Manshubatul Asma’ | Isim yang nashabkan
Manshubatul asma' adalah isim-isim yang dinashabkan. Nashab adalah irab yang ditandai dengan harkat
fathah dan penggantinya yaitu alif, kasrah, ya’ dan membuang nun.
Nashab |
Tanda nashab ada lima, yaitu:
1. Fathah
Isim menjadi tanda nashab pada kata yang berbentuk
isim mufrad, jama’ taksir, dan fi’il mudhari’.
a. Isim mufrod
Isim mufrad adalah kata yang menunjukkan makna
satu. Contoh:
كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا
b. Jama’ taksir
Jama’ taksir adalah isim yang menunjukkan makna
banyak dengan mengubah bentuk mufradnya, baik dengan menambah huruf, mengurangi
huruf, mengganti harakat atau gabungan dari ketiganya. Contoh:
اِشْتَرَيْتُ كُــتُــبًا
c. Fiil mudhori yang sebelumnya ada amil nashib.
Contoh:
أَنْ تَصُوْمَ خَيْرٌ لَكَ
2. Alif
Alif menjadi tanda nashab pada isim lima. Contoh:
إِنَّ أَخَاكَ طَالِبٌ
3. Kasrah
Kasrah menjadi tanda nashab pada jama’ muanats
salim. Jama’ muannats salim adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan
cara ditambah alif dan ta’ di akhirnya. Contoh:
إِنَّ الْمُسْلِمَاتِ فِي
الْمَسْجِدِ
4. Ya’
Huruf ya’ menjadi tanda nashab pada isim mutsana
dan jama’ mudzakkar salim.
a. Isim mutsana
Isim tatsniyah adalah isim menunjukkan makna dua
dengan cara ditambah alif dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika nashab
dan jar. Contoh:
ضَرَبَتْ سَلْمَى قِطَّيْنِ
b. Jama’ mudzakar salim
Jama’ mudzakkar salim adalah isim yang menunjukkan
makna banyak dengan ditambah wau dan nun ketika rafa’ serta ya’ dan nun ketika
nashab dan jar. Contoh:
كَانَ الْمُدَرِّسُوْنَ مُحْتَرِمِيْنَ
5. Membuang nun
Menghilangkan huruf nun menjadi tanda nashab pada
fi’il lima. Fi’il lima adalah fi’il mudhari’ yang diakhiri alif tatsniyah, ya’
muannatsah mukhathabah dan wau jama’ serta ada nunnya. Contoh:
يَذْهَبُوْنَ ← أَنْ يَذْهَبُوْا
تَذْهَبُوْنَ ← أَنْ تَذْهَبُوْا
يَذْهَبَانِ ← أَنْ يَذْهَبَا
تَذْهَبَانِ ← أَنْ تَذْهَبَا
تَذْهَبِيْنَ ← أَنْ تَذْهَبِيْنَ
B. Isim Manshub
Isim yang dinashabkan ada 13, yaitu:
1. Maf’ul bih
Maf’ul adalah isim yang menujukkan sesuatu yang
menjadi tujuan atau korban dari suatu perbuatan. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ
2. Maf’ul fih
Maf’ul fih adalah isim yang menunjukkan tempat
atau waktu serta tidak didahului oleh huruf jar. Maf’ul fih disebut juga dengan
zharaf makan dan zharaf zaman. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ لَيْلاً
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ أَمَامَ الْمَسْجِدِ
3. Maf’ul muthlaq
Muf’ul muthlaq adalah isim mashdar yang
menunjukkan penguatan makna pada fi’il. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلاً
4. Maf’ul li ajlih
Maf’ul li ajlih adalah isim yang menujukkan makna
tujuan dari adanya suatu perbuatan. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ عِبَادَةً
5. Maf’ul maah
Maf’ul maah adalah isim yang keadaanya menyertai
peristiwa pada kalimah sebelumnya. Contoh:
أَرْجِعُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ وَالْأَذَنَ
6. Khabar kana
Khabar kana adalah kata yang asalnya khabar dari
mubtada’ yang didahului amil “kana” dan teman-temannya. Contoh:
كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا
7. Isim inna
Isim inna adalah mubtada’ yang didahului amil
“inna” dan teman-temannya. Contoh:
إِنَّ الطَّالِبَيْنِ مَاهِرَانِ
8. Hal
Hal adalah kata yang menjelaskan keadaan fa’il
atau maf’ul ketika melakukan suatu perbuatan. Contoh:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ جَالِسًا
9. Tamyiz
Tamyiz adalah isim yang menjelaskan makna yang
masih kabur. Bisa dikatakan tamyiz itu untuk menjawab pertanyaan “apanya”. Contoh:
اَلْقَمَرُ أَظْهَرُ مِنَ النُّجُوْمِ نُوْرًا
10. Mustatsna
Mustatsna adalah isim yang dikecualikan dan berada
setelah “illa”. Contoh:
حَضَرَ الطُّلاَّبُ إِلاَّ زَيْدًا
11. Isim “La”
Isim la adalah isim yang berada setelah la nafi.
Contoh:
لَا رَجُلَ فِي الْبَيْتِ
12. Munada
Munada adalah isim yang dipanggil atau isim yang
berada setelah huruf nida’. Syarat ber’irab nashab adalah isim harud berupa
idhafah. Contoh:
يَا رَسُوْلَ اللهِ
13. Tawabi’
Tabi’ adalah isim yang mengikuti isim sebelumnya
dalam hal irab. Tawabi’ ada 4, yaitu shifat, athaf, taukid dan badal.
a. Naat/shifat
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا جَدِيْدًا
b. Athaf
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا وَ قَلَمًا
c. Taukid
إِنَّ التَّلَامِيْذَ كُلَّهُمْ
حَاضِرُوْنَ
d. Badal
رَاَيْتُ أَخَاكَ مَحْمُوْدًا
Catatan:
Penjelasan yang lebih lengkap tentang poin-poin di atas, bisa dicari di blog ini dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian.
Syukran Katsiran.
mantap, syukron katsiron
ReplyDelete