Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Contoh Pidato Singkat Bahasa Arab tentang Kemerdekaan

Contoh pidato singkat bahasa Arab tentang kemerdekaan!

Contoh pidato bahasa berikut ini bisa digunakan untuk perlombaan pidato bahasa Arab di madrasah atau pesantren. Tema materi yang dibawakan adalah tentang kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga bermanfaat!

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ،

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ، وَٱلصَّلَاةُ وَٱلسَّلَامُ عَلَىٰ أَشْرَفِ ٱلْأَنْبِيَاءِ وَٱلْمُرْسَلِينَ، سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ.

أَيُّهَا ٱلْحُضُورُ ٱلْكِرَامُ،

فِي هَذَا ٱلْيَوْمِ ٱلْعَظِيمِ، نَحْتَفِلُ بِذِكْرَىٰ إِسْتِقْلَالِ بَلَدِنَا ٱلْحَبِيبِ، إِنْدُونِيسِيَا. إِنَّهُ يَوْمٌ تَارِيخِيٌّ يُعِيدُ إِلَىٰ ذَاكِرَتِنَا تِلْكَ ٱللَّحْظَةِ ٱلْمَجِيدَةِ ٱلَّتِي أَعْلَنَّا فِيهَا حُرِّيَتَنَا وَٱنْتِصَارَنَا عَلَى ٱلِٱسْتِعْمَارِ.

إِنَّ ٱلْإِسْتِقْلَالَ لَيْسَ مُجَرَّدَ حُرِّيَةٍ مِنَ ٱلسَّيْطَرَةِ ٱلْخَارِجِيَّةِ، بَلْ هُوَ أَيْضًا ٱلْتِزَامٌ بِمَسْؤُولِيَّةِ بِنَاءِ وَتَطْوِيرِ أُمَّتِنَا. إِنَّ ٱلْأَجْدَادَ ضَحَّوْا بِحَيَاتِهِمْ مِنْ أَجْلِنَا، وَعَلَيْنَا أَنْ نُوَاصِلَ ٱلْمَسِيرَةَ بِإِيمَانٍ وَعَزِيمَةٍ.

إِخْوَانِي وَأَخَوَاتِي،

إِنَّنَا مَدْعُوُّونَ لِلْحِفَاظِ عَلَىٰ ٱلْوَحْدَةِ وَٱلتَّعَاوُنِ لِتَحْقِيقِ ٱلْإِزْدِهَارِ وَٱلرُّقِيِّ لِأُمَّتِنَا. فَلْنَعْمَلْ سَوِيًّا عَلَىٰ تَحْقِيقِ ٱلْعَدَالَةِ وَٱلْمُسَاوَاةِ، وَنَشْرِ ٱلْعِلْمِ وَٱلْمَعْرِفَةِ، وَبِنَاءِ مُجْتَمَعٍ مَتَمَاسِكٍ وَمُزْدَهِرٍ.

فَلْنَسْتَلْهِمْ مِنْ تَارِيخِنَا ٱلْمَجِيدِ قُوَّةَ ٱلْأَمَلِ وَٱلْعَزِيمَةِ، وَلْنُوَاصِلِ ٱلْعَمَلَ بِجِدٍّ وَإِخْلَاصٍ مِنْ أَجْلِ مُسْتَقْبَلٍ أَفْضَلَ لَنَا وَلِلْأَجْيَالِ ٱلْقَادِمَةِ.

وَفِي ٱلْخِتَامِ، أَسْأَلُ ٱللَّهَ تَعَالَىٰ أَنْ يُبَارِكَ لَنَا فِي إِسْتِقْلَالِنَا، وَأَنْ يَمْنَحَنَا ٱلْقُوَّةَ وَٱلْحِكْمَةَ لِتَحْقِيقِ أَهْدَافِنَا ٱلْوَطَنِيَّةِ. حَفِظَ ٱللَّهُ إِنْدُونِيسِيَا وَشَعْبَهَا.

وَٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Terjemah:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi yang paling mulia, Nabi Muhammad, serta keluarganya dan seluruh sahabatnya.

Hadirin yang terhormat,

Pada hari yang agung ini, kita merayakan peringatan kemerdekaan negara kita tercinta, Indonesia. Ini adalah hari bersejarah yang mengingatkan kita pada saat yang mulia ketika kita menyatakan kebebasan kita dan kemenangan kita atas penjajahan.

Kemerdekaan bukan hanya kebebasan dari kontrol eksternal, tetapi juga komitmen terhadap tanggung jawab membangun dan mengembangkan bangsa kita. Para leluhur telah mengorbankan hidup mereka untuk kita, dan kita harus melanjutkan perjuangan dengan iman dan tekad.

Saudara-saudariku,

Kita dipanggil untuk menjaga persatuan dan kerja sama demi mencapai kemakmuran dan kemajuan bagi bangsa kita. Mari kita bekerja bersama untuk mencapai keadilan dan kesetaraan, menyebarkan ilmu pengetahuan, dan membangun masyarakat yang solid dan makmur.

Mari kita ambil inspirasi dari sejarah kita yang mulia untuk kekuatan harapan dan tekad, dan mari kita terus bekerja keras dan dengan tulus demi masa depan yang lebih baik bagi kita dan generasi mendatang.

Dan akhirnya, saya memohon kepada Allah SWT untuk memberkati kemerdekaan kita, dan memberikan kita kekuatan dan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan nasional kita. Semoga Allah melindungi Indonesia dan rakyatnya.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Pidato Singkat Bahasa Arab tentang Kemerdekaan"

Post a Comment