Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Bacaan Tashil (Pengertian, Cara Baca dan Penjelasan) | Bacaan Gharib

Pengertian Tashil
Tashil secara bahasa artinya memudahkan atau meringankan. Sedangkan secara istilah, tashil adalah:
اَلنُّطْقُ بَيْنَ الْهَمْزَةِ وَالْاَلِفِ
Artinya: mengucapkan huruf antara hamzah dan alif.
Contoh Tashil
Dalam riwayat Imam Hafsh, hamzah yang dibaca tashil adalah hamzah kedua yang terdapat pada kata (ءَأَعْجَمِيٌّ) pada QS Fushshilat: 44.
وَلَوْ جَعَلْنٰهُ قُرْءَانًا أَعْجَمِيًّا لَّقَالُوا لَوْلَا فُصِّلَتْ اٰيٰتُهُ ءَاَعْجَمِىٌّ وَعَرَبِىٌّ ...
Alasan lafadz (ءَاَعْجَمِىٌّ) dibaca tashil, karena apabila ada dua hamzah qatha’ bertemu dan berurutan pada satu lafadz, bagi lisan orang Arab merasa berat melafadzkannya, sehingga lafadz tersebut bisa ditashilkan (diringankan). Sedangkan di ayat lainnya seperti (أَأَنْذَرْتَهُمْ), dan (أَأنْتُمْ) tashil tidak diterapkan. Ini berarti bahwa kaidah tashil itu  kaidah gharib pada riwayat Imam Hafsh.
Keterangan Seputar Tashil
Pembahasan tashil biasanya dimasukkan ke dalam pembahasan bacaan gharib (asing) atau ayat musykilat (bacaan yang susah) karena sedikit contohnya dan keluar dari kaidah tajwid pada umumnya. Untuk mempraktikkan bacaan tashil, kita harus belajar langsung dan talaqqi dan ditashhih oleh guru yang benar-benar faham tentang ilmu qiraat.
Dalam riwayat lain ada yang memberikan kaidah bahwa setiap dua hamzah bertemu harus dibaca tashil. Adapula yang membaca tahqiq hamzah pada surat Fushshilat ayat 44 seperti bacaan riwayat Imam Syu’bah dari Imam ‘Ashim.
Sebenarnya bacaan tashil dalam riwayat Imam Hafsh juga diterapkan pada kata-kata berikut:
1. Surat al-An’am ayat 143 (آلذَّكَرَيْنِ)
2. Surat al-An’am ayat 144 (آلذَّكَرَيْنِ)
3. Surat Yunus 51 (آْلآنَ)
4. Surat Yunus 91 (آْلآنَ)
5. Surat Yunus 59 (آللهُ)
6. Surat al-Naml 59 (آللهُ)
Cara membaca hamzah pada ketiga kata di atas ada dua macam:
Pertama, adalah dengan ibdal yakni mengganti hamzah kedua menjadi alif sehingga terdapat huruf mad pada hamzah. Sehingga hukum mad lazim kilmi yang harus dibaca panjang 6 harakat. Kata (آلذَّكَرَيْنِ) dan (آللهُ) termasuk bacaan mad lazim kilmi mutsaqqal atau ada juga yang menyebutnya mad farqi. Adapun kata (آْلآنَ) termasuk contoh mad lazim kilmi mukhaffaf.
Kedua, adalah dengan tashil karena dua hamzah berdekatan. Sehingga pada kata-kata diatas tidak diterapkan mad. Untuk lebih jelasnya tentang praktik tashil pada ayat di atas silakan talaqqi dengan guru ahli.
Sumber:
Muqaddimah Al-Jazariyyah
Tuhfah Al-Athfal
Terima kasih telah berkunjung. Bila artikel ini memberikan manfaat dan menjadikan Anda bisa beramal shaleh, silakan copy paste dan sebarkan sebanyak-banyaknya.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Bacaan Tashil (Pengertian, Cara Baca dan Penjelasan) | Bacaan Gharib"

Post a Comment