Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Ceramah Bahasa Arab tentang Bahaya Narkoba

Berikut adalah teks ceramah dalam bahasa Arab tentang bahaya narkoba yang dilengkapi dengan harakat dan terjemahannya:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمدُ للهِ ربِّ العالَمينَ، نحمدُهُ ونستعينُهُ ونستغفرُهُ، ونعوذُ باللهِ من شُرورِ أنفُسِنا ومن سَيِّئاتِ أعمالِنا، من يَهدهِ اللهُ فلا مُضلَّ له، ومن يُضلِلْ فلا هاديَ له. وأشهدُ أنْ لا إلهَ إلا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ له، وأشهدُ أنَّ محمدًا عبدُهُ ورسولُهُ. أمَّا بعدُ:

Al-ḥamdu lillāhi Rabbil-‘ālamīn, naḥmaduhu wa nasta‘īnu-hu wa nastaghfiru-hu, wa na‘ūdhu billāhi min shurūri anfusinā wa min sayyi’āti a‘mālinā, man yahdihi Allāhu fa-lā muḍilla lah, wa man yuḍlil fa-lā hādiya lah. Wa ashhadu allā ilāha illallāhu waḥdahu lā sharīka lah, wa ashhadu anna Muḥammadan ‘abdu-hu wa rasūlu-hu. Ammā ba‘du:

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, kami memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya, dan memohon ampunan-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kami dan keburukan amal perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan-Nya, maka tidak ada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Amma ba‘du: (Adapun setelah itu:)

موضوع حديثنا اليوم هو عن البَلاَءِ العَظِيمِ الّذي يُدَمِّرُ أُمَمًا ويُهْلِكُ شُعُوبًا، ألا وهو المُخَدِّرَاتُ.

Mauḍū‘u ḥadīthinā al-yawm huwa ‘an al-balā’i al-‘aẓīmi alladhī yudammiru umaman wa yuhliku shu‘ūban, alā wa huwa al-mukhaddarāt.

(Tema ceramah kita hari ini adalah tentang bencana besar yang menghancurkan bangsa-bangsa dan membinasakan masyarakat, yaitu narkoba.)

أيها المسلمون، إنَّ المُخَدِّرَاتِ آفةٌ عظيمةٌ تَفْتِكُ بالأُمَّةِ، تَحْطِمُ القُلُوبَ، وتُدَمِّرُ العُقُولَ، وتُفْسِدُ الأخلاقَ. إنَّها تُدَمِّرُ البُيُوتَ، وتُضَيِّعُ الأمانَ، وتُفْسِدُ الشَّبَابَ.

Ayyuhā al-muslimūn, inna al-mukhaddarāt āfatan ‘aẓīmatun taftiku bil-ummah, taḥṭimu al-qulūb, wa tudammiru al-‘uqūl, wa tufsidu al-akhlāq. Innahā tudammiru al-buyūt, wa tuḍayyi‘u al-amān, wa tufsidu al-shabāb.

(Wahai kaum Muslimin, sesungguhnya narkoba adalah bencana besar yang menggerogoti umat, menghancurkan hati, merusak akal, dan merusak akhlak. Narkoba menghancurkan rumah tangga, menghilangkan keamanan, dan merusak para pemuda.)

قالَ اللهُ تعالى في كِتابِهِ الكَريمِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالأَنْصَابُ وَالأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (سورة المائدة: 90).

Qāla Allāhu ta‘ālā fī kitābihī al-karīm: Yā ayyuhā alladhīna āmanū innamā al-khamru wa al-maysiru wa al-anṣābu wa al-azlāmu rijsun min ‘amali al-shayṭān fa-ijtanibūhu la‘allakum tufliḥūn (Sūrat al-Mā’idah: 90).

(Allah SWT berfirman dalam kitab-Nya yang mulia: "Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, judi, berhala, dan undian adalah najis dari perbuatan setan, maka jauhilah itu agar kamu beruntung." (QS. Al-Maidah: 90).)

إِنَّ المُخَدِّرَاتِ تُعَدُّ مِنْ أَخْطَرِ الأُمُورِ الَّتِي حَذَّرَنَا اللهُ مِنْهَا، لأَنَّهَا تُؤَدِّي إِلَى فُقْدَانِ العَقْلِ، وَتُؤَثِّرُ عَلَى القُدْرَةِ عَلَى التَّمْيِيزِ بَيْنَ الحَقِّ وَالبَاطِلِ، وَبَيْنَ الحَلالِ وَالحَرامِ.

Inna al-mukhaddarāt tu‘addu min akhṭari al-umūri allati ḥadhdharanā Allāhu minhā, li’annahā tu’addī ilā fuqdāni al-‘aql, wa tu’aththiru ‘alā al-qudrati ‘alā al-tamyīzi bayna al-ḥaqqi wa al-bāṭil, wa bayna al-ḥalāli wa al-ḥarām.

(Sesungguhnya narkoba termasuk dalam perkara yang paling berbahaya yang Allah peringatkan kepada kita, karena narkoba menyebabkan hilangnya akal, mempengaruhi kemampuan untuk membedakan antara yang benar dan yang salah, serta antara yang halal dan yang haram.)

يا إخْوتي في اللهِ، إنَّ تَعَاطِيَ المُخَدِّرَاتِ لا يُؤثِّرُ عَلَى الفَرْدِ وَحْدَهُ فَحَسْبُ، بَلْ يَتَعَدَّى أَثَرُهُ إِلَى المُجْتَمَعِ بأسرهِ. فالمُدْمِنُ يُصْبِحُ عاجِزًا عَنْ أداءِ واجباتهِ الدينيةِ والدنيويةِ، ويُصْبِحُ عِبْئًا عَلَى عائلتهِ ومجتمعهِ.

Yā ikhwati fī Allāh, inna ta‘āṭī al-mukhaddarāt lā yu’aththiru ‘alā al-fardi waḥdahu faḥasb, bal yat‘addā atharuhu ilā al-mujtama‘i bi asrih. Fa al-mudmin yuṣbiḥu ‘ājizan ‘an adā’i wajibātihi al-dīniyyah wa al-dunyawiyyah, wa yuṣbiḥu ‘ib’an ‘alā ‘āilatihi wa mujtama‘ihi.

(Wahai saudaraku seiman, sesungguhnya penggunaan narkoba tidak hanya mempengaruhi individu itu sendiri, tetapi dampaknya juga meluas ke seluruh masyarakat. Seorang pecandu menjadi tidak mampu melaksanakan kewajiban agama dan duniawinya, dan menjadi beban bagi keluarganya serta masyarakatnya.)

أيُّها المُسْلِمُونَ، إنَّ الإسلامَ جاءَ ليَحْفَظَ لَنا دِينَنَا وعُقُولَنَا وأنْفُسَنَا وأمْوَالَنَا وأعْرَاضَنَا، ومِنْ أجْلِ ذلك حَرَّمَ كُلَّ ما يُؤدِّي إلى إهْلَاكِ هذه الضَّرُورِيَّاتِ الخَمْسِ. والمُخَدِّرَاتُ تُهْلِكُ العُقُولَ، وتُبْطِلُ العِباداتِ، وتَفْتِكُ بالأمْوَالِ، وتَجْرِفُ الأخلاقَ إلى الهاويةِ.

Ayyuhā al-muslimūn, inna al-islām jā’a liyaḥfaẓa lanā dīnanā wa ‘uqūlanā wa anfusanā wa amwālanā wa a‘rāḍanā, wa min ajli dhālika ḥarrama kulla mā yu’addī ilā ihlāki hādhihi al-ḍarūriyyāti al-khams. Wa al-mukhaddarāt tuhliku al-‘uqūl, wa tubṭilu al-‘ibādāt, wa taftiku bil-amwāl, wa tajrufu al-akhlāq ilā al-hāwiyah.

(Wahai kaum Muslimin, Islam datang untuk menjaga agama kita, akal kita, jiwa kita, harta kita, dan kehormatan kita. Oleh karena itu, Islam mengharamkan segala sesuatu yang merusak lima hal pokok ini. Narkoba merusak akal, membatalkan ibadah, menghancurkan harta, dan menyeret akhlak ke jurang kehancuran.)

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Artikel keren lainnya:

Daftar Negara yang Paling Banyak Menuturkan Bahasa Arab

Negara-negara Berbahasa Arab Mayoritas

Catatan: Jumlah penutur bahasa Arab terus berubah seiring waktu dan metodologi penghitungan yang berbeda-beda. Data di bawah ini merupakan perkiraan berdasarkan berbagai sumber.

  • Negara Arab di Timur Tengah dan Afrika Utara:

    • Mesir: Negara dengan populasi penutur bahasa Arab terbesar. Bahasa Arab Mesir memiliki dialek yang khas dan sering digunakan dalam media massa dan film.
    • Aljazair: Bahasa Arab adalah bahasa resmi, namun banyak dialek lokal yang digunakan sehari-hari.
    • Sudan: Bahasa Arab merupakan bahasa resmi dan digunakan secara luas, terutama di wilayah utara.
    • Irak: Bahasa Arab adalah bahasa resmi, meskipun bahasa Kurdi juga banyak digunakan di wilayah Kurdistan.
    • Maroko: Bahasa Arab dan Berber adalah bahasa resmi. Bahasa Arab digunakan secara luas di kota-kota besar.
    • Tunisia: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Libia: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Yordania: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Suriah: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Lebanon: Bahasa Arab adalah bahasa resmi, namun bahasa Prancis dan Inggris juga banyak digunakan.
    • Arab Saudi: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Uni Emirat Arab: Bahasa Arab adalah bahasa resmi, meskipun bahasa Inggris juga banyak digunakan dalam bisnis dan pemerintahan.
    • Oman: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Kuwait: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Qatar: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
    • Bahrain: Bahasa Arab adalah bahasa resmi dan digunakan secara luas oleh masyarakat.
  • Negara-negara Lain dengan Populasi Penutur Bahasa Arab Signifikan:

    • Mauritania: Bahasa Arab Hassaniya adalah bahasa yang paling banyak digunakan.
    • Somalia: Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa kedua oleh banyak masyarakat, terutama di wilayah utara.
    • Djibouti: Bahasa Arab adalah salah satu bahasa resmi bersama dengan bahasa Prancis.
    • Chad: Bahasa Arab digunakan oleh sebagian masyarakat, terutama di wilayah utara.
    • Eritrea: Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa kedua oleh sebagian masyarakat.

Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Bahasa Arab:

  • Dialek: Bahasa Arab memiliki banyak dialek yang berbeda-beda di setiap negara, bahkan di setiap wilayah.
  • Bahasa Resmi: Status bahasa Arab sebagai bahasa resmi di suatu negara sangat mempengaruhi tingkat penggunaannya.
  • Pengaruh Bahasa Asing: Adanya pengaruh bahasa asing seperti Prancis, Inggris, atau Spanyol dapat mempengaruhi penggunaan bahasa Arab.
  • Urbanisasi: Urbanisasi dapat menyebabkan perubahan dalam penggunaan bahasa, terutama di kalangan generasi muda.

Mengapa Penting Mengetahui Negara Berbahasa Arab?

  • Pariwisata: Bagi mereka yang ingin berkunjung ke negara-negara Arab, kemampuan berbahasa Arab akan sangat membantu.
  • Bisnis: Banyak peluang bisnis yang terbuka bagi mereka yang menguasai bahasa Arab, terutama di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara.
  • Pendidikan: Mempelajari bahasa Arab dapat membuka pintu menuju pengetahuan tentang sejarah, budaya, dan agama Islam.

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal PAT/ASAT SKI MTs Kelas 7 Semester 2


Penilaian akhir tahun (PAT) atau disebut juga ASAT biasanya diadakan di akhir semester genap. Pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas 7 materi yang diujikan pada PAT adalah:

1. Sejarah khulafaurrasyidin

2. Sejarah kekhalifahan Bani Umayyah

3. Khalifah Umar bin Abdul Aziz

ASAT

Berikut bank soal SKI untuk ketiga materi di atas yang bisa digunakan untuk latihan ASAT atau PAT kelas 7 madrasah tsanawiyah (MTs):

I. Berikan Tanda Silang (X) Pada Jawaban yang Benar!

1. Khulafaurrasyidin merupakan masa pemerintah Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Secara bahasa khulafaurrasyidin mengandung arti …

A. Para pengganti yang mendapatkan petunjuk

B. Petunjuk bagi orang-orang yang mengganti

C. Yang ditunjuk menggantikan Nabi

D. Para pemimpin Islam


2. Nama asli Abu Bakar as-Siddiq adalah …

A. Abdullah bin Umar 

B. Amar bin Ash 

C. Abdullah bin Usman

D. Ubaidah bin Kaab


3. Nasab Abu Bakar bertemu dengan Nasab Rasulullah pada kakeknya yang bernama …

A. Hasyim 

B. Murrah bin kaab 

C. Abdul muthalib

D. kilab


4. Abu bakar menjabat sebagai Khalifah selama …

A. 2 tahun 5 bulan 

B. 10 tahun 

C. 11 tahun

D. 12 tahun


5. Nama tempat pertemuan kaum Muhajirin dan kaum Anshar di Madinah guna membicarakan pengganti Rasulullah adalah …

A. Tsaqifah bani bakr 

B. Tsaqifah Bani Mudhar 

C. Tsaqifah bani Saad

D. Tsaqifah bani Saidah


6. Tokoh yang di usulkan oleh kaum Anshar untuk menjadi pemimpin setelah Rasulullah wafat adalah …

A. khalid bin walid 

B. Saad bin Ubadah 

C. Saad bin waqas

D. Amar bin ash


7. Pengganti Abu Bakar adalah Umar bin Khattab, terpilihnya umar adalah melalui …

A. penunjukan oleh Abu Bakar

B. pilihan sahabat 

C. Musyawarah

D. Di undi


8. Sahabat yang mendapat julukan Dzun nurain adalah …

A. Abu Bakar 

B. Umar bin Khattab 

C. Utsman bin Affan

D. Ali


9. Sedangkan Sahabat yang mendapat julukan karramallahu wajhah adalah …

A. Abu Bakar 

B. Umar bin Khattab 

C. Utsman bin Affan

D. Ali bin Abi Thalib


10. Penetapan kalender hijriyah terjadi pada masa khalifah …

A. Abu Bakar 

B. Umar bin Khattab 

C. Utsman bin Affan 

D. Ali bin Abi Thalib


11. Salah satu kebijakan yang diterapkan oleh Khalifah Ali bin Abi Thalib adalah …

A. memerangi kaum murtad

B. memperluas Masjid Nabawi madinah

C. meningkatkan pernanan ulama dalam dakwah Islam

D. Mengganti para gubernur yang korup


12. Orang yang telah membunuh Khalifah Ali bin Abi Tahlib adalah …

A. Abdurrahman bin Muljam 

B. Abu Ubaidah 

C. Abdurrahman bin Auf

D. Abu Jahal


13. Peristiwa ‘Amul Jama’ah menjadi tonggak sejarah berdirinya Dinasti Umayah yang mempunyai arti …

A. Tahun Persatuan 

B. Bersatunya umat Islam 

C. Islam menjadi satu

D. Islam banyak pengikutnya


14. Nama Dinasti Umayyah berasal dari nama Umayyah bin Abdi Syam bin Abdi Manaf yaitu salah keturunan seorang dari pimpinan …

A. Kabilah Umayah 

B. Kabilah Hisyam 

C. Kabilah Quraisy

D. Kabilah Aus


15. Sistem pemerintahan pemerintahan Dinasti Umayyah bersifat Monarchi heridetis, yang memiliki arti …

A. pemerintahan yang demokratis 

B. pemerintahan yang berdaulat 

C. Pemerintahan secara turun temurun

D. Pemerintahan perdana menteri


16. Setelah berakhirnya pemerintahan Khulafaur Rasyidin, dilanjutkan oleh Daulah Umayyah. Namun ada pemerintahan antara khulafaur Rasyidin dengan Daulah Umayyah yaitu pemerintahan …

A. Ayubiyah

B. Fatimiyah 

C. Husen bin Ali

D. Hasan bin Ali


17. Peristiwa penyerahan kekuasaan dari Hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abu Sufyan terjadi di suatu tempat yang bernama …

A. Kufah 

B. Basrah 

C. Mekah

D. Madinah


18. Pada tahun 41 H berdiri sebuah pemerintahan Islam yang bernama Dinasti Umayyah, yang didirikan oleh …

A. Hasan bin Ali 

B. Yazid bin Umayyah 

C. Muawiyah bin Abu Sufyan

D. Umayyah bin Harb


19. Pusat pemerintahan Dinasti Umayah pada awalnya berpusat di Madinah kemudian pada masa Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan berpindah ke …

A. Baghdad 

B. Damaskus 

C. Mekah

D. Cordova


20. Muawiyah bin Abu Sufyan pernah mendududuki jabatan sebagai gubernur di Syiria pada masa pemerintahan Khalifah …

A. Abu Bakar as-Siddiq 

B. Umar bin Khattab 

C. Ustman bin Affan

D. Ali bin Abi Thalib


21. Perkembangan kebudayaan Bani Umayyah dalam bidang budaya yang paling mendasar adalah dijadikanya Bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara pada masa pemerintahan …

A. Walid bin Abdul Malik 

B. Abdul Malik bin Marwan 

C.Yazid bin Abdul Malik

D. Marwan bin Hakam


22. Pada masa Dinasti Bani Umayyah telah dibentuk departemen-departemen yang merupakan perubahan dari sistem pemerintahan Khulafaur rasyidin. Lembaga yang dibentuk Bani Umayyah untuk mengelola keuangan negara adalah …

A. an-Niẓam As-Siyasi 

B. an-Niẓam Al-Qada’i 

C. an-Niẓam Al-Idari

D. an-Niẓam Al-Mali


23. Masa pemerintahan Usman bin affan berlangsung selama ….

A. 2 tahun 

B. 10 tahun 

C. 12 tahun

D. 14 tahun


24. Menindak tegas pada orang-orang yang murtad dan orang-orang yang mengaku

menjadi nabi, terjadi pada kepemimpinan …

A. Umar bin Khattab 

B. Abu Bakar As-Siddiq 

C. Usman bin Affan

D. Ali bin Abi Thalib


25. Orang yang diangkat sebagai Khlalifah melalui penunjukan langsung atas dasar wasiat khalifah sebelumnya yaitu …

A. Abu Bakar As-Siddiq 

B. Umar bin Khattab 

C. Usman bin Affan

D. Ali bin Abi Thalib


26. Pada masa jahiliyah dan sebelum memeluk Islam Abu Bakar As-Siddiq mempunyai panggilan …

A. Atiq 

B. Mu’taq 

C. Utaiq

D. Asif


27. Proses kodifikasi al Qur’an pernah dilakukan dua kali pada zamannya Khulafaur Rasyidin yaitu zamannya ... dan …

A. Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib

B. Abu Bakar dan Usman 

C. Umar dan Usman

D. Usman dan Ali


28. Khalifah umar bin Abdul Aziz dilahirkan di kota …

A. Halwan 

B. Madinah 

C. Thaif

D. Mekah


29. Khalifah Umar bin Abdul Aziz mempunyai hubungan darah dengan …

A. Khalifah Abu Bakar 

B. Khalifah Umar bin Khattab 

C. Khalifah Ustman bin Affan

D. Khalifah Ali bin Abi Thalib


30. Termasuk jasa Khalifah umar bin Abdul Aziz adalah …

A. kodifikasi Al-Qur’an 

B. memerangi kaum yang murtad 

C. Pembukuan ilmu Hadis

D. Memerangi Nabi Palsu


31. Para ahli sejarah menyatakan bahwa gaya kepemimpinan khalifah ini mirip-mirip dengan gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin disegani baik oleh kawan maupun lawan politikya, bahkan satu-satunya khalifah Bani Umayah yang tidak pernah dicela, dialah nama Khalifah tersebut adalah …

A. Mu’awiyah bin Abu Sufyan 

B. Umar bin Abdul Aziz 

C. Abdul Malik bin Marwan

D. Yasid bin Malik


32. Nama lengkap Umar Bin Abdul Aziz adalah Abu Hafs Umar Bin Abdul Azin Bin Marwan. Ayahnya pernah menjabat sebagai Gubernur di ….

A. Damaskus 

B. B. Madinah 

C. Mesir

D. Hijaz


33. Setelah menjadi Khalifah, terjadi suatu perubahan, Umar Bin Abdul Aziz meninggalkan cara hidup bermewah-mewah atas diri dan keluarganya, bahkan beliau melakukan …

A. Membagi-bagikan hartanya kepada fakir miskin

B. Mengembalikan semua harta yang ada pada dirinya ke baitul mal

C. Meniadakan pajak

D. Mendirikan panti jompo


34. Usaha dalam bidang sosial politik yang dilakukan oleh Umar Bin Abdul Aziz yaitu …

A. Menerapkan hukum syariah Islam secara serius

B. Memecat gubernur yang tidak taat menjalankan agama

C. Memindahkan sekolah kedokteran ishardariyah

D. Menyantuni fakir miskin dan anak yatim


35. Dalam bidang dakwah. Umar Bin Abdul Aziz berusaha menghapus kebiasaan mencela Ali Bin Abi Talib dan keluarganya dalam khotbah setiap Jum’at dan diganti dengan …

A. Pembacaan syair-syair indah 

B. Pembacaan hadis-hadis nabi 

C. Pembacaan firman Allah SWT

D. Pembacaan doa doa indah


36. Sebelum menjadi khalifah ia pun gemar memakai wangi-wangian dan pakaian sutra. Setelah menjadi khalifah keadaannya berbalik. Pakaian yang digunakan diganti dengan …

A. Kain sutra 

B. Kain yang murah 

C. Kain kafan

D. Kain kasar


37. Walaupun hanya memimpin 2,5 tahun beliau mampu mengukir jasa yang besar bagi bangsanyA. Beliau termasuk salah seorang pemimpin Islam yang dikenal …

A. Saleh dan kesederhanaannya 

B. Kedisiplinannya 

C. Kejujurannya

D. Sifatya yang lemah lembut


38. Salah satu sifat dari khalifah Umar bin Abdul Aziz yang perlu kita teladani dari kesederhanaannya antara lain . . . .

A. Belanja sesukanya

B. Membeli barang-barang yang mewah

C. Tidak membeli barang-barang yang tidak penting

D. Menghindari belanja apapun


39. Pemimpin yang jujur, amanah, adil dan cinta perdamaian akan membuat rakyat hidup tenteram dan makmur. Sedangkan pemimpin yang dzalim, cinta dunia akan membawa rakyat menjadi …

A. Sengsara bagi rakyat yang dipimpinnya 

B. Terangkat derajatnya 

C. Mulia di sisi Allah Swt

D. Damai dan sejahtera


40. Demi tercapainya keamaan dalam negeri, usaha yang dilakukan oleh khalifah Umar bin Abdul Aziz dengan dilakukan …

A. Menumpas para pemberontak oleh tentara Islam yang berjiwa jihad

B. Mengirim para mubaligh kesetiap wilayah yang menganjurkan kebaikan dan perdamaian

C. Mengagung-agungkan Imam Ali bin abi Thalib dan keturunannya

D. Menyebarluaskan informasi tentang keutamaan Bani Umayah


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Apa prestasi-prestasi yang sudah di torehkan oleh khulafaur Rasyidin?

2. Tulislah sejarah singkat latar belakang terbentuknya Daulah Umayyah!

3. Tuliskan secara singkat latar belakang sejarah pengangkatan Umar bin Abdul Aziz menjadi Khalifah!

4. Deskripsikan sikap Umar bin Abdul Aziz dalam menghadapi korupsi dan kolusi!

5. Apa yang dapat kita teladani dari kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz?

Artikel keren lainnya:

Bank Soal Akidah Akhlak PAT/ASAT MTs Kelas 7 Semester Genap



Pada akhir tahun pelajaran diadakan asesmen sumatif akhir tahun (ASAT) atau disebut juga PAT untuk mengukur keberhasilan pembelajaran. Sama halnya dengan pelajaran lainnya, mata pelajaran akidah akhlak terdapat juga ASAT di akhir semester genap. Berikut adalah beberapa contoh soal akidah akhlak kelas 7 yang bisa digunakan untuk latihan.



Contoh Soal PAT Akidah Akhlak Kelas 7 MTs/SMPIT

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1. Perhatikan firman Allah Swt. di dalam QS. ar-Ra’d ayat 26 berikut ! :

اَللّٰهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيَقْدِرُ

Ayat di atas membuktikan Allah Swt. benar-benar memiliki sifat-sifat melalui al-asma’ al- husna yang patut diyakini di antaranya ...

A. Al ‘Adl

B. Al Basith

C. Al Ghaffar

D. Al Qayyum




2. Perhatikan QS. at Taubah ayat 128 berikut ! :

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Ayat di atas membuktikan Allah Swt. benar-benar memiliki sifat-sifat melalui al- asma’ al- husna yang patut diyakini di antaranya ...

A. Al ‘Adl

B. Ar Rauf

C. Al Ghaffar

D. Al Qayyum




3. Seseorang yang telah memberikan peluang pekerjaan kepada teman yang membutuhkan, maka orang ini berarti telah meneladani sifat di dalam asma’ul husna...

A. Al-‘Azîz

B. An-‘Adl

C. Al-Basith

D. Al- Ghaffar




4. Menolong orang yang kecelakaan di jalan raya adalah bentuk keteladanan asma Allah...

A. Al-‘Aziz

B. Al-Basith

C. Al-Gaffar

D. Al-Qayyum




5. Seorang hakim yang bekerja secara profesional dalam memutuskan suatu perkara dalam persidangan dengan menegakkan kebenaran berdasarkan fakta dan saksi yang dipercaya merupakan bentuk meneladani asma’ul husna...

A. Al-‘Adl

B. Al-Fath

C. Al-‘Aziz

D. Al-Gaffar




6. Pernyataan berikut yang merupakan keteladanan sifat Allah Swt. Al fath adalah...

A. Terbuka dalam memecah pergaulan.

B. Senang menerima nasihat dari orang lain.

C. Ikhlas menolong orang yang pernah menolong kita

D. Terbuka dalam membeda-bedakan keadaan seseorang




7. Dahsyatnya peristiwa gempa bumi yang membawa banyak korban jiwa dan tidak ada satupun manusia yang dapat menghentikannya.. Fakta ini menunjukkan Allah Swt. bersifat ...

A. Al-Barr

B. Al-’Aziz

C. Al-‘Adl

D. Al-Qayyum




8. Pada hari kiamat semua manusia akan mengalami pengadilan dari Allah Swt. ketika mulut dikunci semua anggota badan bersaksi dan berbicara. Hal ini membuktikan, bahwa Allah Swt. memiliki sifat...

A. Al ‘Adl

B. Al-Barr

C. Al-Qayyum

D. Ar-Rahman




9. Adanya ilmuwan yang mendapat petunjuk dari hasil penelitian tentang Islam, akhirnya menjadi sebab mendapat hidayah masuk Islam, Hal ini mengindikasikan kebenaran Allah Swt. bersifat .....

A. Al Fath

B. Al Gaffar

C. Al Basith

D. Al Qayum




10. Dialah Allah menganugerahkan aneka anugerah untuk kemaslahatan makhluk-Nya, anugerah yang sangat luas dan tidak terhingga. Walaupun terhadap manusia yang durhaka kepada-Nya, namun Dia tetap melimpahkan kebaikan-Nya kepada mereka. Hal ini membuktikan, bahwa Allah Swt. memiliki sifat...

A. Al Barr

B. Al Hayyu

C. Al Basith

D. Al Qayum




11. Cinta kasih yang lembut dari Allah Swt terhadap alam semesta terlihat jelas dengan adanya ekosistem pada benda dan unsur alami yang ada, betapa berartinya cacing-cacing di dalam tanah yang bermanfaat untuk kesuburan tanah, sampai kepada apa saja yang disebutkan “ plasma nuthfah” semua itu menunjukkan Allah bersifat ....

A. Al Barr

B. Al Hayyu

C. Al Basith

D. Al Latiif




12. Meyakini bahwa Allah Swt. telah menciptakan makhluk dari nur yang selalu taat menjalankan tugas merupakan pengertian dari iman kepada ....

A. Malaikat Allah Swt.

B. Nur ciptaan Allah Swt.

C. Para utusan Allah Swt.

D. Makhluk ghaib ciptaan Allah Swt.




13. Perhatikan QS. Al Hijr ayat 30 berikut !

فَسَجَدَ الْمَلٰۤىٕكَةُ كُلُّهُمْ اَجْمَعُوْنَۙ

Ayat di atas menjadi bukti bahwa ...

A. Malaikat adalah makhluk qhaib, dan wajib kita imani keberadaannya

B. Malaikat itu jumlahnya banyak sekali dan wajib kita imani keberadaannya

C. Malaikat itu bersujud bersama-sama dan wajib kita imani keberadaannya

D. Malaikat adalah makhluk yang dibuat dari cahaya wajib kita imani keberadaannya




14. Perhatikan QS.At Tahrim : 6 berikut !

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Ayat yang bergaris bawah menunjukkan sifat-sifat malaikat, yaitu...

A. Selalu bertasbih

B. Membaca al Qur’an

C. Bersujud siang malam

D. Tidak akan mengingkari dan selalu taat kepada perintah Allah Swt.




15. Pernyataan di bawah ini merupakan perilaku seseorang yang beriman kepada malaikat- malaikat Allah Swt, kecuali...

A. Mengetahui keagungan Allah Swt, kekuatan-Nya, dan kekuasaan-Nya. Kebesaran makhluk pada hakekatnya adalah dari keagungan sang Pencipta

B. Dapat mengenal bahwa malaikat makhluk yang tak bernafsu, namun patuh dan taat menjalankan perintah Allah , sehingga dapat kita minta sesuai keinginan.

C. Syukur kepada Allah Swt atas perhatian-Nya terhadap manusia sehingga memberi tugas kepada malaikat untuk mengawasi, mencatat amal-amal, dan berbagai kemaslahatan lainnya.

D. Kita jadikan contoh sifat malaikat yang disiplin dan ikhlas melaksanakan perintah Allah, dalam rangka beribadah kepada Allah Swt.




16. Allah Swt menciptakan malaikat Munkar Nakir ditugasi untuk ...

A. Menyampaikan wahyu

B. Menanyai di alam kubur

C. Menjaga surga dan neraka

D. Mencatat amal baik dan buruk




17. Malaikat yang ditugasi mencatat amal baik dan menyampaikan wahyu adalah...

A. Raqib danJibril

B. Jibril dan Mikail

C. Israfil dan ’Izrail

D. Munkar dan Nakir




18. Perhatikan Al-Qur’an Surat Al-Anbiya’ ayat 20 berikut :

يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ

Ayat di atas menjelaskan tentang sifat malaikat, yaitu...

A. Membaca tahlil setiap siang malam

B. Membaca tasbih setiap malam dan siang

C. Bartakbir kepada Allah Swt. siang malam

D. Selalu bersujud kepada Allah Swt. siang malam




19. Perhatikan QS. An Nahl : 49 berikut !

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

Ayat yang bergaris bawah merupakan sifat malaikat yaitu...

A. Tidak memiliki nafsu

B. Tidak makan dan minum

C. Tidak menyombongkan diri

D. Selalu bertasbih kepada Allah Swt.




20. Perhatikan QS.Al Baqarah ayat 168 berikut !

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Ayat yang bergaris bawah di atas merupakan sifat setan, yaitu...

A. Menuruti hawa nafsu

B. Mengajak kepada hal yang keji dan mungkar

C. Mengajak kepada hal ma’ruf dan mencegah yang mungkar

D. Mengajak kepada suatu pekerjaan yang banyak pahalanya




21. Sifat-sifat di bawah ini yang menunjukkan sifat jin adalah ...

A. Tidak dapat merubah bentuk

B. Diciptakan dari cahaya yang sangat panas

C. Memiliki bobot yang lebih berat daripada udara

D. Memiliki akal/ilmu pengetahuan lebih maju daripada manusia




22. Di antara perbedaan antara malaikat dan Jin adalah.....

A. Cara penciptaannya

B. Malaikat dan jin adalah makhluk ghaib

C. Malaikat dan jin di ciptakan dari cahaya yang panas

D. Malaikat taat kepada Allah Swt, jin ada yang taat ada yang ingkar Allah Swt.




23. Peristiwa Nuzulul Qur’an adalah diturunkannya wahyu pertama kepada Nabi Saw. merupakan bukti adanya malaikat yang di utus menyampaikan wahyu. Nama malaikat tersebut adalah...

A. Jibril

B. Mikail

C. Jibril, Mikail

D. Munkar, Nakir




24. Adanya terapi terhadap seseorang dengan sistem diruqyah, karena sakit jiwa. Pada waktu diruqyah merasakan sakit, dan teriak-teriak merasakan panas yang hal ini membuktikan Allah Swt. menciptakan ...

A. Jin

B. Ruh

C. Malaikat

D. Manusia




25. Perhatikan Al Qur’an Surat Al A’raf ayat 12 berikut :

قَالَ مَا مَنَعَكَ اَلَّا تَسْجُدَ اِذْ اَمَرْتُكَ ۗقَالَ اَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُۚ خَلَقْتَنِيْ مِنْ نَّارٍ وَّخَلَقْتَهٗ مِنْ طِيْنٍ

Artinya : ” Allah berfirman : ”Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada

Adam) diwaktu menyuruhmu?" Dia menjawab : "Saya lebih baik daripadanya: Engkau

ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".

Kisah tersebut menjadi bukti kebenaran bahwa Allah Swt. menciptakan ...

A. Iblis

B. Malaikat

C. Manusia

D. Jin muslim




26. Perhatikan Sabda Rasulullah Saw berikut ! :

لَا يُقْبَلُ اللهُ عَزَّ وَجَلَ عَمَلًا فِيْهِ مِثْقَالُ ذَرِّةٍ مِنْ رِيَاء

Hadits di atas mengandung maksud...

A. Riya’ menyebabkan amal kebaikannya dikenal orang

B. Surga adalah tempat bagi orang yang beramal shaleh

C. Syarat diterimanya amal oleh Allah Swt. adalah amal yang baik

D. Perbuatan riya’ mengakibatkan amal seseorang ditolak Allah Swt.




27. Pernyataan di bawah ini yang tergolong upaya menghindari riya’ adalah ...

A. Tidak sakit hati ketika ada orang yang mengejek perbuatan baik kita

B. Beramal secara bersama-sama, agar kelihatan amal baiknya

C. Sakit hati jika kita beramal baik tidak ada yang memberi apresiasi pujian

D. Jika beramal sedekah malam hari, supaya tidak ada orang yang mengetahui




28. Memamerkan perbuatan baik di depan orang lain dengan maksud ingin disanjung orang lain merupakan pengertian sifat . . . .

A. Nifaq

B. Riya’

C. Fasik

D. Tawadhu’




29. Sikap seseorang bermuka dua, ketika berinteraksi sesama manusia disebut ...

A. Riya’

B. Kafir

C. Nifaq

D. Kufur




30. Seseorang yang tidak sadar mendirikan shalat, bersedekah, dan beramal shaleh lainnya, berprinsip yang penting beriman keimanan dalam hatinya, perbuatan tersebut dinamakan ....

A. Kufur

B. Kafir

C. Syirik jali

D. Nifaq amali




31. Perhatikan QS. An Nisa’ : 145 berikut !

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

Sesuai ayat yang bergaris bawah akibat perbuatan nifak, maka di akhirat nanti akan

berada di neraka ....

A. Pinggiran

B. Di tengah

C. Paling bawah

D. Tempat yang paling atas




32. Perhatikan hadits berikut !
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Apa tanda-tanda orang munafik menurut hadits yang bergaris bawah adalah ....

A. Berkhianat

B. Berbohong

C. Mengingkari janji

D. Banyak pembicaraannya




33. Di antara sebab-sebab dalam membaca Al Qur’an harus memperhatikan adab-adab membaca Al Qur’an adalah ....

A. Al Qur’an sumber ilmu pengetahuan

B. Membaca Al Qur’an pahalanya banyak

C. Al Qur’an berisi firman-firman Allah Swt. dan sebagai petunjuk bagi manusia

D. Membaca Al Qur’an sama saja dengan membaca buku-buku ilmu pengetahuan lainnya




34.Pengertian adab membaca Al Qur’an adalah ....

A. Metode untuk dapat membaca Al Qur’an

B. Suara yang tepat dalam membaca Al Qur’an

C. Etika yang harus dilakukan untuk seni baca Al Qur’an

D. Etika yang harus dilakukan, ketika membaca Al Qur’an




35.Perhatikan QS. Al-Isra’ [17]:109 berikut :

وَيَخِرُّوْنَ لِلْاَذْقَانِ يَبْكُوْنَ وَيَزِيْدُهُمْ خُشُوْعًا ۩

Maksud ayat di atas, dalam membaca Al Qur’an sebaiknya dengan ....

A. Suara lirih

B. Lagu yang indah

C. Menggetarkan hati, agar dapat menangis

D. Menikmati, meresapi arti ayat dengan khusyu’




36. Pernyataan di bawah ini yang tergolong kejahiliyahan masyarakat kerajaan Babylon adalah ....

A. Perang antar suku

B. Mengubur bayi perempuan

C. Membunuh bayi laki-laki

D. Menyembah berhala




37. Tempat kelahiran Nabi Ibrahim As di daerah ....

A. Faddam A'ram

B. Faddam Husen

C. Haddam A'ram

D. Palestina




38. Penguasa kerajaan Babylon adalah ....

A. Namrud bin Kan'aan

B. Tahur bin Saruj

C. Rau' bin Falij

D. Saam bin Nuh As.




39. Maksud QS. Ali Imran: 67 berikut adalah ....

مَاكَانَ اِبْرٰهِيْمُ يَهُوْدِيّا وَّلَا نَصْرَانِيّا وَّلٰكِنْ كَانَ حَنِيْفًا مُّسْلِمًاۗ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

A. Nabi Ibrahim As adalah seorang nabi

B. Nabi Ibrahim As. adalah seorang muslim yang mentauhidkan Allah Swt.

C. Perintah kepada Nabi Ibrahim As untuk menyembah Allah Swt

D. Ajakan untuk menunaikan ibadah haji




40. Bukti ketaqwaan dan kecintaannya Nabi Ibrahim As.kepada Allah Swt. melebihi cinta

kepada lainnya...

A. Perintah berhaji

B. Perintah menyembelih Ismail

C. Bersabar belum memiliki anak

D. Menjalankan perintah berhitan




II. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT DENGAN BENAR!

41. Pilihlah 3 Asma’ul Husna dan buktikan dengan dalil aqlinya !

42. Perhatikan hadits berikut !
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Apa sajakah tanda-tanda munafiq yang terdapat pada hadits di atas ?

43. Bagaimana cara menghindari sifat riya’ dan nifaq

44. Sebutkanlah 5 adab dalam berdoa kepada Allah Swt !



45. Apakah saja keteladanan yang patut diteladani dari kisah Nabi Ibrahim As.?

Artikel keren lainnya: