HaHuwa
Mabadi’ Ilmu Shorof
Sebelum belajar lebih jauh tentang
shorof, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya
“ilmu shorof”. Untuk berkenalan dengan ilmu shorof, kita harus mengetahui 10
mabadi ilmu shorof.
Adapun mabadi ilmu shorof ialah:
1. Pengertian
حَدُّهُ عِلْمٌ
يَبْحَثُ عَنْ صِيَغِ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ
وَأَحْوَالِهَا الَّتِى لَيْسَتْ بِإِعْرَابٍ وَلَا بِنَاءٍ
Shorof adalah Ilmu yang
membahas tentang bentuk-bentuk dan keadaan
kata bahasa Arab yang tidak berkenaan dengan i’rab dan binanya.
2. Nama
اِسْمُهُ عِلْمُ
الصَّرْفِ وَعِلْمُ بُنْيَةِ الْكَلِمَاتِ
Nama ilmu ini adalah ilmu shorof dan
ilmu membentuk kata.
3. Objek
مَوْضُوْعُهُ الْكَلِمَاتُ الْعَرَبِيَّةِ مِنَ الْأَسْمَاءِ
الْمُعْرَبَةِ وَالْأَفْعَالِ الْمُتَصَرِّفَةِ فِى حَالَ إِفْرَادِهَا قَبْلَ انْتِظَامِهَا
فِى الْجُمْلَةَ وَأَمَّا أَسْمَاءِ الْمَبْنِيَةِ وَالْأَفْعَالِ الْجَامِدَةِ وَالْحُرُوْفِ
فَلَيْسَ مِنْ مَوْضُوْعِ هَذَا الْعِلْمِ
Objek ilmu shorof adalah kata-kata
bahasa Arab dari isim mu’rob dan fiil mutashorrif ketika berdiri sendiri
sebelum diletakkan dalam kalimat. Adapun isim mabni, fiil jamid dan huruf
bukanlah objek ilmu ini.
4. Perintis
وَاضِعُهُ مُعَاذُ
بْنُ مُسْلِم الْهَرَاء وَقِيْلَ أَبُو الْأَسْوَدِ الدُّؤَالِى
Perintisnya adalah Muadz bin Muslim
al-Haro’, menurut pendapat lain Abu Aswad ad-Duali.
5. Kegunaan
ثَمْرَتُهُ حِفْظُ اللِّسَانِ وَالْقَلَمِ عَنِ الْخَطَاءِ فَى ضَبْطِ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ
وَالْمُسَاعَدَةُ عَلَى مَعْرِفَةِ الْأَصْلَ وَالْزَائِدِ مِنْ حُرُوْفِهَا وَمَا
يُعَبَّرُ بِهَا مِنْ تَغْيِيْرِ وَتَصْرِيْفٍ
Kegunaan ilmu shorof adalah menjaga
lisan dan tulisan dari kesalahan dalam menempatkan kata-kata bahasa Arab dan
membantu mengetahui huruf asli dan tambahan serta mengetahui perubahan kata.
6. Keutamaan
وَفَضْلُهُ فَوقَنُهُ
عَلَى سَائِرِ الْعُلُوْمِ
Keutamaan ilmu shorof adalah
mengungguli terhadap ilmu lainnya. Para ulama mengatakan:
الصَّرْفُ أُمُّ الْعُلُوْمِ وَالنَّحْوُ
أَبُوْهَا
“Shorof itu ibuya ilmu dan nahwu
bapaknya”.
7. Hubungan
نِسْبَتُهُ لِبَقِيَةِ
الْعُلُوْمِ التَّبَايُنُ
Hubungan ilmu nahwu dengan ilmu yang
lain adalah berlainan.
Saya analogikan seperti kulit domba
dan sepatu. sepatu berbeda dengan kulit domba walaupun sepatuberasal dari kulit
domba. Kulit domba ini diibaratkan shorof dan sepatu adalah ilmu selain shorof.
8. Rujukkan
وَاسْتِمْدَادُهُ مِنَ
الْقُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ وَكَلَامِ الْعَرَبِ الْفُصْحَاءِ
Rujukannya dari al-Qur’an, al-Hadits
dan perkataan orang arab yang fasih.
9. Kajian
مَسَائِلُهُ قَوَاعِدُهُ
Kajian dari ilmu shorof adalah kaidah-kaidah
shorof. Kaidah yang dimaksud seperti tashrif, ‘ilal, idghom, dll.
10. Hukum
وَحُكْمُهُ الْوُجُوْبُ الْكَفَائِيُّ عَلَى كُلِّ نَاحِيَةٍ وَالْعَيْنِيُّ عَلَى قَارِئِ
التَّفْسِيْرِ وَالْـحَدِيْثِ
Hukum mempelajarinya adalah fardhu
kifayah bagi penduduk suatu daerah dan fardhu ain bagi pembaca tafsir dan
hadits.
Demikianlah 10 mabadi' ilmu shorof yang perlu kita ketahui. Mudah-mudahan bermanfaat.
Boleh tau sumbernya dri mana kang?
ReplyDeleteItu corat coret waktu kuliah dari dosen
ReplyDeleteKitabnya apa ya kang kalo boleh tau?
ReplyDeleteBuat maroji'
Jurumiyah
DeleteSyukron atas ilmunya
ReplyDeletesumber kitabnya apa ya
ReplyDeleteIzin ambik ya
ReplyDeleteIzin ambik ya
ReplyDeleteTerimaksih kak ilmu nya udah saya tulis semoga tambah manfaat
ReplyDelete