Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Pengertian dan Contoh Mad Lin/Lain/Layyin

Mad Lin | Pengertian | Contoh
Mad lin atau ada pula yang menyebut mad lain atau mad layyin merupakan bagian dari mad far'i. Ada yang tau arti mad lin? Mad artinya panjang dan lin artinya lembut. Yang panjang dan lembut apa ya? Pisang kali. Hehe. Yang pasti saya bukan akan membahas tentang pisang karena saya bukan ahlinya. Akan tetapi akan berbagi ilmu tajwid dengan materi “mad lain”.

Sebelum lanjut saya akan membahas apa itu lin. Berikut ada potongan bait dari kitab Muqaddimah Al-Jazariyyah. Perhatikan yang warna hitamnya saja!
صَـــفِــيْــــرُهَــــــا صَـــــــادٌ وَزَايٌ سِـــــــيْنُ »« قَـــلْـــقَــلَـــــةٌ "قُـــــطْـــبُ جَـــدٍّ"| وَاللِّـــينُ
وَاوٌ وَيَــــــــــاءٌ سَـكَــنَـــــــا وَانْــفَــتَــحَـــــــا »« قَــــبْلَــــهُمَا | وَالانْحِـــــرَافُ صُحَّــحَـــا
Artinya:
..... dan lin itu wau dan ya’ sukun dan huruf sebelumnya berharakat fathah.
Jadi lin adalah sifat lazimah yang terdapat pada wau sukun dan ya’ sukun serta huruf sebelumnya berharakat fathah. Cara bacanya adalah dengan melembutkan vokal “u” atau “i”. Contoh:
نَوْمَكُمْ – يَوْمِ الدِّيْنِ – بَيْنَكُمْ – هذَا الْبَيْتِ
Adapun yang dimaksud mad lin adalah:
مَدُ اللِّيْنُ هُوَ أَنْ يَأتِي بَعْدَ حَرْفِ اللِّيْنُ حَرْفُ سَاكِنٌ سُكُوْنًا عَارِضًا لِأَجْلِ الْوَقْفِ
Artinya:
Mad lin adalah apabila setelah huruf lin terdapat huruf sukun baru karena diwaqafkan.
Mad lin sama derajatnya dengan mad aridh lissukun bahkan ada yang memasukkan mad lin juga termasuk mad aridh lissukun seperti di kitab nihayatul qaul al-mufid. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa mad aridh lissukun adalah mewaqafakan huruf dan sebelumnya ada huruf mad atau lin.
Contoh mad lin:
مِنْ خَوْفٍ - ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ - هذَا الْبَيْتِ - هُوَ خَيْرٌ
Cara membaca mad lin adalah dengan memanjangkan vokal “u” atau “i” dengan ukuran 2, 4 atau 6 harakat. Perlu diingat bahwa mad lin hanya berlaku ketika waqaf saja. Adapun ketika washal maka tidak ada hukum mad disana.
Contoh mad lin di Al-Qur’an:
لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ -١- إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ -٢- فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ -٣- الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ -٤-
Sekian dan demikian postingan kali ini tentang mad lin. Semoga mudah difahami dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Jangan lupa share dan komennya untuk membantu mengembangkan blog ini. Terima kasih.

Artikel keren lainnya:

3 Tanggapan untuk "Pengertian dan Contoh Mad Lin/Lain/Layyin"