Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) meliputi: 

1. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. periode Makkah. 

2. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. periode Madinah. 

3. Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin. 

4. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah.

5. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah. 

6. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah. 

7. Memahami perkembangan Islam di Indonesia.

SKI

Adapun materi yang akan diajarkan untuk MTs kelas 7 adalah poin 1 sampai 4. Berikut contoh breakdown materi pembelajaran SKI untuk MTs kelas 7 semester 1 dan 2:

BAB I DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DI MAKKAH

A. KONDISI MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM

1. Kepercayaan Masyarakat Arab pra Islam

2. Kondisi Sosial Masyarakat Arab Pra Islam 

3. Kondisi Ekonomi Masyarakat Arab pra Islam

4. Kondisi Politik Masyarakat Arab pra Islam

B.DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW. DI MEKAH

1. Riwayat Hidup Nabi Muhammad Saw

2. Permulaan Dakwah Nabi Muhammad Saw.

3. Perhatian dan Prioritas Dakwah Nabi Muhammad Saw

4. Respon Masyarakat Mekah Terhadap Dakwah Dakwah Nabi Muhammad Saw.

5. Tantangan Dakwah Nabi Muhammad Saw

6. Kunci Keberhasilan Nabi Muhammad Saw. dalam Dakwah di Mekah

C. STRATEGI DAKWAH NABI MUHAMMAD DI MEKAH

1. Dakwah Rahasia (Sirriyah)

2. Dakwah Terang-terangan (Jahr )

3. Hijrah ke Habsyi

4. Hijrah ke Thaif

5. Perjanjian Aqabah


BAB II PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW DI MADINAH

A. KONDISI MASYARAKAT MADINAH SEBELUM ISLAM

1. Kepercayaan Masyarakat Madinah Sebelum Islam

2. Kondisi Sosial Masyarakat Madinah Sebelum Islam

3. Kondisi Ekonomi Masyarakat Madinah Sebelum Islam

4. Kondisi Politik Masyarakat Madinah

B. PERISTIWA HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW. KE MADINAH

1. Pengertian Hijrah

2. Faktor Nabi Muhammad Melakukan Hijrah Ke Madinah

3. Reaksi Kafir Quraisy terhadap Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah

4. Proses Hijrah Nabi Muhammad Ke Madinah

C. STRATEGI DAKWAH NABI MUHAMMAD DI MADINAH

1. Langkah-Langkah Awal Dakwah Nabi Muhammad di Madinah

2. Langkah-langkah Nabi Muhammad Membangun Perekonomian Masyarakat Madinah

D. RESPON PADA DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DI MADINAH

1. Pertempuran Badar

2. Tragedi Uhud

3. Pertempuran Khandak

4. Perjanjian Hudaibiyah

5. Pembebasan kota Mekah (Fathu Makkah)

6. Haji Wada’ (haji pamitan)


BAB III KHULAFAUR RASYIDIN

A. LATAR BELAKANG MUNCULNYA KHULAFAUR RASYIDIN

1. Pengertian Khulafaur Rasyidin

2. Latar Belakang Munculnya Khulafaur Rasyidin

B. BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN

1. Abu Bakar As-Siddiq

2. Umar bin Khattab 

3. Usman bin Affan

4. Ali bin Abi Thalib

C. PRESTASI KHULAFAUR RASYIDIN

1. Prestasi Abu Bakar Assidiq

A. Menumpas kelompok pembangkang

B. Kodifikasi Al-Qur’an

C. Perluasan Wilayah

2. Prestasi Umar bin Khattab

A. Perluasan wilayah dakwah Islam

3. Prestasi Usman bin Affan

A. Kodifikasi Mushaf al Qur'an

B. Renovasi Masjid Nabawi

C. Pembentukan Angkatan Laut

D. Perluasan Wilayah Dakwah Islam

4. Prestasi Ali bin Abi Thalib

A. Mengganti pejabat yang kurang cakap


BAB IV DAULAH UMAYYAH

A. SEJARAH DAULAH UMAYYAH

1. Latar Belakang Berdirinya Daulah Umayyah

2. Khalifah Daulah Umayyah

B. PERKEMBANGAN PERADABAN PADA MASA DAULAH UMAYYAH

1. Perkembangan di Bidang Sosial 

2. Perkembangan di Bidang Budaya

3. Perkembangan / Prestasi di Bidang Politik Militer

C. TOKOH ILMUWAN MUSLIM TERKEMUKA DAULAH UMAYYAH

1. Tokoh Ahli Ilmu Hadis

2. Tokoh Ahli Tafsir

3. Tokoh Ahli Ilmu Fikih

4. Tokoh Ahli TaSawuf

5. Tokoh Ahli Bahasa dan Sastra

6. Tokoh Ahli Sejarah dan Geografi

7. Tokoh Ahli Ilmu Kedokteran


BAB V GAYA KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIZ

A. BIOGRAFI UMAR BIN ABDUL AZIZ

B. GAYA KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIZ

C. KESALEHAN UMAR BIN ABDUL AZIZ

D. PRESTASI KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2"

Post a Comment