Ditinjau dari huruf pembentuknya
terutama huruf terakhirnya, isim dapat dibagi menjadi isim shohih, maqshur,
manqush dan mamdud. Mengetahui karakeristik huruf akhir setiap isim sangat
penting karena akan berpengaruh terhadap ‘irob serta ketika ingin merubah ke
bentuk lain seperti mutsana dan lain-lain. Berikut penulis akan memaparkan
tentang keempat isim diatas.
A. Isim
Shohih
هُوَ مَا خُتِمَ بِحَرْفٍ
صَحِيْحٍ
Isim shohih adalah isim yang
diakhiri dengan huruf shohih. Ada pengertian lainnya yang menerangkan bahwa
isim shohih adalah:
هُوَ اسْمٌ مُعْرَبٌ لَيْسَ آخِرُهُ
أَلْفًا لَازِمَةً وَلَا يَاءً لَازِمَةً مَكْسُوْرًا مَا قَبْلَهَا
Isim mu’rob yang tidak diakhiri
dengan alif lazimah dan ya’ lazimah yang sebelumnya berharakat kasroh. Contoh (كِتابٌ), (اَللهُ) dan (كَرِيْمَةٌ).
Kedua pengertian di atas berbeda
redaksi tapi maksudnya sama. Yang dimaksud huruf shohih adalah selain huruf
illat yaitu (ا، و، ي). Pada
pengertian kedua lebih dijelaskan bahwa huruf illat yang dimaksud adalah alif
dan ya’ yang dikasrohkan huruf sebelum ya’. Maka kata (دَلْوٌ) dan (سَعْيٌ) bisa
dikategorikan isim shohih.
Dari ketiga contoh di atas, isim shohih itu adalah isim yang paling mudah
diketahui dan alamat i’robnya tampak secara jelas.
B. Isim
Maqshur
هُوَ اسْمٌ مُعْرَبٌ آخِرُهُ أَلِفٌ
ثَابِتَةٌ، سَوَاءٌ أُكْتِبَتْ بِصُوْرَةِ الْأَلِفِ كَالعَصَا أَمْ بِصُوْرَةِ الْيَاءِ
كَمُوْسَى
Isim maqshur adalah isim
mu’rob yang akhirnya berupa alif yang tetap, baik yang berbentuk alif seperti kata (عَصَا) ataupun yang berbentuk ya’
seperti kata (مُوْسَى). Selain itu, harkat sebelum alif adalah fathah.
Dari pengertian di atas, maka kata yang tidak
dikategorikan seperti di atas tidak termasuk isim maqshur walaupun diakhiri
alif lazimah. Dianataranya yang tidak termasuk isim maqshur:
a.
Fi’il,
seperti (دَعَا) dan (يَخْشَى).
b.
Huruf,
seperti (عَلَى) dan (إلَى).
c.
Isim-isim
mabni, diantaranya isim isyaroh seperti (تَا) dan (ذَا), isim syarat seperti (إذَا), dan Isim maushul seperti (مَا).
Alif tersebut disebut Alif Maqshurah. Alif yang terdapat pada isim maqshur
bukanlah alif asli, akan tetapi berupa:
·
Pengganti wawu,
seperti (العَصَا) asalnya dari (العَصَوُ)
·
Pengganti ya’, seperti (الفَتَى) asalnya dari
(الفَـتَـيُ)
·
Tambahan untuk ta’nis seperti (عَطْشَى) dan (ذِكْرَى) asalnya dari
(عَطْشٌ) dan (ذِكْرٌ).
·
Tambahan untuk ilhaq/imitasi seperti (أَرْطَى) dan (ذِفْرَى) mulhaq dengan
(جَعْفَرٌ) dan (دِرْهَمٌ).
·
Dalam penulisan alif maqshuroh ada beberapa
ketentuan:
·
Ditulis dengan bentuk (ا) alif ketika alif itu berada pada isim maqshur yang terdiri dari 3 huruf dan
jadi pengganti dari wawu, seperti (عَصَا), (عَلاَ) dan (حِجاَ).
·
Berbentuk (ى) ya’ tanpa
titik pada isim maqshur yang terdiri dari 3 huruf dan jadi pengganti dari ya’,
seperti (فَتَى), (هُدَى) dan (رَحَى).
·
Berbentuk (ى) ya’ tanpa
titik pada isim maqshur yang terdiri dari empat huruf atau lebih. Contoh: (بُشْرَى), (أَعْمَى) dan (مُسْتَشْفَى).
·
Apabila isim maqshur ditanwin, maka harkat akhirnya
fathatain karena harkat sebelum huruf terakhir adalah fathah. (كُنْ فَتًى يَدْعُو إِلَى هُدًى).
Isim manqush terbagi dua, yaitu qiyasi dan simai’:
1. Isim Maqshur Qiyasi
Isim maqshur qiyasi adalah isim maqshur musytaq dan ada
pada sepuluh macam isim mu’tal akhir,
yaitu:
a. Masdar dari fi’il
lazim yang naqish/mu’tal akhir wazan (فَعِلَ), seperti (رِضاً)
dan (غِنًى)
masdar dari (رَضِيَ) dan (غَنِيَ).
b. Wazan (فِعَلٌ)
jama’nya (فِعْلَةٌ),
seperti (مِرًى)
dan (حِلًى)
jama’nya (مِرْيَةٌ)
dan (حِلْيَةٌ).
c. Wazan (فُعَلٌ)
jama’nya (فُعْلَةٌ),
seperti (عُراً)
dan (دُمًى)
jama’nya (عُرْوَةٌ)
dan (دُمْيَةٌ).
d. Wazan (فَعَلٌ),
dari isim jinis, yang menunjukkan pada makna jama’ ketika tanpa ta’, dan
menunjukkan mufrad ketika ada ta’, seperti (قَطاً) dan (حَصًى)
jama’ dari (قَطَاةٌ)
dan (حَصَاةٌ).
e. Isim maf’ul, isim
makan dan isim zaman dari fi’il tsulatsi mazid yang naqish/mu’tal akhir,
seperti (مُعْطًى),
(مُصْطَفَى)
dan (مُسْتَشْفَى).
f. Wazan (مَفْعَلٌ),
yang berbentuk masdar mim, isim zaman dan isim makan, dari fiil naqish/mu’tal
akhir, seperti (مَحْياَ), (مَأْتَى)
dan (مَرْقَى).
g. Wazan (مِفْعِلٌ)
yang merupakan isim alat dari fiil naqish/mu’tal akhir, seperti (مِكْوَى),
(مِهْدَى)
dan (مِرْمَى).
h. Wazan (أَفْعَلَ)
sebagai sifat untuk tafdlil, seperti (أَدْنَى) dan (أَقْصَى),
atau untuk selain tafdlil, seperti (أَحْوَى) dan (أَعْمَى).
i. Mu’annatsnya (أَفْعَلُ)
yang untuk tafdlil dari isim yang shahih akhir atau mu’tal akhir, seperti (حُسْنَى)
dan (دُنْيَا)
mu’annats dari (أَحْسَنُ) dan (أَدْنَى).
j. Jama’ taksir
mu’annats dari (أَفْعَلُ) yang untuk
tafdlil, seperti (دُناً) dan (قُصاً)
jama’nya (دُنْيَا)
dan (قُصْوَى).
2. Isim Maqshur Sima’i
Isim maqshur sima’i adalah isim yang lafalnya yang
telah datang dalam keadaan berupa isim maqshur tanpa melalui qiyas, seperti (حِجاَ),
(فَتَى),
(ثَرَى),
(سَناَ),
(هُدَى)
dan (رَحَى).
C.
Isim
Manqush
هُوَ اسْمٌ مُعْرَبٌ آخِرُهُ يَاءٌ
ثابِتَةٌ مَكْسُوْرَةٌ مَا قَبْلَهَا
Isim Manqush adalah isim mu’rab yang huruf terkahirnya berupa ya’
tetap (lazimah) dan berharokat kasroh huruf sebelum ya’, seperti (القَاضِي) dan (الرَّاعِي).
Berikut ketentuan isim manqush:
Ø Apabila diawali (ال) atau diidlafatkan, maka
ya’nya tetap di semua keadaan ‘irob, seperti:
حَكَمَ الْقَاضِي عَلَى الْجَانِي
جَاءَ قَاضِي الْقُضَاةِ
حَكَمَ قَاضٍ عَلَى جَانٍ
Ø Apabila tidak diawali (ال) pada saat manshub, ya’ masih tetap, Contoh:
جَعَلَكَ اللهُ هَادِياً إِلَى الْحَقِّ دَاعِياً إِلَيْهِ
Ø Ya’
yang dibuang dikembalikan ketika isim manqush ditatsniyyahkan, Contoh (قَاضٍ) menjadi (قَاضِياَنِ).
D. Isim
mamdud
هُوَ اسْمٌ مُعْرَبٌ آخِرُهُ هَمْزَةٌ
قَبْلَهَا أَلِفٌ زَائِدَةٌ
Isim mamdud adalah isim mu’rob
yang akhirnya berupa hamzah dan sebelumnya didahului alif zaidah. Contoh : (صَحْرَاءٌ) dan (سَـمَاءٌ).
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan
bahwa hamzah dan alif zaidah/tambahan dapat ditemukan pada akhir isim mamdud,
jika tidak, maka isim tersebut tidak termasuk isim mamdud, seperti kata (ماءٌ) dan (داءٌ). Alif yang terdapat pada
isim tersebut bukanlah alif zaidah, akan tetapi sebagai ganti dari wawu.
Aslinya adalah (موءٌ) dan (دوءٌ) Hal ini bisa diketahui dengan melihat bentuk jamaknya yaitu (أمواءٌ) dan (أدواءٌ).
Sedangkan hamzah pada isim mamdud, dapat berupa:
Ø Hamzah asli, contoh : (وُضَاءٌ) dan (قُرَّاءٌ)
Ø Hamzah pengganti dari wawu dan
ya’, contoh: (سَمَاءٌ) dan (بِنَاءٌ) asalnya (سَمَاوٌ) dan (بِنَايٌ)
Ø hamzah zaidah untuk
ta’nits, seperti (حَسْناَءُ) dan (حَمْرَاءُ) karena
keduanya berasal dari (حُسْنٌ) dan (أَحْمَرُ)
Ø hamzah zaidah untuk
menjama’kan seperti (عُلَمَاَءٌ) dan (شُعَرَاءٌ) bentuk
jama’ dari (عَالِمٌ)
dan (شَاعِرٌ).
Ø Hamzah zaidah untuk ilhaq, contoh:
(قُوْبَاءٌ) dan (حِرْبَاءٌ).
Isim mamdud terbagi menjadi dua, yaitu qiyasi dan sima’i.
1.
Isim Mamdud Qiyasi
Isim mamdud yang qiyasi berada ditujuh macam isim mu’tal
akhir, yaitu:
a.
Masdar
dari fiil mazid mu’tal akhir yang awalnya berupa hamzah, seperti (إِعْطَاءً), (اِنْجِلاَءً) dan (اِسْتِقْصَاءً) yang merupakan masdar dari (أَعْطَى), (اِنْجَلَى) dan (اِسْتَقْصَى).
b.
Masdar dari
fiil naqish wawi yang mengikuti wazan (فَعَلَ يَفْعُلُ), seperti (رُغاَءً) dan (دُعَاءً) isim masdar dari (رَغاَ يَرْغُو) dan (دَعَا يَدْعُو).
c.
Masdar berwazan
(فِعاَلٌ) dari fiil naqish berwazan (فَاعَلَ), seperti (عِدَاءً) dan (نِدَاءً) masdar dari (عَادَى) dan (ناَدَى).
d.
Masdar
dengan wazan (تَفْعاَلٌ) atau (تِفْعاَلٌ), dari fiil naqish, seperti (تِعْدَاءً) dan (تِمْشَاءً) masdar dari (عَدَا يَعْدُو) dan (مَشَى يَمْشِي).
e.
Sifat mubalaghoh
dengan wazan (فَعَّالٌ) atau (مِفْعَالٌ), seperti (عَدَّاءٌ) dan (مِعْطَاءٌ).
f.
Isim
yang mempunyai empat huruf yang dijama’kan dengan mengikuti wazan (أَفْعِلَةٌ), seperti (كِسَاءٌ) yang jama’nya adalah (أَكْسِيَةٌ) dan (قُباَءٌ) yang jama’nya adalah (أَقْبِيَةٌ).
g.
Mu’annatsnya
(أَفْعَلُ) untuk selain tafdlil, baik shahih
akhir, seperti (حَمْرَاءُ), (حَوَّاءُ) dan (أَلْمَى) muanats dari (أَحْمَرُ), (أَحْوَى) dan (لَمْيَاءُ).
2.
Isim Mamdud Sima’i
Isim mamdud
sima’i adalah yang selain pada tujuh tempat di atas, dan hanya bisa diketahui
dengan cara dihafalkan tidak bisa diqiyaskan. seperti (فَتَاءُ), (سَنَاءُ), (غَنَاءُ) dan (ثَرَاءُ).
Belum ada tanggapan untuk "Isim Shohih, Maqshur, Manqush dan Mamdud"
Post a Comment