Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Mabadi’ Ilmu Tajwid (Pengantar Sebelum Belajar Ilmu Tajwid)


Pengantar Ilmu Tajwid
Sobat HaHuwa

Ketika belajar di pesantren, sebelum kita mempelajari suatu disiplin ilmu, maka kita harus mengetahui mabadi’ atau prinsip dasar ilmu tersebut. Mabadi’ setiap disiplin ilmu ada 10. 
Berikut mabadi ilmu tajwid:

A.   Definisi
حدُّه أو تعريفُه: التجويد لغةً مَصْدَرٌ جَوَّدَ؛ أي: حسَّن؛ فالتجويد إذًا معناه: التَّحسين. والتجويد اصطلاحًاهو إخراجُ كُلِّ حَرْفٍ مِنْ مخرَجِهِ، مع إعطائِه حقَّه ومستحقَّه؛ فَحَقُّ الحَرْفِ هو مخرَجُه وصِفَاتُه التي لا تُفَارقُه؛ كَالْهَمْسِ والجَهْرِ. ومستحقُّه هو الصفاتُ التي يُوْصَفُ الحرفُ بها أحيانًا، وتفارِقُه أحيانًا؛ كالتفخيمِ والترقيق بالنسبة لِلرَّاءِ.

-       Menurut bahasa.
Tajwid menurut bahasa merupakan mashdar (جَوَّدَ) yang artinya menjadikan bagus, membuat lebih baik, memperindah. Maka tajwid bermakna (تَحْسِيْنُ)/membaguskan.
-       Menurut istilah.
Adalah mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya, serta memberikan huruf-huruf tersebut hak dan mustahaknya.Hak huruf adalah makhroj dan sifat huruf yang tidak akan terpisah darinya, seperti hams dan jahr. Mustahak huruf adalah sifat-sifat yang terkadang diterapkan dan kadang dihilangkan seperti tafkhim dan tarqiq pada ro’.
B.    Nama
اِسْمُهُ: عِلْمُ التَّجْوِيْدِ.
Ilmu ini sebutan “Ilmu Tajwid”.
C.    Objek
موضوعُه: الْمَوْضُوْع الذي يَبْحَثُ فيه علمُ التَّجويدِ هو الكَلِمَاتُ القُرْآنِيَّةُ، مِنْ حَيْثُ إعطاءُ الحُروْفِ حقَّها ومستحقَّها، دُوْنَ تكلُّفٍ فِي النُّطْقِ أَوْ تَعَسُّفٍ.
Sasaran ilmu tajwid adalah kata-kata dalam al-Quran, dari segi pengucapan huruf-hurufnya dengan tepat dan benar.
D.   Tujuan/Goal.
ثمرتُه: الثَّمْرَةُ الْمُرَجَوَّةُ مِنْ علم التَّجويد هي: صَوْنُ اللِّسَانِ عَنِ اللَّحْنِ عِنْدَ قِرَاءَةِ كِتَابِ اللهِ تعالى.
Tujuan yang diharapkan mempelajari ilmu tajwid adalah menjaga lisan dari kesalahan-kesalahan ketika membaca al-Quran.
E.    Perbandingan
نسبتُه: علمُ التَّجويد أحدُ العلوم الشرعيَّة المتعلقة بالقرآنِ الكريم؛
Ilmu tajwid merupakan salah satu ilmu syariah Islam yang berhubungan dengan al-Qur’an
F.     Peletak
واضعُه:
إن الذي وضَع هذا العلم - مِن الناحية العملية - هو سيدنا رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- عن طريق تلقِّيه عن جبريلَ - عليه السلام -، عن رب العزة - عزَّ وجلَّ - ثم أخذه الصحابةُ عن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- وتلقاه التابعون عن الصحابة، وهكذا إلى أن وصَل إلينا مجوَّدًا متواترًا في كل فترة نُقل فيها.
Dari segi praktik, perintis ilmu ini adalah Rasulullah saw dengan cara talaqqi dari Jibril as dari Alah swt. Para sahabat mengajarkan para tabi’in, para tabi’in mengajarkan kepada para tabi’i tabi’in dan seterusnya sampai ke zaman kita sekarang.
Namun secara teori yakni orang pertama meletakkan dasar-dasar kaidah tajwid terdapat perbedaan, diantaranya:
-       Para imam ahli qiroah.
-       Ada juga yang mengatakan Imam Abu Umar Hafsh bin Umar bin Abdul Aziz ad-Duuri al-Azdi al-Baghdaadi an-Nahwi, salah seorang perowi Imam Abu Amr bin Al – ‘Alaa’ al-Bashri dan Imam Abu Hamzah al-Kisa’i. Beliau adalah orang yang pertama kali mengumpulkan ilmu qiroah.
-       Orang yang pertama kali mengarang ilmu tajwid dalam bentuk mandhzumah adalah Imam Abu Muzahim Musa bin Ubaidillah bin Yahya bin Khoqon al-Baghdadi (wafat 325H) dalam karya beliau “Al-Mandzumah Al-Khoqoniyyah” terdiri dari 51 bait syair.
-       Orang yang pertama kali mengarang ilmu tajwid dalam bentuk natsr adalah Imam Makky bin Abi Tholib al-Qoisy (wafat 437H) dalam kitab beliau “Ar-Ri’ayah”.
-       Ada juga yang berpendapat Abu Aswad ad-Duali
G.   Keutamaan
فضلُه: يُعَدُّ علمُ التَّجويد مِنْ أَشْرَفِ العُلُوْمِ وأَعْلَاهَا منزلةً على الإطلاق، وذلك من جهةِ تعلُّقه بكتاب الله.
Ilmu tajwid dianggap salah satu ilmu yang mulia dan mempunyai kedudukan yang paling tinggi secara mutlak. Itu karena keterkaitan ilmu tajwid dengan kitab suci yang paling mulia.
H.   Pembahasan/materi yang dibahas.

مسائلُه: يَبْحَث علم التَّجويد في مجموعةٍ من القضايا والقواعدَ الكُلَيَّةِ، التي يتعرَّف بِهَا على جُزْئِيَاتِ هذا العلم، التي وضعَها أهلُ الأدَاءِ وعلماءُ القراءة، نحوُ أحكامُ المدِّ والقصر، والنون الساكنة، والتَّنوين.
Ilmu tajwid membahas peraturan dan kaidah-kaidah umum (yang berkaitan dengan cara membaca al-Quran), yang dimana dengan kaidah-kaidah tersebut seseorang mengetahui hukum-hukum yang terperinci yang telah ditetapkan oleh para ulama seperti hukum mad dan qoshr, dan hukum nun mati dan tanwin.
I.      Pengambilan ilmu tajwid
استمداده: استمدَّ أهل الأداء وعلماءُ القراءة هذا العلم من الكيفية التي أقرأ بها جبريلُ رسولَ الله -صلى الله عليه وسلم- وقرأ بها النبيُّ، وهذه الكيفية وصَلت إلينا عن طريقِ الصحابة - رضوان الله عليهم أجمعين - ثم التابعين، ثم أهل التلاوة والأداء المتصلِ سندُهم بسيدنا رسولِ الله - صلى الله عليه وسلم.
Para ulama menyandarkan ilmu tajwid dari praktik bacaan Jibril kepada Rasulullah saw hingga sampai kepada kita melalui para sahabat, para tabiin, kemudian ahli tilawah.
J.      Hukum mempelajarinya
حكمُ الشرعِ فيه: التجويد العملي: هو فرض عين على كل مسلم ومسلمة والتجويد العلمي (النظري): هو فرض كفاية.
Hukum mempelajari ilmu tajwid  diperinci menjadi dua:
-       Ilmu tajwid amali yaitu mengamalkan/mempraktikkannya adalah fardhu ain bagi semua muslim laki-laki dan wanita.
-       Mengetahui teori tajwid secara mendalam adalah fardhu kifayah atas seluruh umat.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Mabadi’ Ilmu Tajwid (Pengantar Sebelum Belajar Ilmu Tajwid)"

Post a Comment