Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Pengertian dan Macam Najis serta Cara Membersihkannya

Pengertian Najis | Macam-macam Najis | Cara Membersihkan Najis
Pengertian najis secara bahasa adalah kotoran. Secara istilah, najis adalah kotoran yang bisa menghalangi sahnya shalat apabila terkena kotoran tersebut. Ibadah yang mengsyaratkan harus bersih dari najis seperti shalat dan thawaf.
Anjing dan Babi termsuk najis
Dalam hukum Islam ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis mutawassitah, dan najis mughallazhah.
1. Najis Mukhaffafah
Najis mukhaffafah artinya najis yang ringan, yakni air seni bayi laki-laki yang belum berumur dua tahun dan belum makan apapun kecuali air susu ibu. Cara menyucikannya sangat mudah, cukup dengan memercikkan atau mengusapkan air yang suci pada permukaan yang terkena najis.
يَغْسِلُ مِنْ بَوْلِ الجَارِيَةِ وَيرشّ مِنْ  بَوْلِ الْغُلَام (رواه أبو داود والنسائ)
Artinya: “Dibasuh karena kencing anak perempuan dan dipercikkan karena air kencing anak laki-laki” (H.R Abu Daud dan An-Nasai).
Berdasarkan hadis di atas, air seni bayi perempuan meskipun belum berusia dua tahun dan belum makan apapun selain ASI termasuk najis mutawassithah.
2. Najis Mutawasithah
Najis mutatasithah artinya najis pertengahan atau sedang. Yang termasuk najis ini ialah:
• Bangkai binatang darat yang berdarah merah sewaktu hidupnya
• Darah
• Muntah
• Nanah
• Kotoran manusia dan binatang
• Arak (khamar)
Pengertian bangkai di sini adalah hewan yang mati tanpa disembelih atau disembelih tapi dengan cara yang tidak syar’i.
Najis jenis ini ada dua macam, yaitu najis hukmiyah dan najis ‘ainiyah. Najis hukmiyah adalah najis yang diyakini adanya tetapi tidak nyata wujudnya (zatnya), bau dan rasanya seperti air kencing yang sudah kering yang terdapat pada pakaian atau lainnya. Cara menyucikannya adalah cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis. Jika seandainya bekas najis yang sudah dicuci sampai berulang-ulang masih juga tidak dapat dihilangkan semuanya, maka yang demikian itu dapat dimaafkan.
Sedangkan najis ‘ainiyah adalah najis yang tampak wujudnya (zat-nya) dan bisa diketahui melalui bau maupun rasanya. Cara menyucikannya adalah menghilangkan najis ‘ainiyahnya dengan cara membuang dan menggosoknya sampai bersih dan diyakini sudah hilang zat, rasa, warna, dan baunya dengan menggunakan air yang suci.
3. Najis Mughallazhah
Najis mughaladzah artinya najis yang berat. Najis ini bersumber dari anjing dan babi. Cara menyucikannya melalui beberapa tahap, yaitu dengan membasuh air sebanyak tujuh kali, salah satu di antaranya menggunakan air yang dicampur dengan tanah. Nabi Muhammad saw bersabda:
طَهُوْرُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيْهِ الْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَا سَبْعُ مَرَّاتٍ، أَوَّلاَهُنَّ بِالْتُّرَابِ
Artinya: Sucinya tempat dan peralatan salah seseorang kalian apabila dijilat anjing hendaklah dicuci tujuh kali, permulaannya dari tujuh kali itu harus dengan tanah atau debu. (HR. Muslim dari Abu hurairah).
=========
Catatan:
Sesuatu yang tidak termasuk najis:
• Upil, kotoran mata, iler, air liur dan ingus.
• Bangkai manusia
• Bangkai hewan laut
• Bangkai belalang
Kedua binatang tersebut bangkainya adalah tidak najis. Hal ini sebagaimana hadis
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّتْ لَكُمْ مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ (رواه ابن ماجه)
Artinya: “Dari Abdullah bin Umar, bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Halal bagi kalian dua bangkai dan dua darah. Adapun dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Sementara dua darah itu adalah hati dan limpa.” (HR. Ibnu Majah).

Artikel keren lainnya:

Contoh Jama’ Taksir di Al-Qur’an

Contoh Jama’ Taksir di Al-Qur’an | Jama’ Taksir Marfu’, Manshub dan Majrur
Dari segi bahasa kata jama’ berarti banyak sedangkan kata taksir artinya pecah. Adapun dalam istilah qawaid bahasa Arab, jama’ taksir adalah isim yang menunjukkan makna banyak dengan perubahan dari bentuk mufradnya. Berbeda dengan jama’ mudzakar dan jama’ muannats, perubahan pada jama’ taksir tidaklah beraturan, yakni ada yang ditambah, dikurangi atau diubah harakat saja.
Jama Taksir
Contoh yang jama’ taksir dengan penambahan huruf
جَبَلٌ – جِبَالٌ، مَالٌ - أَمْوَالٌ
Contoh yang jama’ taksir dengan pengurangan huruf
كِتَابٌ – كُتُبٌ، رَسُوْلٌ – رُسُلٌ
Contoh yang jama’ taksir dengan penambahan dan pengurangan huruf
غُلَامٌ – غِلْمَان،  كَافِرٌ - كُفَّار
Contoh yang jama’ taksir dengan pengubahan harakat
أَسَدٌ - أُسُدٌ
Contoh Jama’ Taksir di Al-Qur’an
Al-Baqarah 31
وَعَلَّمَ آَدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ الْمَلَكُ
Kata (الْأَسْمَاءَ) adalah jama’ taksir dari (الاِسْمُ) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya maf’ul.
Kata (الْمَلَائِكَةِ) adalah jama’ taksir dari (الْمَلَك) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya majrur.
• Al-Baqarah 91
قُلْ فَلِمَ تَقْتُلُونَ أَنْبِيَاءَ اللَّهِ مِنْ قَبْلُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
Kata (أَنْبِيَاءَ) adalah jama’ taksir dari (نَبِيّ) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya maf’ul.
• Al-Baqarah 155
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Kata (الْأَمْوَالِ) adalah jama’ taksir dari (الْمَال) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya majrur.
Kata (الْأَنْفُسِ) adalah jama’ taksir dari (النَّفْس) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya tabi’ lilmajrur.
• An-Nas 5-6
الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ، مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
Kata (صُدُورِ) adalah jama’ taksir dari (صَدْرَ) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya majrur.
Kata (الْجِنَّةِ) adalah jama’ taksir dari (الْجِنّ) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya majrur.
• Al-Humazah 7
الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ
Kata (الْأَفْئِدَةِ) adalah jama’ taksir dari (الْفُؤَاد) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya majrur.
• Al-Humazah 9
فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ
Kata (عَمَدٍ) adalah jama’ taksir dari (عِمَاد) i’rabnya khafadh, tandanya kasrah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya majrur.
• Az-Zalzalah 4
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
Kata (أَخْبَارَ) adalah jama’ taksir dari (خَبَار) i’rabnya nashab, tandanya fathah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya maf’ul.
• Al-Bayinah 4
فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ
Kata (كُتُبٌ) adalah jama’ taksir dari (كِتَابٌ), i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya mubtada’ muakhkhar.
• Al-Bayinah 8
تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ
Kata (الْأَنْهَارُ) adalah jama’ taksir dari (النَّهَارُ), i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya fa’il.
• Al-Mulk 4
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ
Kata (مَصَابِيحَ) adalah jama’ taksir dari (مِصْبَاح), i’rabnya khafadh, tandanya fathah, bentuknya isim ghair munsharif (shighat muntahal jumu’) dan kedudukannya majrur.

Artikel keren lainnya:

Do'a Kamilin (Do'a Setelah Tarawih) Dengan Latin dan Terjemah

Do'a Kamilin | Do'a Setelah Salat Tarawih
Setiap usai salat sunnah tertentu ada do’a khusus yang dibacakan. Begitu pula dengan salat sunnah tarawih. Setelah salat tarawih ada beberapa do’a yang lazim dibaca oleh para ulama. Diantaranya do’a kamilin. Do’a kamilin ini dibaca setelah tarawih dan salat witir.
Salat tarawih Berjamaah
Berikut do'a kamilin dilengkapi dengan cara bacanya dalam abjad latin dan juga artinya:
اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَإِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Latin:
“Allâhummaj‘alnâ bil îmâni kâmilîn. Wa lil farâidli muaddîn. Wa lish-shlâti hâfidhîn. Wa liz-zakâti fâ‘ilîn. Wa lima ‘indaka thâlibîn. Wa li ‘afwika râjîn. Wa bil-hudâ mutamassikîn. Wa ‘anil laghwi mu‘ridlîn. Wa fid-dunyâ zâhdîn. Wa fil ‘âkhirati râghibîn. Wa bil-qadlâ’I râdlîn. Wa lin na‘mâ’I syâkirîn. Wa ‘alal balâ’i shâbirîn. Wa tahta lawâ’i muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam yaumal qiyâmati sâ’irîna wa ilal haudli wâridîn. Wa ilal jannati dâkhilîn. Wa min sundusin wa istabraqîn wadîbâjin mutalabbisîn. Wa min tha‘âmil jannati âkilîn. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syâribîn. Bi akwâbin wa abârîqa wa ka‘sin min ma‘în. Ma‘al ladzîna an‘amta ‘alaihim minan nabiyyîna wash shiddîqîna wasy syuhadâ’i wash shâlihîna wa hasuna ulâ’ika rafîqan. Dâlikal fadl-lu minallâhi wa kafâ billâhi ‘alîman. Allâhummaj‘alnâ fî hâdzihil lailatisy syahrisy syarîfail mubârakah minas su‘adâ’il maqbûlîn. Wa lâ taj‘alnâ minal asyqiyâ’il mardûdîn. Wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa âlihi wa shahbihi ajma‘în. Birahmatika yâ arhamar râhimîn wal hamdulillâhi rabbil ‘âlamîn.”
Artinya:
“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban- kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuan-Mu, yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara para penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Artikel keren lainnya:

Pengertian Mad Aridh Lissukun dan Contohnya

Mad ‘aridh lissukun adalah huruf mad bertemu huruf sukun karena dibaca waqaf. Salah satu ketentuan ketika waqaf adalah mensukunkan huruf akhir dari kata yang diwaqafkan. Apabila sebelum huruf akhir terdapat huruf mad maka dihukumi mad aridh lissukun. Panjang mad aridh lissukun bisa 2, 4 atau 6 harakat. Contoh:
Contoh Mad Aridh Lissukun
Kali saya akan membahas tentang salah satu mad far’i yang banyak contohnya di dalam Al-Qur’an. Mad tersebut adalah mad ‘aridh lissukun. Bagi para pembaca sekalian yang ingin mengetahui apa itu mad ‘aridh lissukun berikut penjelasannya.
Pengertian Mad Aridh Lissukun
أَنْ يَقَعَ بَعْدَ حَرْفِ الْمَدِّ سَاكِنٌ عَارِضٌ لِلْوَقْفِ
Mad ‘aridh lissukun adalah setelah mad terdapat huruf sukun karena waqaf. Dalam membaca Al-Qur’an kita tidak membaca terus-terusan tanpa adanya berhenti. Berhenti dalam membaca Al-Qur’an disebut dengan waqaf. Salah satu ketentuan ketika waqaf adalah mensukunkan huruf akhir dari kata yang diwaqafkan. Apabila sebelum huruf akhir terdapat huruf mad maka dihukumi mad ‘aridh lissukun. Panjangnya bisa 2, 4 atau 6 harakat. Contoh mad ‘aridh lissukun:
نَسْتَعِيْنُ – يُوقِنُوْنَ – عَظِيْمٌ – قَدِيْرٌ
Diutamakan panjang 6 harakat apabila huruf yang disukunkannya adalah hamzah dan tentunya terdapat hukum mad wajib muttashil. Contoh:
السَّمَآءِ - حُنَفَآءَ
Dinamakan mad aridh lissukun karena mad ini termasuk mad far’i yang mana terdapat sukun setelah mad dan sukunnya terjadi karena waqaf atau bukan sukun ashli.
Yang perlu diingatkan bahwa mad ini hanya berlaku bila diwaqafkan saja. Sedangkan bila diwashalkan maka hukumnya kembali ke asal yaitu mad ashli. Tentunya di Al-Quran sangat banyak contoh mad ‘aridh lissukun. Berikut di antaranya:
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
اللَّهُ يَسْتَهْزِئُ بِهِمْ وَيَمُدُّهُمْ فِي طُغْيَانِهِمْ يَعْمَهُونَ
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ
وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ
يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ
إِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَئِذٍ لَخَبِيرٌ
إِنَّ الْإِنْسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ
وَإِنَّهُ عَلَى ذَلِكَ لَشَهِيدٌ
Apabila huruf terakhir yang disukunkan mempunyai ketentuan tertentu seperti qalqalah, tafkhim, tarqiq, dll maka harus diterapkan hukum tersebut. Contoh mad aridh lissukun yang dibarengi qalqalah kubra:
وَإِنَّهُ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيدٌ
وَالسَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ
وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ
Adapun apabila huruf terakhir dari kata yang diwaqafkan adalah ra’ maka ada dua hukum. Dihukumi tafkhim apabila sebelum ra’ adalah alif atau wawu dan dihukumi tarqiq apabila huruf sebelumnya ya’. Contoh:
الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ
وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ
إِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَئِذٍ لَخَبِيرٌ
Sekian dan demikian pembahasan tentang mad aridh lissukun. Semoga menambah kecintaan kita untuk senantiasa terus membaca Al-Qur’an. Terimakasih.

Artikel keren lainnya: