Teknik
Pembelajaran Istima’ Bahasa Arab
Untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan
menyimak dan agar pembelajarannya menarik, ada beberapa teknik yang dapat
dilakukan dalam proses belajar mengajar. Teknik-teknik itu antara lain sebagai
berikut ini:
1. Simak
ulang-ucap
Teknik
simak-ulang ucap digunakan untuk memperkenalkan bunyi bahasa dengan pengucapan
atau lafal yang tepat dan jelas. Guru dapat mengucapkan atau memutar rekaman
buyi bahasa tertentu seperti fonem, kata, kalimat, idiom, semboyan, kata-kata
mutiara, dengan jelas dan intonasi yang tepat. Siswa menirukan. Teknik ini
dapat dilakukan secaea individual, kelompok, dan klasikal.
2. Identifikasi
kata kunci
Teknik
identifikasi kata kunci dilakukan oleh dengan cara meminta siswa mencari kata
atau kalimat inti dari sebuah cerita minimal satu hingga dua paragraf. Kalimat
inti itu dapat dicari melalui beberapa kata kunci. Kata kunci itulah yang
mewakili pengertian kalimat.
3. Parafrase
Teknik
parafrase dilakukan dengan oleh guru dengan cara menyiapkan sebuah puisi kemudian
dibacakan atau diperdengarkan. Setelah menyimak siswa diharapkan dapat
menceritakan kembali isi puisi tadi dengan kata-katanya sendiri.
3. Merangkum
Teknik
merangkum dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan
minimal satu hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak.
Setelah
selesai menyimak siswa disuruh membuat rangkuman.
4. Identifikasi
kalimat topik
Teknik
identifikasi topik dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu
hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak.
Setelah
selesai menyimak siswa disuruh mencari kalimat topiknya.
Setiap
paragraf dalam wacana minimal mengandung dua unsur yaitu: (a) kalimat topik,
(b) kalimat pengembang. Posisi kalimat topik dapat di awal, tengah, dan akhir.
Kalimat topic dan kalimat pengembang itulah yang harus dicari oleh siswa.
5. Menjawab
pertanyaan
Teknik
menjawab pertanyaan dapat dilakukan oleh guru dengan cara menyiapkan bahan simakan minimal satu
hingga dua paragraf kemudian disampaikan secara lisan kepada siswa dan siswa menyimak.
Setelah
siswa selesai menyimak, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk menggali pemahaman siswa.
6. Bisik
berantai
Teknik
bisik berantai ini dapat dilakukan oleh guru dengan cara membisikkan pesan kepada
siswa pertama dan dilanjutkan kepada siswa berikutnya sampai siswa terakhir.
Siswa terakhir harus mengucapkannya dengan nyaring. Tugas guru adalah menilai
apakah yang dibisikkan tadi sudah sesuai atau belum. Jika belum sesuai, bisikan
dapat diulangi, jika sudah sesuai bisikan dapat diganti dengan topik yang lain.
7. Menyelesaikan
cerita
Teknik
menyelesaikan cerita ini dapat dilakukan oleh guru dengan cara memperdengarkan suatu
cerita kepada siswa sampai selesai. Setelah siswa selesai menyimak, guru
menyuruh seseorang untuk menceritakan kembali dengan kata-katanya sendiri.
Sebelum selesai bercerita, guru menghentikan cerita siswa tadi dan menggantikan
dengan siswa lain yang bertugas menyelesaikan cerita kawannya, begitu
seterusnya sehingga cerita itu berakhir seperti yang disimaknya.
Belum ada tanggapan untuk "Teknik Pembelajaran Istima’ (Menyimak)"
Post a Comment