Biasanya
pada pelajaran PAI disisipkan materi tentang tajwid. Di sekolah tertentuu ada
pelajaran Al-Quran yang salah satu bahasannya adalah ilmu tajwid. Setelah
belajar materi pelajaran tajwid, harus ada tes untuk mengukur tingkat pemahaman
siswa terhadap materi yang teah dipelajari.
|
Soal Tajwid |
Yang
ingin soal latihan pelajaran tajwid untuk siswa tingkat SMA, berikut contoh 30
soal tajwid tentang materi tajwid lengkap dengan kunci jawabannya. Jawaban yang
berwarna merah adalah kunci jawabannya.
Pilih
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada A, B, C, atau D!
1. Yang merupakan hukum nun mati dan tanwin adalah
....
A. Izhar halqi, idgham mitslain, dan iqlab
B. Idgham bighunnah, iqlab, dan ikhfa’ syafawi
C. Izhar syafawi, idgham bighunnah, dan ikhfa’ haqiqi
D. Idgham bilaghunnah, iqlab, dan ikhfa’ syafawi
E. Izhar
syafawi, idgham bila ghunnah, dan ikhfa’ haqiqi
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Hurufnya Ya’, Nun, Mim, dan Wau
2) Hurufnya Lam dan Ra’
3) Dibaca dengan meleburkan Nun
4) Disertai ghunnah
5) Tanpa ghunnah
Pernyataan yang mendefinisikan idgham bighunnah adalah
....
A. 1, 3, dan 4
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5
3. Yang bukan merupakan contoh ikhfa’
haqiqi adalah ....
A. مُنْتَهُوْنَ
B. أَنْـعَمْتَ
C. مَنْشُوْرًا
D. أَنْكَالًا
E. أَنْفُسَهُمْ
4. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Hurufnya selain mim dan ba’
2) Hurufnya Ba’
3) Mim mati dibaca jelas
4) Mim mati dibaca samar
Pernyataan yang mendefinisikan idzhar syafawi adalah
....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
5.
Perhatikan penggalan ayat berikut!
تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ. فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ.
Hukum
mim mati pada kedua ayat di atas secara berurutan adalah ....
A.
Idgham bighunnah dan ikhfa’ haqiqi
B.
Ikhfa’ syafawi dan idgham bighunnah
C.
Ikhfa’ syafawi dan idgham bighunnah
C. Izhar
syafawi dan ikhfa’ syafawi
E.
Ikhfa’ syafawi dan izhar syafawi
6. Secara bahasa syamsiyyah artinya ....
A. Bintang
B. Matahari
C. Bulan
D. Bumi
E.
Dunia
7. Yang merupakan huruf qamariyyah adalah ....
A.
Ba’, Jim, dan Dal
B.
Tha’, Qaf, dan Kaf
C.
Mim, Nun, dan Wau
D.
Ba’, Ta’, dan Tsa’
E. Ta’,
Tsa’, dan Ra’
8. Lam ta’rif pada kata (وَالْمُرْسَلَاتِ) hukumnya izhar qamariyyah karena ....
A.
Lam ta’rif bertemu huruf Wau
B.
Lam ta’rif bertemu huruf Mim
C.
Lam ta’rif bertemu huruf Lam
D.
Lam ta’rif bertemu huruf Qaf
E.
Lam ta’rif bertemu huruf Ra’
9.
Secara bahasa tarqiq artinya ....
A.
Kasar
B.
Halus
C.
Tebal
D.
Tipis
E.
Panjang
10.
Perhatikan pernyataan berikut!
1)
Lam jalalah sebelumnya dhammah
2)
Lam jalalah sesudahnya dhammah
3)
Lam jalalah sebelumnya kasrah
4)
Lam jalalah sebelumnya fathah
Yang
merupakan ketentuan Lam jalalah yang dibaca tafkhim ditunjukkan oleh nomor ....
A.
1 dan 2
B. 1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
2 dan 4
E. 1
dan 4
11.
Perhatikan penggalan ayat berikut!
قُلِ اللّٰهُمَّ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ
Lam
lafaz Allah pada di atas hukumnya adalah ....
A.
Idgham
B.
Ikhfa’
C.
Tafkhim
D.
Tarqiq
E. Izhar
12. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Ra' sukun sebelumnya kasrah dan setelahnya
huruf isti'la
2) Ra’ sukun karena waqaf dan sebelumnya ya’
sukun
3) Ra' sukun sebelumnya hamzah washal
4) Ra' sukun sebelumnya kasrah
Keadaan huruf Ra’ yang dibaca tafkhim ditunjukkan oleh
nomor ....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
13. Hukum huruf Ra’ pada kata (كَبِيرٌ) yang dibaca waqaf adalah ....
A. Izhar
B. Ikhfa’
C. Tarqiq
D. Tafkhim
E. Mad
14. Hukum huruf Ra’ pada kata (قِرْطَاسٍ) adalah tafkhim karena ....
A. Ra’ berharakat kasrah
B. Ra’ sukun sebelumnya kasrah
C. Ra’ sukun sebelumnya kasrah dan bertemu huruf isti’la
D. Ra’ sukun sebelumnya kasrah dan bertemu huruf
berharakat fathah
E. Ra’ sukun sebelumnya kasrah dan bertemu huruf
berharakat dhammah
15.
Yang termasuk huruf qalqalah adalah ....
A.
Qaf, Tha’, Jim, dan Ghain
B.
Ba’, Jim, Dal, dan Dhad
C. Tha’, Jim, Sin’
dan Qaf
D. Ghain,
Dal, Qaf dan Ba’
E.
Tha’, Jim, Ba’ dan Qaf
16.
Perhatikan pernyataan berikut!
1)
Sukunnya karena waqaf
2)
Sukunnya asli
3)
Di tengah bacaan
4)
Di akhir bacaan
Pernyataan
yang mendefiniskan qalqalah shughra ditunjukkan oleh nomor ....
A.
1 dan 3
B.
1 dan 4
C. 2
dan 3
D.
2 dan 4
E.
3 dan 4
17.
Perhatikan penggalan ayat berikut!
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ
Hukum
qalqalah pada ayat di atas secara berurutan adalah .....
A.
Qalqalah kubra dan qalqalah kubra
B.
Qalqalah kubra dan qalqalah shugra
C.
Qalqalah shugra dan qalqalah shugra
D.
Qalqalah shugra dan qalqalah kubra
E.
Qalqalah shugra dan qalqalah akbar
18. Idgham mutaqaribain adalah ....
A. Apabila dua huruf yang sama makhraj dan
sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
B. Apabila dua huruf yang sama makhraj tapi beda
sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
C. Apabila dua huruf yang dekat makhraj dan sifatnya bertemu serta
huruf yang pertama sukun.
D. Apabila dua huruf yang beda makhraj tapi sama
sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
E. Apabila dua huruf yang sama makhraj tapi jauh
sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
19. Hukum idgham pada (إِذْ ذَّهَبَ) adalah .....
A. Idgham
mutamatsilain
B.
Idgham mutajanisain
C.
Idgham mutaqaribain
D.
Idgham bila ghunnah
E.
Idgham bighunnah
20. Perhatikan penggalan ayat berikut!
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُونَ الْيَتِيْمَ
Pada ayat di atas terdapat hukum idgham mutamatsilain
karena ....
A. Lam sukun
bertemu Ra’
B.
Kaf sukun bertemu Ra’
C.
Lam sukun bertemu Ya’
D.
Ya’ sukun bertemu mim
E.
Lam sukun bertemu Lam
21. Secara bahasa ghunnah berarti ....
A.
Suara yang samar
B.
Suara yang jelas dan keras
C.
Suara yang keluar dari mulut
D.
Suara yang keluar dari hidung
E.
Suara yang keluar lembut dan halus
22. Pada kata (فَأَمَّا)
terdapat hukum ghunnah karena ....
A.
Nun bertasydid
B.
Mim bertasydid
C.
Mim dibaca mad
D.
Terdapat pada satu kata
E. Terdapat
pada dua kata
23. Mad yang dibaca 2 harakat saja adalah ....
A. Mad badal, mad thabi’i, dan mad jaiz munfashil
B. Mad wajib muttashil, mad thabi’i, dan mad shilah
qashirah
C. Mad badal, mad lazim kilmi mukhaffaf, dan mad
shilah qashirah
D. Mad badal, mad thabi’i, dan mad shilah qashirah
E. Mad wajib muttashil, mad thabi’i, dan mad shilah thawilah
24. Mad bertemu huruf sukun karena diwaqafkan
merupakan pengertian ....
A. Mad ‘aridh lissukun
B. Mad wajib muttashil
C. Mad iwadh
D. Mad badal
E. Mad lin
25. Mad lin adalah huruf lin bertemu huruf mati karena
dibaca waqaf. Yang dimaksud huruf lin adalah ....
A. Wau sukun dan ya’ sukun yang sebelumnya dhammah.
B. Wau sukun dan ya’ sukun yang sebelumnya kasrah.
C. Wau sukun dan ya’ sukun yang setekahnya sukun.
D. Wau sukun dan ya’ sukun yang sebelumnya huruf
sukun.
E. Wau sukun dan ya’ sukun yang sebelumnya fathah.
26. Perhatikan penggalan ayat berikut:
الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلٰى أَنْفُسِهِمْ
Mad yang terdapat pada kata yang dicetak merah adalah
...
A. Mad wajib muttashil
B. Mad jaiz munfashil
C. Mad shilah qashirah
D. Mad Aridh lissukun
E. Mad lazim kilmi
27. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Ukuran panjangnya 6 harakat
2) Ukuran panjangnya 4 harakat
3) Huruf mad bertemu dengan tasydid dalam satu kata
4) Huruf mad bertemu dengan hamzah dalam satu kata
Pernyataan yang mendefinikan mad lazim kilmi mutsaqqal
adalah
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
D. 3 dan 4
28.
Berhenti pada suatu kata yang sempurna maknanya dan tidak ada hubungannya
dengan kalimat/ayat berikutnya secara lafadz maupun makna disebut dengan ....
A. waqaf qabih
B. waqaf hasan
C. waqaf kafi
D. waqaf tam
E. waqaf wajib
29.
Yang dimaksud dengan washal dalam istilah tajwid adalah ....
A.
menyambung tulisan Al-Quran
B.
menyambung bacaan Al-Quran
C.
memutus tulisan Al-Quran
D.
memutus bacaan Al-Quran
E. menyambung
bacaan dan tulisan Al-Quran
30.
Tanda waqaf berupa mim kecil berarti .....
A.
harus disambung
B. jangan
berhenti
C.
boleh berhenti dan boleh disambung
D.
berhenti di salah satu tanda
E.
harus berhenti
Belum ada tanggapan untuk "Soal Latihan Tajwid untuk SMA, SMK, MA, dan Sederajat"
Post a Comment