Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

7 Fakta tentang Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Qur’an dan terdiri dari 7 ayat. Surat ini termasuk makkiyah yang artinya diturunkan sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah. Tujuh ayat dalam surat Al-Fatihah berisi tentang kebesaran Allah swt dan do’a agar ditunjukkan jalan yang benar.

Inilah 7 fakta tentang surat Al-Fatihah:
1.     Rangkuman Al-Qur’an
Kalau Al-Qur’an itu dirangkum, maka surat Al-Fatihah adalah rangkumannya. Kalau Al-Fatihah dirangkum, maka basmalah rangkumannya. Kalau basmalah dirangkum, maka “arrahman arrahim” adalah rangkumannya.
2.     Paling banyak dibaca
Surat Al-Fatihah termasuk rukun shalat, jadi harus dibaca, kalau nggak dibaca berarti tidak sah shalatnya. Sedikitnya kalau kita shalat fardhu saja tanpa shalat sunat selama sehari semalam, berati kita telah membaca surat Al-Fatihah sebanyak 17 kali dalam 1 hari. Apalagi ditambah shalat sunat dan membaca surat Al-Fatihah di luar shalat, maka jumlahnya akan lebih banyak lagi.
3.     Paling banyak dihafal
Berbanding lurus dengan poin nomor dua, surat Al-Fatihah adalah surat yang paling banyak dihapal oleh umat manusia. Saya yakin semua orang Islam hapal surat ini walaupun terbata-bata bacaannya. Biasanya seorang muallaf menghapalkan surat Al-Fatihah terlebih dahulu dibanding surat yang lain karena surat ini bagian dari Shalat.
Pengalaman penulis, hapalnya surat Al-Fatihah bukan karena sengaja dihapal seperti surat yang lainnya, melainkan karena sering mendengar dari imam shalat. Saking seringnya mendengar surat Al-Fatihah dilantunkan, akhirnya nempel deh di otak.
4.     Pertama tapi bukan pertama
Kita telah sama-sama mengetahui bahwa surat Al-Fatihah menempati posisi sebagai surat pertama dalam Al-Qur’an, namun surat Al-Fatihah bukanlah surat pertama yang diturunkan oleh Allah swt. Terus surat apa yang pertama diturunkan??? Yuppps, surat Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah wahyu pertama yang Allah swt turunkan kepada Nabi Muhammad saw. Adapun surat Al-Fatihah diturunkan setelah surat Al-Mudatsir.
5.     Basmalah termasuk ayat
Semua surat kecuali At-Taubah diawali dengan basmalah, tapi hanya basmalah di awal surat Al-Fatihah yang termasuk ayat.
6.     Ada 7 Huruf yang tidak terdapat di Al-Fatihah
Ternyata ada 7 huruf hijaiyah yang tidak terdapat di surat Al-Fatihah yaitu (ث), (ج), (خ), (ز), (ش), (ض), dan (ف).
7.     Tidak ada di kitab suci selain Al-Qur’an
Selain keenam fakta di atas, ternyata Al-Fatihah juga merupakan surat yang sangat spesial karena tidak ada kitab-kitab terdahulu. Nabi saw bersabda:
“Maukah engkau aku beritahukan sebuah surat yang tidak ada dalam kitab Taurat, Injil, Zabur, dan demikian pula tidak ada dalam Al Furqan (Al-Qur’an) surat yang semisalnya? Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam memberitakan surat itu adalah Al Fatihah”. (HR. At Tirmidzi no. 2800).

Nah itu lah 7 fakta tentang surat Al-Fatihah yang mudah-mudahan menambah kecintaan kita kepada Al-Qur’an.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "7 Fakta tentang Surat Al-Fatihah"