Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Fakta Tentang Al-Qur'an (Pertanyaan dan Jawaban Seputar Al-Qur'an)

Pertanyaan Quis Tentang Al-Qur'an | Tanya Jawab Seputar Al-Qur'an
Bila ditanyakan “berapa jumlah juz di Al-Qur’an?” dan “berapa jumlah surat di Al-Qur’an?” insya Allah dengan mudah kita akan menjawabnya. Tapi andai ditanyakan ayat terpanjang atau ayat terpendek di Al-Qur’an mungkin kita akan berpikir dulu.

Artikel keren lainnya:

Keren! Mufradat Tentang Hewan Dengan Gambar Ilustrasi Sesuai Maknanya

Tak sengaja saya menemukan sebuah gambar yang berisi mufradat bahasa Arab yang tulisannya menggambarkan artinya. Setelah saya searching2 ternyata pembuatnya adalah “Mahmoud El Sayed” (hatur nuhun kang) yang ia tulis di boredpanda.com.
Mufradat Hewan
Menurut saya, karyanya keren banget karena tanpa tahu arti mufradat tersebut kita akan langsung “ngeh” dengan artinya. Langsung saja saya repost gambar-gambar tentang mufradat tentang hewan dengan tulisan yang mengilustrasikan maknanya.
#1 Anjing laut = فُقْمَةٌ
#2 Badak = خُرَتَيْت 
#3 Beruang = دُبٌّ
  #4 Citah = فَهْدٌ
 #5 Gajah = فِيْلٌ
#6 Gurita = أَخْطُبُوْط
#7 Kera = قِرْدٌ
#8 Koala = كُوَالَا
#9 Kucing = قِطٌّ
#10 Lama = لَامَةٌ
#11 Lembu = ثُوْرٌ
 #12 Paus = حُوْتٌ
 #13 Semut = نَمْلَةٌ
 #14 Tikus = فَأْرٌ
#15 Unta = نَاقَةٌ
Keren gile kan? Yup silahkan simpan aja gambarnya untuk referensi pembelajaran.

Artikel keren lainnya:

Pengertian dan Contoh Mad Lin/Lain/Layyin

Mad Lin | Pengertian | Contoh
Mad lin atau ada pula yang menyebut mad lain atau mad layyin merupakan bagian dari mad far'i. Ada yang tau arti mad lin? Mad artinya panjang dan lin artinya lembut. Yang panjang dan lembut apa ya? Pisang kali. Hehe. Yang pasti saya bukan akan membahas tentang pisang karena saya bukan ahlinya. Akan tetapi akan berbagi ilmu tajwid dengan materi “mad lain”.

Artikel keren lainnya:

Cara Membaca Hamzah Washal Kata (ائْتُوْنِيْ) pada Al-Ahqaf Ayat 4

Cara membaca hamzah washal kata (ائْتُوْنِيْ) pada Al-Ahqaf Ayat 4
Di Al-Qur’an ada beberapa kata yang dibaca berbeda ketika waqaf dan washal. Perbedaannya bukan sekedar beda harakat saja tapi sampai diganti hurufnya. Diantaranya lafadz (ائْتُوْنِيْ) pada Al-Alqaf ayat 4. ketika washal dibaca seperti pada tulisannya, namun apabila memulai bacaan dari kata tersebut maka menjadi (اِيْتُوْنِيْ).

Artikel keren lainnya:

Tashrif Lughawi (Pengertian dan Contohnya)

Tashrif lughawi adalah perubahan bentuk kata pada satu shighat dari ghaib ke mukhathab ke mutakallim, dari mufrad ke mutsana ke jama’, dan dari mudzakkar ke muanats. Untuk lebih jelasnya berikut saya jelaskan perubahan bentuk kata pada tashrif lughawi.

Artikel keren lainnya:

Huruf Jar dengan Arti dan Contoh

Sudah lama saya tidak membuka blog saya karena kesibukan di dunia kerja. Akhirnya pada suatu hari saya buka-buka folder dan akhirnya menemukan satu folder yang isinya postingan2 di blog saya. Ya saya sempatkan menulis lagi untuk berbagi postingan di blog saya.

Artikel keren lainnya: