Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Do'a Setelah Wudhu (Arab, Latin dan Terjemah)

Do’a Setelah Wudhu | Terjemah Do'a Setelah Wudhu
Wudhu adalah bersuci dari hadas kecil. Hadis kecil seperti BAB, BAK, kentut, tidur, dll. Setiap muslim yang akan melaksanakan ibadah salat maka harus dalam keadaan punya wudhu. Ketika selesai berwudhu, disunahkan membaca do’a terlebih dahulu.
Berkumur adalah bagian wudhu
Berikut adalah do’a ketika selesai berwudhu dilengkapi latin dan terjemahnya:
أَشْهَدُ أَنْ لَاإِلَهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
Latin:
Asyhadu allâ ilâha illallâhu wahdahû lâ syarîka lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhû wa rasûluhû, allâhummaj'alnî minat tawwâbîna waj'alnii minal mutathahhirîna.
Artinya:
"Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)." (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi).
Do’a ini dibaca langsung setelah berwudhu dan menghadap kiblat. Artinya jika kita telah selesai wudhu, maka jangan diselingi oleh ngobrol atau aktivitas lainnya melainkan langsung berdo’a.
Hikmah dari do’a ini adalah hendaknya kita tidak hanya memperhatikan kebersihan badan dari kotoran dan najis, melainkan anggota tubuh kita juga harus bersih dari dosa dan maksiat. Apabila kita memang terlanjur melakukan kesalahan, mohonlah ampunan kepada Allah supaya semua kesalahan itu dihapus dari catatan amal kita.
Semoga bermanfaat!

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Do'a Setelah Wudhu (Arab, Latin dan Terjemah)"