Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

11 Keutamaan (Fadhilah) Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan | Fadhilah dan Keistimewaan Bulan Puasa
Bulan Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender hijriyah. Bagi ummat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial. Ummat Islam di seluruh dunia menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk meraup banyak pahala dengan berbagai macam ibadah.
Kaligrafi Ramadhan
Berikut adalah keistimewaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan:
1. Diwajibkan Puasa Di Bulan Ramadhan
Firman Allah Ta'ala:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.” (Al-Baqarah : 183).
Sabda Nabi :
Islam didirikan di atas lima sendi, yaitu: bersaksi tiada sembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji ke Baitul Haram. " (Hadits Muttafaq 'Alaih).
2. Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah : 103).
3. Pada Bulan Ramadhan Disunnahkan Tarawih
Bulan Ramadhan adalah bulannya meraih pahala sebanyak mungkin. Apabila siangnya diwajibkan puasa, maka malamnya disunnahnya untuk shalat tarawih. Shalat tarawih disyariatkan hanya di bulan Ramadhan saja. Sabda Rasulullah saw tentang keutamaan shalat tarawih:
“Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Muttafaq 'Alaih).
4. Al-Qur’an Diturunkan Pada Bulan Ramadhan
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. (QS. Al-Qadr : 1)
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS. Al-Baqarah : 185).
5. Ada Malam Lailatul Qadar
Malam ini terdapat pada sepuluh malam terakhir, dan diharapkan pada malam-malam ganjil lebih kuat daripada di malam-malam lainnya. Karena itu, semestinya seorang muslim yang senantiasa mengharap rahmat Allah dan takut dari siksa-Nya, memanfaatkan kesempatan pada malam-malam itu dengan bersungguh-sungguh pada setiap malam dari kesepuluh malam tersebut dengan shalat, membaca Al-Qur'anul Karim, dzikir, do'a, istighfar dan taubat yang sebenar-benamya. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, mengampuni, merahmati, dan mengabulkan do'a kita.
Firman Allah:
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr : 3)
Sabda Nabi:
"Barangsiapa mendirikan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. " (Hadits Muttafaq 'Alaih).
6. Bulan yang Penuh Berkah dan Rahmat
7. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup
8. Pahala Kebaikan Dilipatgandakan
9. Setan Diikat
Adalah Rasulullah SAW memberi khabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa'." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i)
10. Waktu Dikabulkan Do’a
Allah berfirman:
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186).
Ayat di atas posisinya berada di tengah-tengah pembahasan puasa yang mengisyaratkan bahwa hendaknya banyak berdo’a bagi orang yang sedang puasa. Begitu pula Nabi saw bersabda:
“Ada tiga do’a yang tidak tertolak: (1) doa pemimpin yang adil, (2) doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) doa orang yang terzhalimi.” (HR. Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya no. 2408 dan dihasankan oleh Ibnu Hajar).
11. Diampuni Dosa
"Shalat lima waktu, shalat Jum'at ke shalat Jum 'at lainnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antaranya jika dosa-dosa besar ditinggalkan. " (HR.Muslim).
Dan masih banyk lagi keutamaaan-keutamaan bulan Ramadhan. Alangkah ruginya bila Ramadhan datang dan berlalu namun kita tidak berlomba-lomba dalam beribadah, Nabi pernah mengingatkan kepada kita:
"Jibril datang kepadaku dan berkata, 'Wahai Muhammad, siapa yang menjumpai bulan Ramadhan, namun setelah bulan itu habis dan ia tidak mendapat ampunan, maka jika mati ia masuk Neraka. Semoga Allah menjauhkannya. Katakan: Amin!. Aku pun mengatakan: Amin." (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahihnya).

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "11 Keutamaan (Fadhilah) Bulan Ramadhan"