Kitab Matan Tuhfatul Athfal adalah kitab yang membahas kaidah-kaidah dasar ilmu tajwid yang dirangkai dalam bait-bait syair yang indah. Secara harfiah, tuhfatul athfal diartikan hadiah untuk anak-anak dan bisa diartikan hadiah untuk pemula. Kitab ini merupakan salah satu kitab yang direkomendasikan apabila ingin belajar tajwid dan qiraah. Khususnya bagi yang ingin mengambil sanad riwayat Al-Quran harus mempunyai sanad kitab ini.
|
Tuhafatuk Athfal |
Karya: Syekh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al-Jamzuri
Terjemah dan syair bahasa Indonesia: Tatung Mustari
“Dalam penerjemahan dan penyajiannya dalam syair bahasa Indonesia banyak penyesuaian baik itu pengurangan, penambahan, dan penggantian. Namun, Insyaallah tidak mengubah isi maksud dari syair aslinya.”
Berikut nadzom Tuhfatul Athfal dalam bahasa Arab dan syair bahasa Indonesia:
يَقُولُ رَاجِي رَحْمَةِ الْغَفُورِ ۞ دَوْمًا سُلَيْمَانُ هُوَ الْجَمْزُورِي
Berkata yang mengharapkan rahmat Tuhan
Al-Jamzuri dialah Syekh Sulaiman
الْـحَمْـدُ للهِ مُصَلِّيًا عَلَى ۞ مُحَمَّدٍ وَآلهِ وَمَنْ تَلَا
Puji hanya milik Allah dan shalawat
atas Nabi Muhammad, sanak, dan ummat
وَبَعْدُ هَذَا النَّظْمُ لِلْمُرِيدِ ۞ فِي النُّونِ وَالتَّنْوِينِ وَالْـمُـدُودِ
setelahnya ,nadzom ini menjelaskan
tentang nun sukun hingga mad dijabarkan
سَمَّيْتُهُ بِتُحْفَةِ الْأَطْفَالِ ۞ عَنْ شَيْخِنَا الْـمِيهِىِّ ذِي الْكَمَالِ
nadzom ini bernama tuhfatul athfal
dari gurunda Syekh Al-Mihi dikenal
أَرْجُو بِهِ أَنْ يَنفَعَ الطُّلَّابَا ۞ وَالْأَجْرَ وَالْقَبُولَ وَالثَّوَابَا
moga ada manfaat bagi pelajar
balasan, qabul, dan pahala yang besar
أحكام النون الساكنة والتنوين
Hukum Nun Sukun dan Tanwin
لِلنُّونِ إِنْ تَسْكُنْ وَلِلتَّنْوِينِ ۞ أَرْبَعُ أَحْكَامٍ فَخُذْ تَبْيِيْنِي
empat hukum pada nun sukun dan tanwin
simaklah penjelasannya agar yakin
فَالأَوَّلُ الْإِظْهَارُ قَبْلَ أَحْرُفِ ۞ لِلْحَلْقِ سِتٍّ رُتِّبَتْ فَلْتَعْرِفِ
pertama idzhar harus dibaca jelas
pada enam huruf halaq ayo bahas
هَمْزٌ فَهَاءٌ ثُمَّ عَيْنٌ حَاءُ ۞ مُهْمَلَتَانِ ثُمَّ غَيْنٌ خَاءُ
HAMZAH dan HA’, ‘AIN dan HA’ tambah lagi
GHAIN dan KHA’ semua makhrajnya halqi
وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِسِتَّةٍ أَتَتْ ۞ فِي يَرْمُلُونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ
kedua idgham artinya memasukkan
hurufnya di YARMALUNA dikumpulkan
لَكِنَّهَا قِسْمَانِ قِسْمٌ يُدْغَمَا ۞ فِيهِ بِغُنَّةٍ بِـ:يَنْمُو عُلِمَا
idgham ada dua: bighunnah kesatu
hurufnya ada empat pada YANMU bersatu
إِلَّا إِذَا كَانَا بِكِلْمَةٍ فَلاَ ۞ تُدْغِمْ كـ:دُنْيَا ثُمَّ صِنْوَانٍ تَلَا
tidak idgham pada nun sukun di tengah
seperti DUNYA SHINWANUN tak berubah
وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِغَيْرِ غُنَّهْ ۞ فِي اللَّامِ وَالرَّا ثُمَّ كَرِّرَنَّهْ
yang kedua idgham tidak pakai ghunnah
pada LAM RA’ jaga takrir jangan salah
وَالثَّالِثُ الْإِقْلَابُ عِنْدَ الْبَاءِ ۞ مِيمًا بِغُنَّةٍ مَعَ الْإِخْفَاءِ
yang ketiga iqlab bila bertemu BA’
bunyinya mim dengan ghunnah serta ikhfa’
وَالرَّابِعُ الْإِخْفَاءُ عِندَ الْفَاضِلِ ۞ مِنَ الْـحُـرُوفِ وَاجِبٌ لِلْفَاضِلِ
yang keempat ikhfa’ bila setelahnya
sisa huruf dari hukum sebelumnya
فِي خَمْسَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ رَمْزُهَا ۞ فِي كِلْمِ هَذَا البَيْتِ قَد ضَمَّنْتُهَا
hurufnya ada lima belas disebut
pada awal kalimah bait berikut
صِفْ ذَا ثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا ۞ دُمْ طَيِّبـًا زِدْ فِي تُقًى ضَعْ ظَالِمَ
yaitu SHA, DZA, TSA, KAF, JIM, SYIN, QAF SIN, DAL
THA, ZAY, FA, TA, DHAD, ZHA mari kita hafal
أحكام النون والميم المشددتين
Hukum Mim dan Nun Bertasydid
وَغُنَّ مِيمًا ثُمَّ نُونًا شُدِّدَا ۞ وَسَمِّ كُـلاًّ حَرْفَ غُنَّةٍ بَدَا
mim dan nun yang bertasydid dibaca dengung
itulah ghunnah suara dari hidung
وَالْمِيمُ إِنْ تَسْكُنْ تَجِي قَبْلَ الْهِجَا ۞ لاَ أَلِفٍ لَيِّنَةٍ لِذِي الْحِجَا
mim sukun datang sebelum hijaiyah
bukan datang sebelum alif layyinah
أَحْكَامُهَا ثَلَاثَةٌ لِمَنْ ضَبَطْ ۞ إِخْفَاءٌ نِادْغَامٌ وَإِظْهَارٌ فَقَطْ
hukumnya tiga macam mari belajar
satu ikhfa’, dua idgham, tiga idzhar
فَالْأَوَّلُ الْإِخْفَاءُ قَبْلَ الْبَاءِ ۞ وَسَمِّهِ الشَّفْوِيَّ لِلْقُرَّاءِ
pertama ikhfa’ ada BA’ setelahnya
disebut syafawi, tahanlah bacanya
وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِمِثْلِهَا أَتَى ۞ وَسَمِّ إِدْغَامًا صَغِيرًا يَا فَتَى
kedua idgham mim sukun bertemu mim
disebut mitslain shagir wahai sang alim
وَالثَّالِثُ الْإِظْهَارُ فِي الْبَقِيَّهْ ۞ مِنْ أَحْرُفٍ وَسَمِّهَا شَفْوِيَّهْ
ketiga idzhar bertemu sisa huruf
disebut idzhar syafawi sudah makruf
وَاحْذَرْ لَدَى وَاوٍ وَفَا أَنْ تَخْتَفِي ۞ لِقُرْبِهَا وَالِاتِّحَادِ فَاعْرِفِ
awas bertemu WAU dan FA’ jadi samar
sebab dekat dan sama, mantapkan idzhar
Hukum Lam Ta’rif dan Lam Fi’il
لِلَامِ أَلْ حَالَانِ قَبْلَ الْأَحْرُفِ ۞ أُولَاهُمَا إِظْهَارُهَا فَلْيُعْرَفِ
Hukum LAM pada AL ada dua macam
satu idzhar pelajari sampai paham
قَبْلَ ارْبَعٍ مَعْ عَشْرَةٍ خُذْ عِلْمَهُ ۞ مِنِ ابْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيمَهُ
hurufnya empat belas terkumpul sudah
pada IBGHI HAJJAKA WAKHAF AQIMAH
ثَانِيهِمَا إِدْغَامُهَا فِي أَرْبَعِ ۞ وَعَشْـرَةٍ أَيْضًا وَرَمْزَهَا فَعِ
kedua lam ta’rif harus idgham yakni
pada empat belas awal nadzom ini
طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ ۞ دَعْ سُوءَ ظَنٍّ زُرْ شَرِيفـًا لِلْكَرَمْ
yaitu THA, TSA, SHAD, RA, TA, DHAD, DZAL, dan NUN
DAL, SIN, ZHA, ZAY, SYIN, dan LAM sudah tersusun
وَاللَّامَ الُاْولَى سَمِّهَا قَمْرِيَّهْ ۞ وَاللَّامَ الُاْخْرَى سَمِّهَا شَمْسِيَّهْ
LAM yang pertama disebut qamariyyah
dan LAM yang kedua disebut syamsiyyah
وَأَظْهِرَنَّ لاَمَ فِعْلٍ مُطْلَقََا ۞ فِي نَحْوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْنَا وَالْتَقَى
harus diidzharkan LAM fi’il seperti
QUL NA’AM, QULNA, ILTAQA sudah pasti
فى المثلين والمتقاربين والمتجانسين
Mutamatsilain, Mutaqaribain, Mutajanisain
إِنْ فِي الصِّفَاتِ وَالْـمَخَارِجِ اتَّفَقْ ۞ حَرْفَانِ فَالْمِثْلاَنِ فِيهِمَا أَحَقّْ
jika sama sifat dan juga makhrajnya
dua huruf, itulah mitslain namanya
وَإِنْ يَكُونَا مَخْرَجـًا تَقَارَبَا ۞ وَفِي الصِّفَاتِ اخْتَلَفَا يُلَقَّبَا
jika makhraj keduanya berdekatan
tidak pada sifat maka dinamakan
مُتْقَارِبَيْنِ أَوْ يَكُونَا اتَّفَقَا ۞ فِي مَخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّقَا
mutaqaribain. dan jika makhraj sama
tapi tidak sifatnya diberi nama
بـالْـمُتَجَـانِسَيْنِ ثُمَّ إِنْ سَكَنْ ۞ أَوَّلُ كُلٍّ فَالصَّغِيرَ سَمِّيَنْ
mutajanisain. bila sukun yang awal
maka disebut idgham shagir dikenal
أَوْ حُرِّكَ الْحَرْفَانِ فِي كُلٍّ فَقُلْ ۞ كُلٌّ كَبِيرٌ وَافْهَمَنْهُ بِالْـمُثُـلْ
atau kedua hurufnya berharakat
idgham kabir dengan contoh diperkuat
وَالْمَدُّ أَصْلِيٌّ وَفَرْعِيٌّ لَهُ ۞ وَسَمِّ أَوَّلًا طَبِيعِيًّا وَهُو
mad ada dua macam: asli dan far’i
yang pertama disebut juga thabi’i
مَا لَا تَوَقُّفٌ لَهُ عَلَى سَبَبْ ۞ وَلَا بِدُونِهِ الْـحُـرُوفُ تُجْتَلَبْ
mad asli pada sebab tidak tergantung
dan tanpa mad semua huruf berlangsung
بَلْ أَيُّ حَرْفٍ غَيْرُِ هَمْزٍ أَوْ سُكُونْ ۞ جَا بَعْدَ مَدٍّ فَالطَّبِيعِيَّ يَكُونْ
huruf selain hamzah dan sukun ada
setelah mad maka thabi’i berada
وَالْآخَرُ الْفَرْعِيُّ مَوْقُوفٌ عَلَى ۞ سَبَبْ كَـهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْجَلَا
kedua far’i yakni mad yang menanti
pada sebab hamzah atau huruf mati
حُرُوفُهُ ثَلَاثَةٌ فَعِيهَا ۞ مِنْ لَفْظِ وَايٍ وَهْيَ فِي نُوحِيهَا
huruf mad ada tiga terkumpul pada
WAYIN contoh NUHIHA semua ada
وَالكَسْـرُ قَبْلَ الْيَا وَقَبْلَ الْوَاوِ ضَمْ ۞ شَرْطٌ وَفَتْحٌ قَبْلَ أَلْفٍ يُلْتَزَمْ
kasrah sebelum YA’ dan setelah dhammah
ada WAU dan ALIF setelah fathah
وَالْلَِينُ مِنْهَا الْيَا وَ وَاوٌ سُكِّنَا ۞ إِنِ انْفِتَاحٌ قَبْلَ كُلٍّ أُعْلِنَا
huruf lin adalah WAU dan YA’ sukun
sebelumnya fathah semua tersusun
لِلْمَدِّ أَحْكَامٌ ثَلَاثَةٌ تَدُومْ ۞ وَهْيَ الْوُجُوبُ وَالْـجَـوَازُ وَالُّلزُومْ
mad far’i terbagi tiga hukum
wajib, jaiz, dan lazim sudah terangkum
فَوَاجِبٌ إِنْ جَاءَ هَمْزٌ بَعْدَ مَدّْ ۞ فِي كِلْمَةٍ وَذَا بِـمُتَّصِلْ يُعَدّْ
mad wajib muttashil jika hamzah muncul
setelah mad pada satu kata kumpul
وَجَائِزٌ مَدٌّ وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِلْ ۞ كُلٌّ بِكِلْمَةٍ وَهَذَا الْمُنْفَصِلْ
mad jaiz munfashil jika ada hamzah
setelah mad di lain kata terpisah
وَمِثْلُ ذَا إِنْ عَرَضَ السُّكُونُ ۞ وَقْفًا كَـتَعْلَمُونَ نَسْتَعِينُ
dan mad aridh huruf mad bertemu sukun
sebab waqaf contoh NASTA’IN TA’LAMUN
أَوْ قُدِّمَ الْـهَمْـزُ عَلَى الْـمَـدِّ وَذَا ۞ بَدَلْ كَـآمَنُوا وَإِيمَانًا خُذَا
atau ada hamzah dan mad kemudian
jadi mad badal contoh AMANU IMAN
وَلَازِمٌ إِنِ السُّكُونُ أُصِّلَا ۞ وَصْلًا وَوَقْفًا بَعْدَ مَدٍّ طُوِّلَا
dan mad lazim: mad betemu sukun asli
waqaf washal tetap panjang harus jeli
أَقْسَامُ لَازِمٍ لَدَيْهِمْ أَرْبَعَهْ ۞ وَتِلْكَ كِلْمِيٌّ وَحَرْفِيٌّ مَعَهْ
ada empat macam mad lazim terbagi
kilmi dan harfi serta dirinci lagi
كِلَاهُمَا مُخَفَّفٌ مُثَقَّلُ ۞ فَهَذِهِ أَرْبَعَةٌ تُفَصَّلُ
yang mukhaffaf dan mutsaqqal jadi genap
empat macam mad lazim dibahas lengkap
فَإِنْ بِكِلْمَةٍ سُكُونٌ اجْتَمَعْ ۞ مَعْ حَرْفِ مَدٍّ فَهْوَ كِلْمِيٌّ وَقَعْ
jikalau dalam kata, sukun bergabung
dengan mad disebut kilmi jangan bingung
أَوْ فِي ثُلَاثِيِّ الْـحُـرُوفِ وُجِدَا ۞ وَالْـمَـدُّ وَسْطُهُ فَحَرْفِيٌّ بَدَا
dan huruf yang tiga bila dibunyikan
tengahnya mad maka harfi dinamakan
كِلَاهُمَا مُثَقَّلٌ إِنْ أُدْغِمَا ۞ مَخَفَّفٌ كُلٌّ إِذَا لَمْ يُدْغَمَا
Keduanya mutsaqqal jikalau idgham
termasuk mukhaffaf jika tidak idgham
وَاللَّازِمُ الْـحَـرْفِيُّ أَوَّلَ السُّوَرْ ۞ وُجُودُهُ وَفِي ثَمَانٍ انْحَصَـرْ
mad lazim harfi ada di awal surat
yakni pada delapan huruf melekat
يَجْمَعُهَا حُرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقَصْ ۞ وَعَيْنُ ذُو وَجْهَيْنِ والطُّولُ أَخَصّْ
hurufnya di KAM ‘ASAL NAQASH tertuang
‘ain dua cara, utama yang panjang
وَمَا سِوَى الحَرْفِ الثُّلَاثِيْ لاَ أَلِفْ ۞ فَمَدُّهُ مَدًا طَبِيعِيًا أُلِفْ
huruf yang bukan tiga selain alif
masuk pada mad thabi’i satu alif
وَذَاكَ أَيْضـًا فِي فَوَاتِحِ السُّوَرْ ۞ فِي لَفْظِ حَيٍّ طَاهِرٍ قَدِ انْحَصَـرْ
itu pun termasuk fawatihus suwar
pada HAYYIN THAHIR hurufnya tergambar
وَيَجْمَعُ الْفَوَاتِحَ الْأَرْبَعْ عَشَـرْ ۞ صِلْهُ سُحَيْرًا مَنْ قَطَعْكَ ذَا اشْتَهَرْ
huruf fawatihus suwar empat belas
SHILHU SUHAYRAN MAN QATHA’KA teringkas
وَتَمَّ ذَا النَّظْمُ بِحَمْدِ اللهِ ۞ عَلَى تَمَامِهِ بِلَا تَنَاهِي
tamat nadzom dengan memuji Yang Agung
atas kesempurnaan-Nya tanpa ujung
أَبْيَاتُهُ نَدٌّ بَدَا لِذِي النُّهَى ۞ تَارِيخُهَا بُشْرَى لِمَنْ يُتْقِنُهَا
baitnya enam puluh satu tersimpan
tahun satu satu sembilan delapan
ثُمَّ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ أَبَدَا ۞ عَلَى خِتَامِ الْأَنْبِيَاءِ أَحْمَدَا
shalawat dan salam semoga selalu
teruntuk penutup nabi terdahulu
وَالْآلِ وَالصَّحْبِ وَكُلِّ تَابِعِ ۞ وَكُلِّ قَارِئٍ وَكُلِّ سَامِعِ
keluarga, sahabat juga tabi’in
yang membaca Quran serta mustami’in
Demikian nadzom Tuhfatul Athfal ini, semoga bermanfaat di dunia dan akhirat.
Belum ada tanggapan untuk "Terjemah Tuhfatul Athfal dalam Bentuk Syair Bahasa Indonesia"
Post a Comment