُ الظَّنِّ
Kata yang pertama dari ketiga contoh diatas disebut dengan mudhaf dan
kata yang ke-2 disebut mudhaf ilaih. Mudhaf ilaih selalu majrur adapun mudhaf
tergantung kedudukan dalam kalimat.
7. Munada Maqshud
Munada adalah isim yang terletak setelah huruf nida. Adapun munada
maqshud adalah munada yang berbentuk nakirah namun untuk tujuan tertentu (jelas
yang dipanggilnya). Contoh:
يَا
طَالِبُ – يَا طَالِبَانِ – يَا حَاضِرُوْنَ
Sekian dan demikian. Semoga
bermanfaat!
Belum ada tanggapan untuk "Isim (Kata Benda dalam Bahasa Arab): Pengertian, Tanda-tanda dan Pembagiannya"
Post a Comment