Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Terjemah Tuhfatul Athfal dalam Bentuk Syair Bahasa Indonesia

Kitab Matan Tuhfatul Athfal adalah kitab yang membahas kaidah-kaidah dasar ilmu tajwid yang dirangkai dalam bait-bait syair yang indah. Secara harfiah, tuhfatul athfal diartikan hadiah untuk anak-anak dan bisa diartikan hadiah untuk pemula. Kitab ini merupakan salah satu kitab yang direkomendasikan apabila ingin belajar tajwid dan qiraah. Khususnya bagi yang ingin mengambil sanad riwayat Al-Quran harus mempunyai sanad kitab ini.

Tuhafatuk Athfal

Tuhfatul Athfal 

Karya: Syekh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al-Jamzuri 

Terjemah dan syair bahasa Indonesia: Tatung Mustari 

Disklaimer:  

Dalam penerjemahan dan penyajiannya dalam syair bahasa Indonesia banyak penyesuaian baik itu pengurangan, penambahan, dan penggantian. Namun, Insyaallah tidak mengubah isi maksud dari syair aslinya. 

Berikut nadzom Tuhfatul Athfal dalam bahasa Arab dan syair bahasa Indonesia: 

المقدمة 

Pendahuluan 

يَقُولُ رَاجِي رَحْمَةِ الْغَفُورِ ۞ دَوْمًا سُلَيْمَانُ هُوَ الْجَمْزُورِي 

Berkata yang mengharapkan rahmat Tuhan 

Al-Jamzuri dialah Syekh Sulaiman 

الْـحَمْـدُ للهِ مُصَلِّيًا عَلَى ۞ مُحَمَّدٍ وَآلهِ وَمَنْ تَلَا 

Puji hanya milik Allah dan shalawat 

atas Nabi Muhammad, sanak, dan ummat 

وَبَعْدُ هَذَا النَّظْمُ لِلْمُرِيدِ ۞ فِي النُّونِ وَالتَّنْوِينِ وَالْـمُـدُودِ 

setelahnya, nadzom ini menjelaskan 

tentang nun sukun hingga mad dijabarkan 

سَمَّيْتُهُ بِتُحْفَةِ الْأَطْفَالِ ۞ عَنْ شَيْخِنَا الْـمِيهِىِّ ذِي الْكَمَالِ 

nadzom ini bernama tuhfatul athfal 

dari gurunda Syekh Al-Mihi dikenal 

أَرْجُو بِهِ أَنْ يَنفَعَ الطُّلَّابَا ۞ وَالْأَجْرَ وَالْقَبُولَ وَالثَّوَابَا 

moga ada manfaat bagi pelajar 

balasan, qabul, dan pahala yang besar 

أحكام النون الساكنة والتنوين 

Hukum Nun Sukun dan Tanwin 

لِلنُّونِ إِنْ تَسْكُنْ وَلِلتَّنْوِينِ ۞ أَرْبَعُ أَحْكَامٍ فَخُذْ تَبْيِيْنِي 

empat hukum pada nun sukun dan tanwin 

simaklah penjelasannya agar yakin 

فَالأَوَّلُ الْإِظْهَارُ قَبْلَ أَحْرُفِ ۞ لِلْحَلْقِ سِتٍّ رُتِّبَتْ فَلْتَعْرِفِ 

pertama idzhar harus dibaca jelas 

pada enam huruf halaq ayo bahas 

هَمْزٌ فَهَاءٌ ثُمَّ عَيْنٌ حَاءُ ۞ مُهْمَلَتَانِ ثُمَّ غَيْنٌ خَاءُ 

HAMZAH dan HA’, ‘AIN dan HA’ tambah lagi 

GHAIN dan KHA’ semua makhrajnya halqi 

وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِسِتَّةٍ أَتَتْ ۞ فِي يَرْمُلُونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ 

kedua idgham artinya memasukkan 

hurufnya di YARMALUNA dikumpulkan 

لَكِنَّهَا قِسْمَانِ قِسْمٌ يُدْغَمَا ۞ فِيهِ بِغُنَّةٍ بِـ:يَنْمُو عُلِمَا 

idgham ada dua: bighunnah kesatu 

hurufnya empat pada YANMU bersatu 

إِلَّا إِذَا كَانَا بِكِلْمَةٍ فَلاَ ۞ تُدْغِمْ كـ:دُنْيَا ثُمَّ صِنْوَانٍ تَلَا 

kecuali di satu kata berada

contoh DUNYA SHINWANUN idgham tiada 

وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِغَيْرِ غُنَّهْ ۞ فِي اللَّامِ وَالرَّا ثُمَّ كَرِّرَنَّهْ 

yang kedua idgham tidak pakai ghunnah 

pada LAM RA’ jaga takrir jangan salah 

وَالثَّالِثُ الْإِقْلَابُ عِنْدَ الْبَاءِ ۞ مِيمًا بِغُنَّةٍ مَعَ الْإِخْفَاءِ 

yang ketiga iqlab bila bertemu BA’ 

bunyinya mim dengan ghunnah serta ikhfa 

وَالرَّابِعُ الْإِخْفَاءُ عِندَ الْفَاضِلِ ۞ مِنَ الْـحُـرُوفِ وَاجِبٌ لِلْفَاضِلِ 

yang keempat ikhfa’ bila setelahnya 

sisa huruf dari hukum sebelumnya 

فِي خَمْسَةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ رَمْزُهَا ۞ فِي كِلْمِ هَذَا البَيْتِ قَد ضَمَّنْتُهَا 

hurufnya ada lima belas disebut 

pada awal kalimah bait berikut 

صِفْ ذَا ثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا ۞ دُمْ طَيِّبـًا زِدْ فِي تُقًى ضَعْ ظَالِمَا 

yaitu SHAD, DZAL, TSA, KAF, JIM, SYIN, QAF SIN, DAL 

THA, ZAY, FA, TA, DHAD, ZHA mari kita hafal 

أحكام النون والميم المشددتين 

Hukum Mim dan Nun Bertasydid 

وَغُنَّ مِيمًا ثُمَّ نُونًا شُدِّدَا ۞ وَسَمِّ كُـلاًّ حَرْفَ غُنَّةٍ بَدَا 

mim dan nun yang bertasydid dibaca dengung 

itulah ghunnah suara dari hidung 

أحكام الميم الساكنة  

Hukum Mim Sukun 

وَالْمِيمُ إِنْ تَسْكُنْ تَجِي قَبْلَ الْهِجَا ۞ لاَ أَلِفٍ لَيِّنَةٍ لِذِي الْحِجَا 

mim sukun datang sebelum hijaiyah 

bukan datang sebelum alif layyinah 

أَحْكَامُهَا ثَلَاثَةٌ لِمَنْ ضَبَطْ ۞ إِخْفَاءٌ نِادْغَامٌ وَإِظْهَارٌ فَقَطْ 

hukumnya tiga macam mari belajar 

satu ikhfa’, dua idgham, tiga idzhar 

فَالْأَوَّلُ الْإِخْفَاءُ قَبْلَ الْبَاءِ ۞ وَسَمِّهِ الشَّفْوِيَّ لِلْقُرَّاءِ 

pertama ikhfa’ ada BA’ setelahnya 

disebut syafawi, tahanlah bacanya 

وَالثَّانِ إِدْغَامٌ بِمِثْلِهَا أَتَى ۞ وَسَمِّ إِدْغَامًا صَغِيرًا يَا فَتَى 

kedua idgham mim sukun bertemu mim 

disebut mitslain shagir wahai sang alim 

وَالثَّالِثُ الْإِظْهَارُ فِي الْبَقِيَّهْ ۞ مِنْ أَحْرُفٍ وَسَمِّهَا شَفْوِيَّهْ 

ketiga idzhar bertemu sisa huruf 

disebut idzhar syafawi sudah makruf 

وَاحْذَرْ لَدَى وَاوٍ وَفَا أَنْ تَخْتَفِي ۞ لِقُرْبِهَا وَلِاتِّحَادِ فَاعْرِفِ 

awas bertemu WAU dan FA’ jadi samar 

sebab dekat dan sama, mantapkan idzhar 

حكم لام أل ولام الفعل 

Hukum Lam Ta’rif dan Lam Fi’il 

لِلَامِ أَلْ حَالَانِ قَبْلَ الْأَحْرُفِ ۞ أُولَاهُمَا إِظْهَارُهَا فَلْيُعْرَفِ 

Hukum LAM pada AL ada dua macam 

satu idzhar pelajari sampai paham 

قَبْلَ ارْبَعٍ مَعْ عَشْرَةٍ خُذْ عِلْمَهُ ۞ مِنِ ابْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيمَهُ 

hurufnya empat belas terkumpul sudah 

pada IBGHI HAJJAKA WAKHAF AQIMAH 

ثَانِيهِمَا إِدْغَامُهَا فِي أَرْبَعِ ۞ وَعَشْـرَةٍ أَيْضًا وَرَمْزَهَا فَعِ 

kedua lam ta’rif harus idgham yakni 

pada empat belas awal nadzom ini 

طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ ۞ دَعْ سُوءَ ظَنٍّ زُرْ شَرِيفـًا لِلْكَرَمْ 

yaitu THA, TSA, SHAD, RA, TA, DHAD, DZAL, dan NUN 

DAL, SIN, ZHA, ZAY, SYIN, dan LAM sudah tersusun 

وَاللَّامَ الُاْولَى سَمِّهَا قَمْرِيَّهْ ۞ وَاللَّامَ الُاْخْرَى سَمِّهَا شَمْسِيَّهْ 

LAM yang pertama disebut qamariyyah 

dan LAM yang kedua disebut syamsiyyah 

وَأَظْهِرَنَّ لاَمَ فِعْلٍ مُطْلَقََا ۞ فِي نَحْوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْنَا وَالْتَقَى 

harus diidzharkan LAM fi’il seperti 

QUL NA’AM, QULNA, ILTAQA sudah pasti 

فى المثلين والمتقاربين والمتجانسين 

Mutamatsilain, Mutaqaribain, Mutajanisain 

إِنْ فِي الصِّفَاتِ وَالْـمَخَارِجِ اتَّفَقْ ۞ حَرْفَانِ فَالْمِثْلاَنِ فِيهِمَا أَحَقّْ 

jika sama sifat dan juga makhrajnya 

dua huruf, itulah mitslain namanya 

وَإِنْ يَكُونَا مَخْرَجـًا تَقَارَبَا ۞ وَفِي الصِّفَاتِ اخْتَلَفَا يُلَقَّبَا 

jika makhraj keduanya berdekatan 

tidak pada sifat maka dinamakan 

مُتْقَارِبَيْنِ أَوْ يَكُونَا اتَّفَقَا ۞ فِي مَخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّقَا 

mutaqaribain. dan jika makhraj sama 

tapi tidak sifatnya diberi nama 

بـالْـمُتَجَـانِسَيْنِ ثُمَّ إِنْ سَكَنْ ۞ أَوَّلُ كُلٍّ فَالصَّغِيرَ سَمِّيَنْ 

mutajanisain. bila sukun yang awal 

maka disebut idgham shagir dikenal 

أَوْ حُرِّكَ الْحَرْفَانِ فِي كُلٍّ فَقُلْ ۞ كُلٌّ كَبِيرٌ وَافْهَمَنْهُ بِالْـمُثُـلْ 

atau kedua hurufnya berharakat 

idgham  kabir dengan contoh diperkuat 

أقسام المد 

Pembagian Mad 

وَالْمَدُّ أَصْلِيٌّ وَفَرْعِيٌّ لَهُ ۞ وَسَمِّ أَوَّلًا طَبِيعِيًّا وَهُو 

mad ada dua macam: asli dan far’i 

yang pertama disebut juga thabi’i 

مَا لَا تَوَقُّفٌ لَهُ عَلَى سَبَبْ ۞ وَلَا بِدُونِهِ الْـحُـرُوفُ تُجْتَلَبْ 

mad asli pada sebab tidak tergantung 

dan tanpa mad semua huruf berlangsung 

بَلْ أَيُّ حَرْفٍ غَيْرُِ هَمْزٍ أَوْ سُكُونْ ۞ جَا بَعْدَ مَدٍّ فَالطَّبِيعِيَّ يَكُونْ 

huruf selain hamzah dan sukun ada 

setelah mad maka thabi’i berada 

وَالْآخَرُ الْفَرْعِيُّ مَوْقُوفٌ عَلَى ۞ سَبَبْ كَـهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْجَلَا 

kedua far’i yakni mad yang menanti 

pada sebab hamzah atau huruf mati 

حُرُوفُهُ ثَلَاثَةٌ فَعِيهَا ۞ مِنْ لَفْظِ وَايٍ وَهْيَ فِي نُوحِيهَا 

huruf mad ada tiga terkumpul pada 

WAYIN contoh NUHIHA semua ada 

وَالكَسْـرُ قَبْلَ الْيَا وَقَبْلَ الْوَاوِ ضَمْ ۞ شَرْطٌ وَفَتْحٌ قَبْلَ أَلْفٍ يُلْتَزَمْ 

kasrah sebelum YA’ dan setelah dhammah 

ada WAU dan ALIF setelah fathah 

وَالْلَِينُ مِنْهَا الْيَا وَ وَاوٌ سُكِّنَا ۞ إِنِ انْفِتَاحٌ قَبْلَ كُلٍّ أُعْلِنَا 

huruf lin adalah WAU dan YA’ sukun 

sebelumnya fathah semua tersusun 

أحكام المد 

Hukum Mad 

لِلْمَدِّ أَحْكَامٌ ثَلَاثَةٌ تَدُومْ ۞ وَهْيَ الْوُجُوبُ وَالْـجَـوَازُ وَالُّلزُومْ 

mad far’i juga terbagi tiga hukum 

wajib, jaiz, dan lazim sudah terangkum 

فَوَاجِبٌ إِنْ جَاءَ هَمْزٌ بَعْدَ مَدّْ ۞ فِي كِلْمَةٍ وَذَا بِـمُتَّصِلْ يُعَدّْ 

mad wajib muttashil jika hamzah muncul 

setelah mad pada satu kata kumpul 

وَجَائِزٌ مَدٌّ وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِلْ ۞ كُلٌّ بِكِلْمَةٍ وَهَذَا الْمُنْفَصِلْ 

mad jaiz munfashil jika ada hamzah 

setelah mad di lain kata terpisah 

وَمِثْلُ ذَا إِنْ عَرَضَ السُّكُونُ ۞ وَقْفًا كَـتَعْلَمُونَ  نَسْتَعِينُ 

dan mad aridh huruf mad bertemu sukun 

sebab waqaf contoh NASTA’IN TA’LAMUN 

أَوْ قُدِّمَ الْـهَمْـزُ عَلَى الْـمَـدِّ وَذَا ۞ بَدَلْ كَـآمَنُوا وَإِيمَانًا خُذَا 

atau ada hamzah dan mad kemudian 

jadi mad badal contoh AMANU IMAN 

وَلَازِمٌ إِنِ السُّكُونُ أُصِّلَا ۞ وَصْلًا وَوَقْفًا بَعْدَ مَدٍّ طُوِّلَا 

dan mad lazim: mad betemu sukun asli 

waqaf washal tetap panjang harus jeli 

أقسام المد اللازم  

Pembagian Mad Lazim 

أَقْسَامُ لَازِمٍ لَدَيْهِمْ أَرْبَعَهْ ۞ وَتِلْكَ كِلْمِيٌّ وَحَرْفِيٌّ مَعَهْ 

ada empat macam mad lazim terbagi 

kilmi dan harfi serta dirinci lagi 

كِلَاهُمَا مُخَفَّفٌ مُثَقَّلُ ۞ فَهَذِهِ أَرْبَعَةٌ تُفَصَّلُ 

yang mukhaffaf dan mutsaqqal jadi genap 

empat macam mad lazim dibahas lengkap 

فَإِنْ بِكِلْمَةٍ سُكُونٌ اجْتَمَعْ ۞ مَعْ حَرْفِ مَدٍّ فَهْوَ كِلْمِيٌّ وَقَعْ 

jikalau dalam kata, sukun bergabung 

dengan mad disebut kilmi jangan bingung 

أَوْ فِي ثُلَاثِيِّ الْـحُـرُوفِ وُجِدَا ۞ وَالْـمَـدُّ وَسْطُهُ فَحَرْفِيٌّ بَدَا 

dan huruf yang tiga bila dibunyikan 

tengahnya mad maka harfi dinamakan 

كِلَاهُمَا مُثَقَّلٌ إِنْ أُدْغِمَا ۞ مَخَفَّفٌ كُلٌّ إِذَا لَمْ يُدْغَمَا 

Keduanya mutsaqqal jikalau idgham 

termasuk mukhaffaf jika tidak idgham 

وَاللَّازِمُ الْـحَـرْفِيُّ أَوَّلَ السُّوَرْ ۞ وُجُودُهُ وَفِي ثَمَانٍ انْحَصَـرْ 

mad lazim harfi ada di awal surat 

yakni pada delapan huruf melekat 

يَجْمَعُهَا حُرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقَصْ ۞ وَعَيْنُ ذُو وَجْهَيْنِ والطُّولُ أَخَصّْ 

hurufnya di KAM ‘ASAL NAQASH tertuang 

‘ain dua cara, utama yang panjang 

وَمَا سِوَى الحَرْفِ الثُّلَاثِيْ لاَ أَلِفْ ۞ فَمَدُّهُ مَدًا طَبِيعِيًا أُلِفْ 

huruf yang bukan tiga selain alif 

masuk pada mad thabi’i satu alif 

وَذَاكَ أَيْضـًا فِي فَوَاتِحِ السُّوَرْ ۞ فِي لَفْظِ حَيٍّ طَاهِرٍ قَدِ انْحَصَـرْ 

itu pun termasuk fawatihus suwar 

pada HAYYIN THAHIR hurufnya tergambar 

وَيَجْمَعُ الْفَوَاتِحَ الْأَرْبَعْ عَشَـرْ ۞ صِلْهُ سُحَيْرًا مَنْ قَطَعْكَ ذَا اشْتَهَرْ 

huruf fawatihus suwar empat belas 

SHILHU SUHAYRAN MAN QATHA’KA teringkas 

الخاتمة 

Penutup 

وَتَمَّ ذَا النَّظْمُ بِحَمْدِ اللهِ ۞ عَلَى تَمَامِهِ بِلَا تَنَاهِي 

tamat nadzom dengan memuji Yang Agung 

atas kesempurnaan-Nya tanpa ujung 

أَبْيَاتُهُ نَدٌّ بَدَا لِذِي النُّهَى ۞ تَارِيخُهَا بُشْرَى لِمَنْ يُتْقِنُهَا 

baitnya enam puluh satu tersimpan 

tahun satu satu sembilan delapan 

ثُمَّ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ أَبَدَا ۞ عَلَى خِتَامِ الْأَنْبِيَاءِ أَحْمَدَا 

shalawat dan salam semoga selalu 

teruntuk penutup nabi terdahulu 

وَالْآلِ وَالصَّحْبِ وَكُلِّ تَابِعِ ۞ وَكُلِّ قَارِئٍ وَكُلِّ سَامِعِ 

keluarga, sahabat juga tabi’in 

yang membaca Quran serta mustami’in 

 

Demikian nadzom Tuhfatul Athfal ini, semoga bermanfaat di dunia dan akhirat. 

Artikel keren lainnya: