Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Materi PAI SMP: Ketentuan Shalat Jum'at

Ketentuan Shalat Jumat dan Khutbahnya

A. Pengertian Shalat Jumat

Shalat Jumat adalah shalat dua rakaat yang dilaksanakan secara berjamaah pada waktu Dzuhur di hari Jumat, yang diawali dengan dua khutbah. Shalat ini wajib bagi laki-laki muslim yang baligh dan memenuhi syarat.

Shalat Jumat

B. Dalil tentang Shalat Jumat

Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِن يَوْمِ الجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوا البَيْع ...

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan jual beli..."  (QS. Al-Jumu’ah: 9)

C. Syarat Wajib Shalat Jumat

Shalat Jumat wajib bagi muslim yang:

1. Laki-laki

2. Baligh (sudah dewasa)

3. Berakal

4. Sehat (tidak sakit berat)

5. Mukim (tidak sedang bepergian jauh)

6. Merdeka

D. Syarat Sah Shalat Jumat

Agar sah, shalat Jumat harus memenuhi ketentuan berikut:

1. Dilaksanakan di waktu Dzuhur.

2. Dilakukan secara berjamaah (minimal 40 orang menurut sebagian ulama, ada pendapat lain yang membolehkan lebih sedikit).

3. Didahului dua khutbah.

4. Bertempat di wilayah yang tetap ada penduduknya.

E. Ketentuan Khutbah Jumat

Rukun Khutbah (harus ada):

1. Memuji Allah (mebaca hamdalah atau sejenisnya).

2. Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

3. Berwasiat untuk bertaqwa kepada Allah.

4. Membaca ayat Al-Qur’an pada salah satu khutbah.

5. Membaca doa untuk kaum muslimin pada khutbah kedua.

Syarat Khutbah:

1. Dilaksanakan pada waktu Zuhur

2. Disampaikan sebelum shalat Jumat.

3. Terdapat duduk di antara dua khotbah.

4. Bersambung antara dua khutbah serta shalat Jumat.

5. Berdiri jika mampu.

6. Berbahasa Arab.

Untuk rukun khutbah disampaikan dalam bahasa Arab. Sedangkan penjelassan dan nasihat lainnya boleh disampaikan dengan bahasa yang dipahami jamaah.

Syarat Khatib

Khatib atau orang yang menyampaikan khutbah harus memenuhi syarat berikut:

1. Laki-laki

2. Baligh

3. Berakal sehat

4. Bersih dari hadas dan najis.

5. Menutup aurat.

6. Mampu berbicara dengan jelas,

7. Memahami syarat dan khutbah jum’at.

Ketentuan Jamaah ketika Khutbah

Apabila khatib sudah naik mimbar untuk menyampaikan khutbah, yang harus dilakukan jama’ah atau makmum adalah:

1. Berdiam diri

2. Mendengarkan khutbah dengan khusyu

3. Tidak berbicara atau mengobrol

4. Tidak memainkan barang

F. Sunah-Sunah di Hari Jum'at

Hari Jum'at adalah hari yang paling utama dalam seminggu. Rasulullah SAW mengajarkan banyak sunah yang memiliki keutamaan besar jika diamalkan.

1. Sunah-sunah Sebelum Berangkat ke Masjid

a. Mandi besar

b. Memakai Pakaian Terbaik dan Berhias

c. Memakai wewangian

d. Memotong kuku, mencukur kumis, dan membersihkan diri

e. Berangkat lebih awal dan berjalan kaki

2. Sunah-Sunah Sepanjang Hari Jum'at

a. Memperbanyak sholawat nabi

b. Membaca surah al-kahfi

c. Memperbanyak doa dan dzikir

3. Sunah-sunah di masjid & saat khutbah

a. Shalat tahiyatul masjid

b. Duduk dekat dengan khatib

c. Diam dan mendengarkan khutbah dengan khidmat

d. Tidak berbicara atau mengobrol

e. Tidak memainkan barang

G. Keutamaan Shalat Jumat

1. Menghapus dosa antara Jumat yang satu ke Jumat berikutnya.

Dalam hadits Imam Muslim menyebutkan:

“Barangsiapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni.” (HR. Muslim).

2. Mendapat pahala besar jika datang lebih awal.

3. Hari Jumat adalah hari terbaik dalam sepekan.

4. Hajinya orang yang tidak mampu

Rasulullah SAW bersabda: “Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir.”

5. Seakan puasa dan shalat selama satu tahun

“Barangsiapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

6. Diganjar pahala berkurban

“Siapa saja yang berangkat shalat Jumat pada jam pertama, seakan-akan berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan berkurban dengan seekor sapi.”

Artikel keren lainnya:

Nadzom Al-Muqaddimah Al-Jazariyah Bab Makhraj dan Sifat Huruf Plus Syair Terjemahnya

Kitab Al-Muqaddimah Al-Jazariyah berisi pokok-pokok ilmu tajwid dan pembahasannya lebih lengkap dibandingkan dengan kitab-kitab dasar ilmu tajwid lainnya. Penyampaian materi kaidah tajwid disajikan dalam bentuk syair yang memudahkan murid atau santri dalam menghafalnya. Kitab Al-Jazariyyah ini karya Muhammad ibn Muhammad Ibn al-Jazari dan merupakan salah satu kitab rujukan dalam ilmu tajwid yang banyak diajarkan di pesantren dan sekolah agama khususnya di Indonesia. 
Terjemah dan syair bahasa Indonesia: Tatung Mustari 
Disklaimer: 
“Dalam penerjemahan dan penyajiannya dalam syair bahasa Indonesia banyak penyesuaian baik itu pengurangan, penambahan, dan penggantian. Namun, Insyaallah tidak mengubah isi maksud dari syair aslinya.” 

Al-Jazariyah
Berikut nadzom matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyah bab makharijul huruf dan bab sifatul huruf yang dilengkapi dengan terjemahnya dalam bentuk syair juga agar memudahkan kita dalam menghafalnya. 

﴿بابُ مَخَـارِجِ الْحُـرُوْفِ 

مَخَارِجُ الحُروفِ سَبْعَةَ عَشَرْ ۞ عَلَى الَّذِي يَخْتَارُهُ مَنِ اخْتَبَرْ 

jumlah makhraj huruf ada tujuh belas * menurut para ulama sudah jelas 

لِلْجَوْفِ أَلِفٌ وَ أُخْتَاهَا وَهِي ۞ حُرُوفُ مَدٍّ لِلْهَوَاءِ تَنْتَهِي 

jauf makhraj alif dan dua temannya * yakni huruf mad di udara ujungnya 

ثُمَّ لِأَقْصَى الحَلْقِ هَمْزٌ هَاءُ ۞ وَمِنْ وَسَطِهِ فَعَيْنٌ حَاءُ 

Hamzah dan Ha’ dari pangkal tenggorokan * ‘Ain dan Ha’ dari tengah tenggorokan 

أَدْنَاهُ غَيْنٌ خَاؤُهَا وَالْقَافُ ۞ أَقْصَى اللِّسَانِ فَوْقُ ثُمَّ الْكَافُ 

Ghain dan Kha’ di ujungnya dan makhraj Qaf * pangkal lidah belakang lalu huruf Kaf 

أَسْفَلُ وَالوَسْطُ فَجِيمُ الشِّينُ يَا ۞ وَالضَّادُ مِنْ حَافَتِهِ إِذْ وَلِيَا 

di bawahnya. dan Jim, Syin, Ya’ tengah lidah * sedangkan huruf Dhad dari pinggir lidah 

اَلأضْرَاسَ مِنْ أَيْسَرَ أَوْ يُمْنَاهَا ۞ وَاللَّامُ أَدْنَاهَا لِمُنْتَهَاهَا 

dengan geraham yang kiri atau kanan * makhraj Lam tepi lidah bagian depan 

وَالنُّونُ مِنْ طَرَفِهِ تَحْتُ اجْعَلُوْا ۞ وَالرَّا يُدَانِيْهِ لِظَهْرٍ أَدْخَلُوْا 

ujung lidah di bawah Lam makhrajnya Nun * makhraj Ra’ ujung lidah di bawah Nun 

وَالطَّاءُ وَالدَّالُ وَتَا مِنْهُ وَمِنْ ۞ عُلْيَا الثَّنَايَا والصَّفِيْرُ مُسْتَكِنْ 

Tha’, Dal, dan Ta’ ujung lidah dengan pangkal * gigi seri atas. Sin, Shad, Zay berasal 

مِنْهُ وَمِنْ فَوْقِ الثَّنَايَا السُّفْلَى ۞ وَالظَّاءُ وَالذَّالُ وَثَا لِلْعُلْيَا 

ujung lidah, ujung gigi seri bawah * sedang Zha’, Dzal, Tsa yang atas jangan salah 

مِنْ طَرْفَيْهِمَا وَمِنْ بَطْنِ الشَّفَهْ ۞ فَالْفَا مَعَ اطْرَافِ الثَّنَايَا المُشْرِفَهْ 

bibir bawah dengan ujung seri atas * makhraj huruf Fa’, lafalkan dengan tuntas 

لِلشَّفَتَيْنِ الْوَاوُ بَاءٌ مِيْمُ ۞ وَغُنَّةٌ مَخْرَجُهَا الْخَيْشُوْمُ 

Wau, Ba’ dan Mim dari dua bibir * dan ghunnah dari hidung, makhraj terakhir 

﴿بَابُ الصِّفَاتِ الْحُـرُوْفِ 

صِفَاتُهَا جَهْرٌ وَرِخْوٌ مُسْتَفِلْ ۞ مُنْفَتِحٌ مُصْمَتَةٌ وَالضِّدَّ قُلْ 

sifat huruf: jahr, rakahwah, istifal * infitah, ishmat dan lawannya setimpal 

مَهْمُوسُهَا (فَحَثّهُ شَخْصٌ سَكَتْ) ۞ شَدِيدُهَا لَفْظُ (أَجِدْ قَطٍ بَكَتْ) 

huruf Hams: fahatsahu syahkhshun sakat * huruf syiddah lafadz ajid qathin bakat 

وَبَيْنَ رِخْوٍ وَالشَّدِيدِ ( لِنْ عُمَرْ) ۞ وَسَبْعُ عُلْوٍ خُصَّ ضَغْطٍ قظْ حَصَرْ 

antara rakhawah dan syiddah lin umar * dan isti’la khushsha dhaghthin qizh terdaftar 

وَصَادُ ضَادٌ طَاءُ ظَاءٌ مُطْبَقَهْ ۞ وَفِرَّ مِنْ لُبِّ الحُرُوفُ المُذْلَقَهْ 

Huruf Shad, Dhad, Tha, dan Zha sifanya ithbaq * lafadz parra min lubbin sifatnya idzlaq 

صَفِيرُهَا صَادٌ وَزَاىٌ سِينُ ۞ قَلْقَلَةٌ قُطْبُ جَدٍّ وَاللِّينُ 

dan sifat shafir hurufnya Shad, Zay, dan Sin * qalqalah quthbu jaddin serta sifat lin 

وَاوٌ وَيَاءٌ سَكَنَا وَانْفَتَحَا ۞ قَبْلَهُمَا وَالاِنْحِرَافُ صُحَّحَا 

yakni Wau dan Ya’ sukun ada fathah * sebelumnya, serta inhiraf bertambah 

في اللاَّمِ وَالرَّا وَبِتَكْرِيرٍ جُعلْ ۞ وَلِلتَّفَشِّي الشِّينُ ضَادًا اسْتُطِلْ

pada Lam Ra’ dan Ra’ ada takrir juga * Syin tafasyi, Dhad istithalah terjaga 

****** 

Catatan:

Ada riawayat lain:

لِلْجَوْفِ أَلِفٌ = فَأَلِفُ الْجَوْفِ

وَمِنْ وَسَطِهِ = ثُمَّ لِوَسْطِهِ

وَفَرَّ = وَفِرَّ

سَكَنَا = سُكِّنَا

اسْتُطِلْ = اسْتَطِلْ

Alhamdulillah. Semoga postingan ini bermanfaat. Bagi yang membutuhkan silahkan copy saja dan sebarkan sebanyak-banyaknya! 

Artikel keren lainnya: