Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Inna (إِنَّ) dan Saudara-saudaranya (Huruf Nasikhah): Pengertian, Makna dan Contoh

A. Pengertian Huruf Nasikhah
Amil inna (إِنَّ) dan saudaranya atau huruf nasikhah adalah amil yang masuk ke mubtada’ khabar dan beramal menashabkan mubtada’ dan merafa’kan khabar. Kemudian mubtada’ disebut dengan isim inna dan khabar menjadi khabar inna. Disebut huruf nasikhah karena inna dan teman-temannya mengubah keadaan mubtada’ khabar.
Contoh:
إِنَّ الْكِتَابَ جَدِيْدٌ
Asalnya:
الْكِتَابُ جَدِيْدٌ
Pada contoh di atas kata (الْكِتَابَ) dibaca nashab dengan ditandai fathah diujungnya. Kedudukannya sebagai isim inna. Apabila tidak dimasuki inna maka irabnya rafa’ dan berkedudukan sebagai mubtada’. Adapun kata (جَدِيْدٌ) berkedudukan sebagai khabar inna dan berirab rafa’.
Bisa disimpulkan bahwa memasuki mubtada’ khabar dan menjadikan mubtada’ sebagai isim inna serta berirab nashab. Adapun khabarnya tidak berubah irabnya kecuali kedudukannya saja yang asalnya khabar menjadi khabar inna.
Ada baikknya sebelum memahami bab inna dan teman-temannya, kita fahami terlebih dahulu bab mubtada’ dan khabar supaya lebih mudah memahami pembahasan inna dan teman-temannya.
B. Makna inna dan saudaranya
Inna dan saudaranya
1. Inna (إِنَّ)
Kata (إِنَّ) memiliki makna (تَوْكِيْد) yaitu menguatkan dan diterjemahkan sesungguhnya. Contoh:
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
2. Anna (أَنَّ)
Kata (أَنَّ) memiliki makna (تَوْكِيْد) yaitu menguatkan dan diterjemahkan sesungguhnya. Anna harus berada setelah kalam. Contoh:
 أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
3. Kaanna (كَأَنَّ)
Kata (كَأَنَّ) memiliki makna (تَشْبِيْه) yaitu menyerupakan atau menyangkakan dan diterjemahkan seakan-akan atau seperti jika khabarnya isim jamid serta diterjemahkan seakan-akan jika khabarnya isim musytaq. Contoh:
كَأَنَّ أَحْمَدَ أَسَدٌ
كَأَنَّ أَحْمَدَ مُهَنْدِسٌ
4. Lakinna (لَكِنَّ)
Kata (لَكِنَّ) memiliki makna (إِسْتِدْرَاك) yaitu menetapkan setelahnya dan menganulir pernyataan sebelumnya. Artinya sebelum lakinna harus ada kalam terlebih dahulu. Lakinna diterjemahkan tetapi. Contoh:
عِرْفَانُ قَوِيٌّ وَلَكِنَّ أَحْمَدَ أَقْوَى مِنْهُ
5. Laalla (لَعَلَّ)
Kata (لَعَلَّ) memiliki makna (تَرَجِي) yaitu mengharap sesuatu yang dekat atau mudah didapatkan dan diterjemahkan semoga atau mudah-mudahan. Contoh:
لَعَلَّ النَّصْرَ قَرِيْبٌ
6. Laita (لَيْتَ)
Kata (لَيْتَ) memiliki makna (تَمَـــنِّى) yaitu mengharapkan sesuatu yang berat untuk dicapai bahkan tidak mungkin tercapai. Biasanya diterjemahkan ingin sekali atau andai. Contoh:
لَيْتَ الْإِمْتِحَانَ سَهْلٌ
7. La nafi (لَا)
Kata (لَا) memiliki makna (نَفِي)  yakni meniadakan dan diterjemahkan tidak atau tidak ada. Contoh:
لَا رَجُلَ فِي الْبَيْتِ
=== Penjelasan lebih lengkap di bab isim la ===
C. Penggunaan inna dan saudara-saudaranya
1. Apabila ada ma (مَا) setelah inna dan saudara-saudaranya maka batal amalnya. Dikecualikan (لَيْتَ) yang bila ada (مَا) bisa beramal atau tidak beramal. Contoh:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ
لَيْتَمَا الْإِمْتِحَانُ سَهْلٌ
لَيْتَمَا الْإِمْتِحَانَ سَهْلٌ
2. Perbedaan inna (إِنَّ) dan anna (أَنَّ).
Apabila ada jumlah sebelum amil, maka yang digunakan adalah kata (أَنَّ). Contoh:
أَعْلَمُ أَنَّكَ مُهَنْدِسٌ
Adapun (إِنَّ) digunakan pada:
a. Awal jumlah. Contoh:
إِنَّ الْمُؤْمِنِيْنَ إِخْوَةٌ
b. Setalah (قَالَ) dan tasrifannya. Contoh:
قُلْ إِنَّ اللهَ أَحَدٌ
c. Setelah huruf sumpah. Contoh:
وَاللهُ إِنَّ أَبَاكَ مَرِيْضٌ
d. Pada awal jumlah shilah maushul. Contoh:
لَا تَأكُلْ وَإِنَّكَ قَائِمٌ
e. Pada awal hal yang berupa jumlah. Contoh:
جَاءَ الَّذِيْ إِنَّهُ نَاجِحٌ
f. Setelah (حَيْثُ). Contoh:
يَسْكُنُ النَّاسُ حَيْثُ إِنَّ الرَّاحَةَ مَوْفُوْرَةٌ
g. Setelah huruf tanbih. Contoh:
أَلَا إِنَّ النَّصْرَ قَرِيْبٌ
3. Boleh menghilangkan lam pada (لَعَلَّ). Contoh:
عَلَّ النَّصْرَ قَرِيْبٌ
4. Boleh ditambahkan lam taukid pada khabar inna. Contoh:
إِنَّ أَبَاكَ لَمَرِيْضٌ
D. Isim inna dan khabar inna
1. Isim inna dan saudaranya
Isim inna dan saudaranya asalnya mubtada’ dan selamanya beri’rab nashab. isim inna bisa berupa isim mabni atau isim mu’rab.
a. Isim mabni. Contoh
إِنَّ هَذَا كِتَابٌ
b. Isim mu’rab. Contoh:
إِنَّ أَبَاكَ مَرِيْضٌ
2. Khabar inna dan saudaranya
Khabar inna dan kawan-kawannya terbentuk dari tiga pola yaitu:
a. Mufrad. Contoh:
لَعَلَ أَحْمَدَ نَاجِحٌ
b. Syibhul jumlah. Contoh:
إِنَّ الْمُدِيْرَ فِيْ الْمَكْتَبَةِ
c. Jumlah (ismiyyah atau fi’liyah). Contoh:
عَلِمْتُ أَنَّ الْمُهَنْدِسَ يَكْتُبُ التَقْرِيْرَ
إِنَّ أَحْمَدَ أَبُوْهُ مُدَرِّسٌ
Contoh Inna dan saudaranya di Al-Qur’an
• Al-Baqarah: 143
إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ
• Al-Muzzammil: 20
إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَى مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ
• Asy-Syarh: 5
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
• An-Naba’: 40
وَيَقُولُ الْكَافِرُ يَا لَيْتَنِي كُنْتُ تُرَابًا
• Al-Baqarah: 21
لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
• Al-Munafiqun: 7
وَلِلَّهِ خَزَائِنُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَا يَفْقَهُونَ
Temans sekalian. Apabila ada kesalahan atau hal yang belum difahami dari materi di atas silakan isi kolom komentar dengan masukan dan pertanyaannya. Trims.

Artikel keren lainnya:

Isim-isim Yang Dikhafadhkan (Isim Majrur)

Isim Majrur atau Makhfudhatil Asma’
Isim majrur adalah isim yang dijarkan atau berirab khafadh. Khafadh adalah i’rab yang ditandai dengan kasrah dan penggantinya yaitu ya’ dan fathah. i’rab khafadh hanya berlaku untuk kalimah isim saja.
Khafadh
Sebelum berlanjut ke isim-isim yang dijarkan atau dikhfadhkan, saya terlebih dahulu memaparkan tanda-tanda irab khafadh. Tanda i’rab khafadh ada 3, yaitu:
1. Kasrah
Kasrah menjadi tanda irab khafadh pada tiga tempat, yaitu isim mufrad, jama’ taksir dan jama’ muannats salim.
a. Isim Mufrad
Isim mufrad adalah kata yang menunjukkan makna satu. Contoh:
يَذْهَبُ أَحْمَدُ مِنَ الْبَيْتِ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
b. Jama’ Taksir
Jama’ taksir adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan mengubah bentuk mufradnya, baik dengan menambah huruf, mengurangi huruf, mengganti harakat atau gabungan dari ketiganya. Contoh:
اَلصَّوْمُ مِنْ أَرْكَانِ الْإِسْلَامِ
c. Jama’ Muannats Salim
Jama’ muannats salim adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan cara ditambah alif dan ta’ di akhirnya. Contoh:
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
2. Fathah
i’rab khafadh ditandai dengan fathah pada isim ghair munsharif. Isim ghair munsharif adalah isim yang tidak bisa menerima tanwin dan tidak diawali alif lam (ال).
Contoh:
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ
3. Ya’
Huruf ya’ menjadi tanda irab khafadh pada isim mutsana, jama’ mudzakkar salim dan isim lima.
a. Isim mutsana
Isim tatsniyah adalah isim menunjukkan makna dua dengan cara ditambah alif dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika nashab dan jar. Contoh:
فِي الدَّارَيْنِ
b. Jama Mudzakar Salim
Jama’ mudzakkar salim adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan ditambah wau dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika nashab dan jar. Contoh:
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
c. Isim Lima
مَرَرْتُ بِأَخِيْكَ
Makhfudhatil Asma’
Kalimah isim beri’rab khafadh dalam tiga kedudukan, yaitu didahului huruf jar, diidhafahkan dan menjadi isim tabi’. Artinya apabila isim  berkedudukan dari salah tiga kedudukan tersebut disebut dengan isim majrur dan harus ditandai dengan salah satu tanda irab khafadh.
1. Didahului salah satu huruf jar
Huruf jar adalah huruf yang bisa merubah i’rab huruf setelahnya menjadi khafadh. Diantara huruf jar adalah (مِنْ), (إِلِى), (عَنْ), (عَلَى), (فِى), (رُبَّ), (ب), (ك), (ل), (مُذْ), (مُنْذُ), dll. Contoh:
مِنَ الْمَشْرِقِ إِلَى الْمَغْرِبِ – عَلَى الْمَكْتَبِكَالْقَمَرِ - مُنْذُ يَوْمِ الْجُمْعَةِ
2. Idhafah
Mudhaf ilaih adalah isim yang kedua ketika diidhafahkan. Idhafah adalah:
ضَمُّ اسْمٍ إِلَى اسْمٍ بِقَصْدِ تَخْصِيْصِهِ أَوْ تَعْرِيْفِهِ
Mengumpulkan isim ke isim yang lain dengan maksud takhshish atau ta’rif. Contoh:
غُرْفَةُ النَّوْمِ
Artinya “kamar tidur”. Kata (غُرْفَةُ) pada contoh di atas termasuk mudhaf dan kata (النَّوْمِ) termasuk mudhaf ilaih. Seperti contoh di atas, mudhaf ilaih itu selalu majrur dengan ditandai oleh kasrah.
Tujuan dari idhafah ada dua:
a. Takhshish
Artinya mengkhususkan, yaitu apabila mudhaf ilaihnya berupa isim nakirah. Contoh:
غُلاَمُ رَجُلٍ - ثَوْبُ خَاجٍ
b. Ta’rif
Artinya mema’rifahkan, yaitu apabila mudhaf ilaihnya berupa isim ma’rifah. Contoh:
نَوْمُ اللَّيْلِ - غُرْفَةُ النَّوْمِ
3. Isim tawabi’
Isim yang mengikuti i’rab kata sebelumnya disebut tawabi’. Apabila kata sebelumnya beri’rab khafadh maka isim tawabai’ juga harus khafadh. Isim tawabai’ ada 4:
a. Naat/shifat
كَتَبْتُ بِالقَلَمِ الْجَدِيْدِ
b. Athaf
نَامَ مَحْمُوْدٌ مَعَ خَلِيْلٍ وَحَامِدٍ
c. Taukid
اَلصَّلَاةُ وَاجِبٌ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ كُلِّهُمْ
d. Badal
نَامَ مَحْمُوْدٌ مَعَ أخِيْكَ حَامِدٍ
Itulah penjelasan dari saya tentang isim-isim yang dikhafadhkan. Pastinya masih banyak yang harus dijelaskan lebih rinci lagi. Tunggu saya di postingan berikutnya.
Pembaca yang baik hati meninggalkan komentar. Hehe
Terima kasih.

Artikel keren lainnya:

Do'a Khatmil Qur'an: Arab, Latin dan Terjemah

Do’a Khatam Qur’an | Do'a setelah belajar Al-Qur'an
Ketika selesai membaca Al-Qur'an atau setelah selesai belajar Al-Qur'an biasanya dilantunkan do'a agar dimudahkan dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an.
Membaca Al-Qur'an
Do'a khatmil Qur'an:
اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِالْقُرْآنِ، وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلَاوَتَهُ آنَاءِ اللَّيْلِ وَأَطْرَفَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Latin:
“Allhummarhamni bilqur’an. Waj‘alhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu ma nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj‘alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin”
Artinya:
Ya Allah sayangilah aku dengan sebab Al Qur’an dan jadikanlah Al Qur’an untukku sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku akan ayat-ayat al Qur’an yang kulupa, ajarilah aku tentang isi Al Qur’an yang tidak aku ketahui dan berilah aku nikmat bisa membacanya di waktu malam. Jadikanlah Al Qur’an sebagai membelaku, wahai Tuhan semesta alam.
Do’a khatmil qur’an dengan terjemah per kalimat.
اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِالْقُرْآنِ
“Allhummarhamni bilqur’an”
Ya Allah kasih sayangilah daku dengan sebab Al-Quran
وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًى وَرَحْمَةً
“Waj‘alhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohma”
Dan jadikanlah Al-Quran ini sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat bagiku
اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ
”Allhumma dzakkirni minhu ma nasitu”
Ya Allah ingatkanlah daku apa-apa yang aku lupa dalam Al-Quran
وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ
“wa ‘allimni minhu ma jahiltu”
dan ajarilah apa-apa yang aku belum mengetahui
وَارْزُقْنِيْ تِلَاوَتَهُ آنَاءِ اللَّيْلِ وَأَطْرَفَ النَّهَارِ
“ warzuqni tilawatahu ana-allaili wa athrafan nahar”
Dan kurniakanlah daku selalu sempat membaca AlQuran pada malam dan siang hari
وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً
“waj‘alhu li hujatan”
Dan jadikanlah Al-Quran ini sebagai hujjah bagiku
يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
“ ya rabbal ‘alamin”
Wahai Tuhan seluruh alam
**********

Artikel keren lainnya:

Manshubatul Asma (Isim-isim Yang Dinashabkan)

Manshubatul Asma’ | Isim yang nashabkan
Manshubatul asma' adalah isim-isim yang dinashabkan. Nashab adalah irab yang ditandai dengan harkat fathah dan penggantinya yaitu alif, kasrah, ya’ dan membuang nun.
Nashab
Tanda nashab ada lima, yaitu:
1. Fathah
Isim menjadi tanda nashab pada kata yang berbentuk isim mufrad, jama’ taksir, dan fi’il mudhari’.
a. Isim mufrod
Isim mufrad adalah kata yang menunjukkan makna satu. Contoh:
 كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا
b. Jama’ taksir
Jama’ taksir adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan mengubah bentuk mufradnya, baik dengan menambah huruf, mengurangi huruf, mengganti harakat atau gabungan dari ketiganya. Contoh:
اِشْتَرَيْتُ كُــتُــبًا
c. Fiil mudhori yang sebelumnya ada amil nashib.
Contoh:
أَنْ تَصُوْمَ خَيْرٌ لَكَ
2. Alif
Alif menjadi tanda nashab pada isim lima. Contoh:
إِنَّ أَخَاكَ طَالِبٌ
3. Kasrah
Kasrah menjadi tanda nashab pada jama’ muanats salim. Jama’ muannats salim adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan cara ditambah alif dan ta’ di akhirnya. Contoh:
إِنَّ الْمُسْلِمَاتِ فِي الْمَسْجِدِ
4. Ya’
Huruf ya’ menjadi tanda nashab pada isim mutsana dan jama’ mudzakkar salim.
a. Isim mutsana
Isim tatsniyah adalah isim menunjukkan makna dua dengan cara ditambah alif dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika nashab dan jar. Contoh:
ضَرَبَتْ سَلْمَى قِطَّيْنِ
b. Jama’ mudzakar salim
Jama’ mudzakkar salim adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan ditambah wau dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika nashab dan jar. Contoh:
كَانَ الْمُدَرِّسُوْنَ مُحْتَرِمِيْنَ
5. Membuang nun
Menghilangkan huruf nun menjadi tanda nashab pada fi’il lima. Fi’il lima adalah fi’il mudhari’ yang diakhiri alif tatsniyah, ya’ muannatsah mukhathabah dan wau jama’ serta ada nunnya. Contoh:
يَذْهَبُوْنَ أَنْ يَذْهَبُوْا
تَذْهَبُوْنَ أَنْ تَذْهَبُوْا
يَذْهَبَانِ أَنْ يَذْهَبَا
تَذْهَبَانِ أَنْ تَذْهَبَا
تَذْهَبِيْنَ أَنْ تَذْهَبِيْنَ
B. Isim Manshub
Isim yang dinashabkan ada 13, yaitu:
1. Maf’ul bih
Maf’ul adalah isim yang menujukkan sesuatu yang menjadi tujuan atau korban dari suatu perbuatan. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ
2. Maf’ul fih
Maf’ul fih adalah isim yang menunjukkan tempat atau waktu serta tidak didahului oleh huruf jar. Maf’ul fih disebut juga dengan zharaf makan dan zharaf zaman. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ لَيْلاً
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ أَمَامَ الْمَسْجِدِ
3. Maf’ul muthlaq
Muf’ul muthlaq adalah isim mashdar yang menunjukkan penguatan makna pada fi’il. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلاً
4. Maf’ul li ajlih
Maf’ul li ajlih adalah isim yang menujukkan makna tujuan dari adanya suatu perbuatan. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ عِبَادَةً
5. Maf’ul maah
Maf’ul maah adalah isim yang keadaanya menyertai peristiwa pada kalimah sebelumnya. Contoh:
أَرْجِعُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ وَالْأَذَنَ
6. Khabar kana
Khabar kana adalah kata yang asalnya khabar dari mubtada’ yang didahului amil “kana” dan teman-temannya. Contoh:
كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا
7. Isim inna
Isim inna adalah mubtada’ yang didahului amil “inna” dan teman-temannya. Contoh:
إِنَّ الطَّالِبَيْنِ مَاهِرَانِ
8. Hal
Hal adalah kata yang menjelaskan keadaan fa’il atau maf’ul ketika melakukan suatu perbuatan. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ جَالِسًا
9. Tamyiz
Tamyiz adalah isim yang menjelaskan makna yang masih kabur. Bisa dikatakan tamyiz itu untuk menjawab pertanyaan “apanya”. Contoh:
اَلْقَمَرُ أَظْهَرُ مِنَ النُّجُوْمِ نُوْرًا
10. Mustatsna
Mustatsna adalah isim yang dikecualikan dan berada setelah “illa”. Contoh:
حَضَرَ الطُّلاَّبُ إِلاَّ زَيْدًا
11. Isim “La”
Isim la adalah isim yang berada setelah la nafi. Contoh:
لَا رَجُلَ فِي الْبَيْتِ
12. Munada
Munada adalah isim yang dipanggil atau isim yang berada setelah huruf nida’. Syarat ber’irab nashab adalah isim harud berupa idhafah. Contoh:
يَا رَسُوْلَ اللهِ
13. Tawabi’
Tabi’ adalah isim yang mengikuti isim sebelumnya dalam hal irab. Tawabi’ ada 4, yaitu shifat, athaf, taukid dan badal.
a. Naat/shifat
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا جَدِيْدًا
b. Athaf
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا وَ قَلَمًا
c. Taukid
إِنَّ التَّلَامِيْذَ كُلَّهُمْ حَاضِرُوْنَ
d. Badal
رَاَيْتُ أَخَاكَ مَحْمُوْدًا
Catatan:
Penjelasan yang lebih lengkap tentang poin-poin di atas, bisa dicari di blog ini dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian.
Syukran Katsiran.

Artikel keren lainnya: