Pengertian Maf'ul Bih | Pembagian Maf'ul Bih | Contoh Maf'ul Bih | Kaidah Maf'ul Bih
A. Pengertian Maf’ul Bih
Maf’ul bisa diartikan objek dalam bahasa Indonesia. Adapun dalam
istilah ilmu nahwu, maf’ul adalah:
اَلْمَفْعُوْلُ بِهِ إِسْمٌ مَنْصُوْبٌ يَدُلُّ
عَلَى مَنْ وَقَعَ عَلَيْهِ الْفِعْلُ الْفَاعِلُ وَلَا تَتَغَيِّرُ مَعَهُ
صُوْرَةُ الْفِعْلِ
Artinya :
Maf’ul bih adalah isim manshub yang menunjukkan kepada orang orang
yang ditimpakan pekerjaan pelaku kepadanya dan bentuk pekerjaan tidak berubah
karena adanya maf’ul.
Maf'ul Bih |
Contoh:
كَتَبَ أَحْمَدَ الرِّسَالَةَ
يَفْتَحُ الأُسْتَاذُ بَابًا
شَرِبَتْ مَرْيَمُ اللَّبَنَ
Artinya:
Ahmad menulis surat
Ustadz membuka pintu
Maryam minum air susu
Dari contoh di atas kata (الرِّسَالَةَ), (بَابًا)
dan (اللَّبَنَ) kedudukannya sebagai maf’ul atau objek
dan irabnya nashab. Tanda nashab ketiga kata tersebut ditandai dengan fathah
diakhirnya.
B. Pembagian Maf’ul Bih
Dilihat dari bentuk katanya, maf’ul bih dibagi menjadi isim mu’rab,
isim mabni dan mashdar muawwal.
1. Isim mu’rab
Maf’ul bih berupa isim mu’rab apabila isim yang menjadi maf’ul berubah
irabnya ketika dimaasuki amil yang berbeda. Contoh maf’ul bih berupa isim
mu’rab:
ضَرَبَ عَلِيٌّ كَلْبًا
يَقْرَأُ مُحَمَّدُ الْقُرْآنًا
Kata (كَلْبًا) dan (الْقُرْآنًا)
bisa berubah irabnya sesuai amil atau kedudukannya.
2. Isim Mabni
Maf’ul bih juga bisa berupa isim mabni seperti isim dhamir, isim
isyarah dan isim maushul. Maf’ul bih yang terdiri dari isim dhamir (kata ganti)
terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Dhamir Muttashil (bersambung)
Maf’ul bih dhamir muttashil ada dua belas,yaitu:
ضَرَبَنِيْ – ضَرَبَنَا – ضَرَبَكَ – ضَرَبَكِ – ضَرَبَكُمَا
– ضَرَبَكُمْ – ضَرَبَكُنَّ – ضَرَبَهُ - ضَرَبَهَا – ضَرَبَهُمَا – ضَرَبَهُمْ - ضَرَبَهُنَّ
b. Dhamir Munfashil (terpisah)
Maf’ul bih dhamir Munfashil ada dua belas, yaitu :
إِيَّايَ – إِيَّانَا – إِيَّاكَ – إِيَّاكِ – إِيَّاكُمَا
– إِيَّاكُمْ – إِيَّاكُنَّ – إِيَّاهُ – إِيَّاها – إِيَّاهما – إِيَّاهُمْ - إِيَّاهُنَّ
Contoh maf’ul bih dari isim mabni:
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
Kata (إِيَّاكَ)
merupakan maf’ul bih yang berupa dhamir munfashil.
اِشْتَرَيْتُ هَذَا الْكِتَابَ
Kata (هَذَا)
merupakan maf’ul bih yang berupa isim isyarah.
أَكْرِمْ مَنْ أَكْرَمَكَ
Kata (مَنْ)
merupakan maf’ul bih yang berupa dhamir munfashil. Adapun dhamir kaf (كَ)
merupakan maf’ul yang berupa dhamir muttashil.
3. Mashdar Muawwal
Maf’ul bih yang berupa mashdar muawaal bisa terdiri dari (أَنْ)
dan fi’il atau (أَنَّ)
dengan isim serta khabarnya. Contoh:
أَمَرَ اللهُ عَلَيْكَ أَنْ
تَشْهَدَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
Mashdar muawwal (أَنْ)
dan (تَشْهَدَ)
merupakan maf’ul bih dari fi’il (أَمَرَ).
Sedangkan kata (أَنَّ)
dengan isim serta khabarnya merupakan maf’ul dari fi’il (تَشْهَدَ).
C. Kaidah Penempatan Maf’ul Bih
1. Posisi standar dalam bahasa Arab adalah fi’il, fa’il dan maf’ul.
Contoh:
يَفْتَحُ أَحْمَدُ الْأَبْوَابَ
سَأَلْتُ
رَسُوْلَ اللّهِ
2. Boleh mendahulukan maf’ul sebelum fa’il apabila maf’ul dan fa’ilnya
berupa isim zhahir.
Contoh:
يَجْنِي القُطْنَ الفَلَّاحُ
3. Boleh mendahulukan maf’ul sebelum fi’il dan fa’il apabila maf’ulnya
berupa isim zhahir.
Contoh:
فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا
تَقْتُلُونَ
4. Wajib mengakhirkan maf’ul apabila maf’ulnya berupa isim dhamir.
Contoh:
أَمَرْتُكَ
أَكْرَمَنِيْ أَحْمَدُ
5. Wajib mengakhirkan maf’ul apabila ditakutkan ada kesalahan
faham apabila di dahulukan.
Contoh:
أَكْرَمَتْ عَائِشَة فَاطِمَة
Kalau maf’ulnya didahulukan maka akan ada yang menyangka bahwa
maf’ulnya adalah yang terakhir.
6. Wajib mendahulukan maf’ul sebelum fi’il dan fa’il apabila maf’ulnya
berupa isim dhamir munfashil.
Contoh:
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
7. Boleh menghilangkan fi’il dan fa’il dan menyisakan maf’ulnya
saja apabila bisa dipahami dari susunan kalimat.
Contoh:
Apabila ada yang bertanya “kamu bertemu siapa kemarin?” dijawab (عَلِيًّا).
Yang dimaksud adalah:
قَابَلْتُ عَلِيًّا
D. Tanda I’rab Maf’ul Bih
Sebagai mana telah dijelaskan di atas, bahwa maf’ul adalah isim
manshub. Artinya irab dari maf’ul adalah nashab. Tanda nashab pada maf’ul
adalah fathah, alif, kasrah dan ya’. Tanda irab ini hanya berlaku pada isim
mu’rab saja.
1. Fathah
Fathah menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila berbentuk isim mufrad
atau jama’ taksir.
• Isim
mufrad
ضَرَبَ خَلِيْلٌ كَلْبًا
• Jama’
taksir
كَتَبَ الْمُدَرِّسُ النُّصُوْصَ
2. Alif
Alif menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila maf’ulnya berbentuk isim
lima.
رَأَيْتُ أَبَاكَ
3. Kasrah
Kasrah menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila berbentuknya jama’
muanats salim.
رَاَيْتُ الطَّالِبَاتِ
4. Ya’
Ya’ menjadi tanda nashab pada maf’ul apabila berbentuk isim tatsniyah
atau jama’ mudzakkar salim.
• Isim
tatsniyah
ضَرَبَتْ سَلْمَى قِطَّيْنِ
• Jama’
mudzakar salim
رَأَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ
Apabila
maf’ul berupa isim mabni, tanda i’rabnya tidak berubah. Akan tetapi i’rabnya
sesuai dengan mahalnya pada kalimat.
Contoh:
اِشْتَرَيْتُ هَذَا الْكِتَابَ
Kata (هَذَا)
merupakan maf’ul bih yang berupa isim isyarah. Irabnya fi mahal marfu’.
أَكْرِمْ مَنْ أَكْرَمَكَ
Kata (مَنْ)
merupakan maf’ul bih yang berupa dhamir munfashil. Adapun dhamir kaf (كَ)
merupakan maf’ul yang berupa dhamir muttashil. Irabnya fi mahal marfu’.
Sekian dan demikian. Semoga tulisan ini bermanfaat. Amin.
it's so perfect
ReplyDeleteJazaakallah Khair
ReplyDeleteBagus, lanjutkan
ReplyDeleteBismillah
ReplyDeleteMaaf mau tanya untuk contoh yang يَقْرَأُ مُحَمَّدٌ القُرْآنًا.
Kenapa harokat akhir maf'ul bih ditanwin? Padahal maf'ul bihnya diawali alif lam.
Mohon penjelasannya ya, saya masih bingung.
Terimakasih
Jazakumullah akhi....
ReplyDeletethanks for answer :]
ReplyDelete