Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Nabi yang Berbangsa Arab

Nabi Bangsa Arab adalah nabi berbangsa arab dan bertutur bahasa arab. Disebutkan dalam Al-Qur'an bahwa nabi yang berasal dari daratan arab adalah Hud, Shalih, Ismail, Syuaib, dan Muhammad. Al-Badawi Al-Syanqiti berkata dalam kata dalam “Umud An-Nasab”:

والعرب إسماعيل منهم دون ريب، هود وصالح محمد شعيب.

Dan dari para nabi ada nabi bangsa Arab tanpa keraguan, yaitu Ismail, Hud, Shalih, Muhammad, dan Syuaib.

Makkah Tempo Dulu

Nabi Hud AS: Diutus kepada kaum ‘Ad. Mereka adalah kaum Arab jauh yang tinggal di bukit-bukit di Yaman antara Oman dan Hadramaut.

كَذَّبَتْ عَادٌ الْمُرْسَلِينَ،   إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ هُودٌ أَلَا تَتَّقُونَ، إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ،  فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُونِ، وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ.

“Kaum 'Aad telah mendustakan para rasul. Ketika saudara mereka Hud berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan sekali-kali aku tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.” (QS. Asy-Syuara: 123-127)

Nabi Shalih AS: Diutus kepada kaum Tsamud dan dulunya mereka tinggal di Al-Hijr antara Hijaz dan Tabuk.

كَذَّبَتْ ثَمُودُ الْمُرْسَلِينَ،  إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ صَالِحٌ أَلَا تَتَّقُونَ إِنِّي لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ

“Kaum Tsamud telah mendustakan rasul-rasul. Ketika saudara mereka, Shaleh, berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu,” (QS. Asy-Syuara: 141-143)

Nabi Ismail AS: pernah tinggal di Makkah. Dia diutus kepada orang-orang Amalik, dan orang-orang Yaman dan sekitarnya.

وَإِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ،

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anbiya: 85)

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِسْمَاعِيلَ إِنَّهُ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُولًا نَبِيًّا

“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi.” (QS. Maryam: 54)

Nabi Syuiab AS: Diutus kepada ahli Madyan. Mereka adalah orang Arab yang tinggal di Madyan, yaitu sebuah desa di tanah Ma'an di pinggiran Syam, di pantai Laut Merah di tenggara Gunung Sinai.

وَإِلَى مَدْيَنَ أَخَاهُمْ شُعَيْبًا قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَهٍ غَيْرُهُ قَدْ جَاءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ فَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ أَشْيَاءَهُمْ وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Dan (Kami telah mengutus) kepada penduduk Madyan saudara mereka, Syu'aib. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Maka sempurnakanlah takaran dan timbangan dan janganlah kamu kurangkan bagi manusia barang-barang takaran dan timbangannya, dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman." (QS. Al-Araf: 85)

Nabi Muhammad SAW: Diutus kepada seluruh ummat manusia. Tinggal di Makkah, Madinah, dan sekitarnya.

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا   

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu[1223]., tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Ahzab:40)

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Nabi yang Berbangsa Arab"

Post a Comment