Kaidah Mengakhirkan Mubtada’ Dan Mendahulukan Khabar
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada dasarnya
jumlah ismiyyah terdiri dari mubtada’ dan khabar dan posisi mubtada terlebih
dahulu. Namun, pada keadaan tertentu posisi tersebut bisa dibalik yang mana
khabar berada di awal kemudian khabar.
Mubtada Khabar |
Berikut beberapa kaidah dalam mendahulukan khabar dan mengakhirkan mubtada’:
1. Boleh Mendahulukan Khabar Dan Mengakhirkan Mubtada’
Boleh mendahulukan khabar dan mengakhirkan mubtada’
apabila:
• Hendak menonjolkan makna khabar. Contoh:
مَمنُوعٌ
التَّدْخِينُ
• Mubtada` dan khabar didahului oleh huruf nafi
atau istifham dan khabarnya berupa sifat. Contoh:
أَقَائِمٌ
أَنْتَ؟
• Khabar berupa syibhu jumlah dan mubtada`nya
ma`rifah. Contoh:
فِي
التَّعَنِّي السَّلَامَةُ
•
Khabar berupa isim nakirah yang disifati. Contoh:
عِنْدَنَا
رَجُلٌ كَرِيمٌ
2. Wajib Mendahulukan Khabar Dan Mengakhirkan Mubtada’
Harus mendahulukan khabar daripada mubtada’
apabila:
• Mubtada’ berupa isim nakirah ghair
mufidah dan kahabrnya dzaraf atau jar-majrur. Contoh:
فِى
الْبَيْتِ رَجُلٌ
• Khabar berupa isim istifham atau
diidlafahkan pada isim istifham. Contoh:
كَيْفَ حَالُكَ؟
• Ada dhamir pada mutada’ yang kembali kepada
khabar. Contoh:
فِي
الدَّارِ صَاحِبُهَا
• Khabar diringkas dalam mubtada’, yaitu
ketika mubtada’ bersamaan dengan (اِلاَّ)
atau (إِنَّمَا). Contoh:
مَا
خَالِقٌ اِلاَّ اللهُ
3. Wajib Mendahulukan Mubtada’,
Posisi mubtada’ dan kahabr tidak boleh berganti
dengan ketentuan:
• Khabar mahshuran, yaitu mengkhususkan mubtada’
kepada makna khabar dengan lafadz (إِلَّا)
atau (إِنَّمَا). Contoh:
مَا
أَنَا إِلَّا طَالِبٌ
إِنَّمَا
أَنَا طَالِبٌ
• Mubtada’ berasal dari isim yang harus di depan
kalimat. Isim yang harus di depan kalimat adalah: isim itifham, isim syarat dan
(مَا) ta’ajjub. Contoh:
مَنْ
أَفْضَلُ الطُّلّابِ؟
• Khabar berupa jumlah yang ada dhamir yang kembali
ke mubtada’. Contoh:
مُحَمَّدٌ
جَاءَ
• Mubtada’ dibarengi dengan lam taukid. Contoh:
لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ
خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ
• Jika masing-masing dari mubtada’ dan khabar
berupa isim ma’rifat atau isim nakirah, dan disitu tidak
terdapat qarinah yang mewajibkan pada salah satunya, sehingga
mubtada’ didahulukan karena mengkhawatirkan terjadinya kesamaran musnad
dengan musnad ilaih. Contoh:
بَيْتِيْ جَنَّتِيْ
Sekian dan demikian. Semoga berkah ilmunya. Amin.
Belum ada tanggapan untuk " Kaidah Mengakhirkan Mubtada’ Dan Mendahulukan Khabar"
Post a Comment