Pengertian Taukid | Taukid lafdzi dan taukid ma'nawi
Sebelum saya membahas taukid yang termasuk ke
dalam isim tawabi’, saya akan memberikan prolog terlebih dahulu apa itu uslub
taukid. Hal ini penting sebagai dasar berpikir kita dalam memahami tujuan dari
adanya taukid.
Taukid |
Uslub taukid adalah gaya bahasa dalam
menguatkan makna suatu kalimat, baik dengan pengulangan atau dengan menggunakan
alat taukid. Uslub taukid dengan pengulangan adalah pengulangan lafadz atau
makna suatu kata atau kalimat. Adapun yang dimaksud dengan alat taukid adalah
lafadz yang digunakan sebagai taukid seperti (إِنَّ), (قَدْ), (لَـ), nun taukid, huruf sumpah, dll.
(penjelasan lebih panjangnya ada di artikel uslub taukid)
Adanya uslub taukid adalah untuk:
> Menguatkan adudiens
> Meyakinkankan audiens jika audiens merasa
ragu-ragu
> Menunjukkan bahwa isi pesan yang
disampaikan benar-benar nyata
> Membenarkan pernyataan jika audiens
mengingkari
> Menolak sangkaan lain dari audiens
> dll.
Adapun yang akan menjadi fokus dalam pembahasan
di artikel ini adalah taukid pengulangan kata dan kata tersebut dijadikan
sebagai taukid yang termasuk isim tabi’.
Isim taukid adalah isim tabi’ yang tujuannya
menguatkan matbu’nya sehingga audien tidak bingung dengan pernyataan yang
disampaikan. Matbu’ dalam taukid disebut dengan muakkad. Taukid ada dua macam,
yaitu lafdzi dan maknawi.
1. Taukid lafdzi
Taukid lafdzi adalah mengulang kata muakkadnya.
Contoh:
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا كِتَابًا
اِشْتَرَيْتُ اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا اِشْتَرَيْتُ
كِتَابًا
Ketiga di atas merupakan contoh taukid. Contoh yang
pertama ada kata yang diulang. Nah kata yang diulang merupakan isim taukid.
Adapun pada contoh yang kedua yang diulang adalah fi’il. Sedangkan pada contoh
ketiga, yang diulang merupakan kalimatnya. Ketiga contoh merupakan
2. Taukid ma’nawi
Sedangkan taukid ma’nawi adalah menguatkan
dengan menggunakan kata-kata berikut:
نَفْسٌ – عَيْنٌ – كِلَا – كِلْتَا – كُلٌّ – جَمِيْعٌ –
عَامَةٌ
Dalam taukid ma’nawi, taukidnya harus
berssambung dengan dhamir yang kembali ke ma’bu’ atau muakkadnya. Contoh:
جَاءَ اَحْمَدُ عَيْنُهُ
فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ
Artinya:
Ahmad (dirinya) telah datang
Para Malaikat (semuanya) bersujud
Berikut ini adalah penjelasan ringkas
penggunaan masing-masing lafadz taukid.
• Kata (نَفْسٌ) dan (عَيْنٌ)
Dua kata ini berbentuk mufrad ketika muakkadnya
mufrad. Adapun ketika muakkadnya mutsanna dan jama’ maka kedua kata di atas
dijama’kan mengikuti wazan (أَفْعُل).
Contoh:
حَضَرَ الطَّالِبُ نَفْسُهُ
مَرَرْتُ بِالطَّالِبَةِ نَفْسِهَا
جَاءَ الطَّالِبَانِ أَنْفُسُهُمَا
حَضَرَتِ الْمَرْأَتَانِ أَعْيُنُهُمَا
إِنَّ الطُّلَابَ أَعْيُنَهُمْ قَدْ
حَضَرُوْا
جَاءَتِ النِّسَاءُ أَنْفُسُهُنَّ
Pada contoh taukid di atas, selalu ada dhamir
yang kembali kepada mat’bunya.
• Kata (كِلَا) dan (كِلْتَا)
Kedua kata di atas khusus untuk mentaukidkan
isim mutsanna. Kata (كِلَا)
untuk mudzakkar dan (كِلْتَا) untuk
muannats. Apabila dalam keadaan manshub dan majrur, alif tatsniyahnya diganti
menjadi ya’ tatsniyah.
Contoh:
جَاءَ الطَّالِبَانِ كِلَاهُمَا
جَاءَتِ الطَّالِبَتَانِ كِلْتَاهُمَا
أُحِبُّ وَالِدَيَّ كِلَيْهِمَا
مَرَرْتُ بِأُخْتَيَّ كِلْتَيْهِمَا
• Kata (جَمِيعُ), (كُلُّ) dan
(عَامَّة)
Ketiga isim taukid di atas berfaidah menguatkan
muakkad yang berbentuk jama’. Biasanya ketiga kata di atas diterjemahkan dengan
“semuanya” atau “seluruhnya”.
Contoh:
حَضَرَ الطُّلَابَ كُلُّهُمْ
حَضَرَ الْقَوْمُ عَامَّتُهُمْ
حَضَرَ الطُّلَابَ جَمِيْعُهُمْ
إِنَّ الطُّلَابَ عَامَّتَهُمْ
قَدْ حَضَرُوْا
وَعَلَى النَّاسِ كُلِّهُمْ
أَنْ يَعْبُدُوا اللهَ
Ada juga disebutkan kata (أَجْمَع) dan tasrifannya setelah kata (كُلُّ)
yang faidahnya memperkuat taukid. Kata (أَجْمَع) digunakan untuk mufrad mudzakkar, kata (جَمْعَاء) untuk muannatsnya, kata (أَجْمَعُون) digunakan untuk jama’ mudzakkar, dan kata
(جُمَع) digunakan untuk jama’ muannats. Selain
itu tidak ada dhamir yang merujuk pada taukid jenis ini.
Contoh:
جَاءَ الرُّكُبُ كُلُّهُ
أَجْمَعُ
هَبَّتِ المَدِينَةُ كُلُّهَا
جَمْعَاءُ
حَضَرَ الرِّجَالُ كُلُّهُمْ
أَجْمَعُونَ
جَاءَتِ النِّسَاءُ كُلُّهُنَّ
جُمَعُ
فَسَجَدَ المَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ
أَجْمَعُونَ (ص: 73)
Kadang-kadang juga kata (أَجْمَع) tidak didahului oleh kata (كُلّ). Contoh:
جَاءَ الرِّجَالُ أَجْمَعُونَ
أُغويَنَّهُمْ أَجْمَعِيْنَ (ص: 82)
Catatan:
Kata-kata (نَفْسُ), (عَينُ), (كُلُّ), (جَمِيعُ), (عَامَّةُ), (كِلَا) dan (كِلْتَا) menjadi taukid apabila terletak setelah muakkad
atau isim yang diberi taukid dan bersambung dengan dhamir yang kembali ke
muakkadnya sebagaimana dalam contoh-contoh yang di atas. Namun, apabila tidak
ada muakkadnya maka kedudukannya sesuai dengan posisinya dalam jumlah.
Contoh:
جَاءَ نَفْسُ الرَّجُلِ
كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ
حَضَرَ جَمِيعُ الأعْضَاءِ
كِلا الرَّجُلَينِ حَاضِرَانِ
Sebagaimana telah saya jelaskan
bahwa taukid merupakan bagian dari isim tawabi’. Yang diikuti dari matbu’nya
adalah irabnya. Contoh:
جَاءَ الضَّيْفُ عَيْنُهُ، وَالزَّائِرَةُ
نَفْسُهَا، وَالْجِيْرَانُ
جَمِيْعُهُم، ونظرنا إلى الطُلَاّبِ
عَامَّتِهم، ثم كرَّمْنا الناجِحِيْنَ كُلَّهم،
وصَفَّقْنَا لِلْمُتَقَدِّمَيْنِ كِلَيْهِما، والْمُتقدِّمَتَيْنِ
كِلْتَيْهِما.
جاء المعهدُ كلُّه أجمعُ، يصحب الهيئة الإداريةَ
كلَّها جمعاءَ، مع الطالباتِ كلِّهنَّ جُمَعَ،
والطلاّبِ كلِّهم أجمعين.
Sekian.
Apabila ada yang salah mohon untuk dikoreksi. Semoga bermanfaat. Amin.
Apabila ada yang salah mohon untuk dikoreksi. Semoga bermanfaat. Amin.
terimakasih ilmunya yang sanagat bermanfaat, Jazaakumulloh
ReplyDeletepengertian taukid
ReplyDelete