A. Pengertian Ilmu Bayan
Definisi ilmu bayan bisa ditinjau dari segi bahasa dan segi istilah.
1. Etimologi
Secara etimologi, kata al-Bayan (البيان) semakna dengan azh-zhuhūr (الظهور), al-kasyf (الكشف) dan al-idhah (الإيضاح) yang berarti menjelaskan atau menerangkan.
Sebagaimana disebutkan pada beberapa surat dalam al-Qur’an.
Di antaranya adalah firman Allah swt.:
كَذَلِكَ يُبَيِّنُ
اللَّهُ آَيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
“Demikianlah Allah
menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka bertakwa.” (QS. al-Baqarah [2]:
187)
يُرِيدُ
اللَّهُ لِيُبَيِّنَ لَكُمْ
“Allah hendak menerangkan (hukum syariat-Nya) kepada kalian….” (QS.
an-Nisā’ [4]: 26).
الرَّحْمَنُ (1) عَلَّمَ الْقُرْآَنَ (2) خَلَقَ الْإِنْسَانَ (3) عَلَّمَهُ الْبَيَانَ (4)
“Ar-Rahmān, Yang mengajarkan al-Qur’an, Menciptakan manusia dan
mengajarkannya al-Bayan.” (QS. ar-Rahmān [55]: 1-4).
Al-Bayan disebutkan juga dalam Hadis pada beberapa tempat, di
antaranya:
Pertama, Sabda Rasulullah saw:
إِنَّ مِنَ البَيَانِ
لَسِحْرًا
“Sesungguhnya sebagian dari al-Bayan itu membuat orang tersihir
(terkesima/terhipnotis) dengan kata-kata.”
Dalam konteks ini al-Bayan berarti menyampaikan maksud dan tujuan
dengan menggunakan lafaz yang paling indah. Itu semua tentu melalui pemahaman
dan kecerdasan hati (spiritual).
Kedua, Sabda Rasulullah saw.:
البِذَاءُ وَالبَيَانُ
شُعْبَتَانِ مِنَ النِّفَاقِ
“Berkata yang kotor/jorok dan al-Bayan adalah cabang dari sifat
kemunafikan.”
Dalam konteks ini al-Bayan berarti bertindak berlebihan atau over
acting dalam berbicara. Biasanya itu muncul disebabkan perasaan ‘ujub (tindakan
agar dikagumi oleh orang yang melihatnya dan itu merupakan penyakit hati).
Pada kedua Hadis tersebut di atas, al-Bayan menunjukkan arti
menjelaskan dan menerangkan (al-kasyfu wa al-īdhāh).
2. Terminologi
Menurut terminologi, ilmu bayan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari cara mengungkapkan
bahasa dengan susunan kalimat yang beragam, di mana yang sebagian lebih jelas
penunjukan maknanya atau lebih berkesan dari yang lain. Jadi ilmu bayan adalah uslub mengungkapkan suatu maksud dengan
redaksi yang berbeda-beda. Ilmu bayan juga berkaitan dengan keindahan berbahasa
yang pengungkapannya menggunakan kata-kata indah dan mampu meninggalkan kesan
yang mendalam di hati pendengar atau pembaca.
Sekarang perhatikan 3 ungkapan berikut yang
menunjukkan seseorang yang mempunyai sifat dermawan!
هُوَ كالبَحْر فِي
الكَرَمِ
“Dia seperti lautan dalam
kemurahannya”
رَأَيْتُ بَحْرًا فِيْ
مَنْزِلِنَا
“Saya melihat lautan di
rumah kami”
هُوَ كَثِيرُ
الرَّمَادِ
“Dia banyak abunya”
Pola kalimat pertama menggunakan uslūb at-tasybīh,
yang kedua menggunakan uslūb al-majāz; dan ketiga menggunakan uslūb al-kināyah.
Pada kalimat pertama, pembicara atau penulis
menyerupakan seseorang dengan lautan dalam kemurahannya. Pada kalimat kedua,
pembicara atau penulis melihat lautan yang merupakan kata al-majāz (Isti‘ārah)
dari orang yang memiliki sifat pemurah. Pada kalimat ketiga, pembicara atau
penulis menyatakan seseorang banyak abunya yang merupakan kinayah dari sifat
pemurah. Seseorang memiliki banyak abu
di dapur karena banyak kayu bakar. Seseorang memiliki banyak kayu bakar karena
keseringan atau banyak yang dimasak. Seseorang yang banyak atau sering masak
karena banyaknya atau seringnya tamu yang bertandang (datang) ke rumahnya.
Orang yang seperti itu pasti memiliki sifat pemurah.
B. Topik Bahasan Ilmu Bayan
Ada 3 bahasan pokok dalam ilmu bayan, yaitu: At-Tasybīh
(التشبيه), Al-Majaz (المجاز), dan Al-Kinayah (الكناية).
Ilmu Bayan |
1. Tasybih
Tasybih adalah menjelaskan bahwa suatu perkara
bersekutu dengan yang lainnya dalam satu sifat atau lebih dengan menggunakan
perantara yaitu kaf (ك) dan sejenisnya baik secara tersurat
maupun tersirat. Contoh:
خَالِدٌ كَالْأَسَدِ
فِي الشَّجَاعَةِ
Artinya: "Khalid seperti singa dalam keberanian”.
الْعِلْمُ
كَالنُّوْرِ فِي الْهِدَايَةِ
Artinya: “Ilmu itu seperti
cahaya dalam hal memberi petunjuk.”
Dari contoh yang pertama didapati bahwa khalid diserupakan dengan
singa karena keduanya mempunyai sifat yang sama yaitu sama-sama berani.
Disyaratkan pula bahwa musyabbah bih itu lebih kuat daripada musyabbah.
Dalam susunan uslub tasybih, terdapat 4 rukun tasybih, yaitu:
a. Musyabbah (المـُشَبَّهُ) yaitu sesuatu yang diserupakan
b. Musyabbah bih (المـُشَبَّهُ بهِ) yaitu sesuatu yang diserupakan dengan
c. Adat tasybih (أَداةُ التَّشْبيهِ) alat atau perantara tasybih
d. Wajah syabah (وَجْهُ الشَّبَهِ) sifat yang menjadi letak kesamaan.
Rukun tasybih yang pertama dan kedua disebut denga tharaf (طَرَف) dan wajib dimunculkan dalam tasybih. Sedangkan rukun ketiga
dan keempat boleh dimunculkan atau dihilangkan.
Mari kita telaah kembali contoh tasybih yang kedua:
الْعِلْمُ
كَالنُّوْرِ فِي الْهِدَايَةِ
Dari contoh tersebut kata yang menjadi musyabbah
adalah kata (الْعِلْمُ), musyabbah bih adalah kata (النُّوْرِ), adat tasybihnya kata (ك), dan wajah syabahnya adalah kata (الْهِدَايَةِ).
Karena adat dan wajah boleh tidak disebutkan, maka
susunan berikut juga termasuk tasybih:
الْعِلْمُ نُوْرٌ
2. Majaz
Majaz adalah kata yang digunakan bukan pada makna
aslinya karena adanya hubungan (alaqah) dan alasan yang menghalangi untuk
difahami dengan makna aslinya atau makna kamus. Dalam ilmu bayan, majaz dibagi
menjadi dua, yaitu majaz aqli dan majaz lughawi.
a. Majaz Aqli
Majaz aqli adalah menyandarkan perbuatan
(aktivitas) kepada suatu atau benda yang bukan aslinya karena adanya ‘alaqah
ghair al-musyabahah (hubungan tidak adanya unsur kesamaan antara makna asli dan
makna yang mengalami perubahan) dan qarinah (susunan kalimat) yang mencegah
terjadinya penyandaran makna ke lafaz tersebut. Dinamakan
aqli, karena majaz jenis ini bisa diketahui penunjukan maknanya dengan menggunakan akal.
Contoh:
وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا
هَامَانُ ابْنِ لِي صَرْحًا لَعَلِّي أَبْلُغُ الْأَسْبَابَ (36)
أَسْبَابَ السَّمَاوَاتِ فَأَطَّلِعَ إِلَى إِلَهِ مُوسَى وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ
كَاذِبًا وَكَذَلِكَ زُيِّنَ لِفِرْعَوْنَ سُوءُ عَمَلِهِ وَصُدَّ عَنِ السَّبِيلِ
وَمَا كَيْدُ فِرْعَوْنَ إِلَّا فِي تَبَابٍ (37)
Artinya: “Dan berkatalah Fir'aun: "Hai Haman,
buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya Aku sampai ke pintu-pintu,
(yaitu) pintu-pintu langit, supaya Aku dapat melihat Tuhan Musa dan sesungguhnya
Aku memandangnya seorang pendusta". Demikianlah dijadikan Fir'aun
memandang baik perbuatan yang buruk itu, dan dia dihalangi dari jalan (yang
benar); dan tipu daya Fir'aun itu tidak lain hanyalah membawa kerugian.” (QS. Ghafir [40]: 36-37).
Pada ayat ini disebutkan bahwa perbuatan (aktivitas) membangun
gedung yang menjulang disandarkan kepada seorang bernama Haman padahal ia bukan
pelaku sebenarnya. Yang membangun itu adalah para pekerja, tetapi Haman
bertindak sebagai pengawas proses pembangunan itu.
b. Majaz Lughawi
Majaz lughawi adalah kata yang tidak difahami
dengan makna aslinya karena ada alaqah dan qarinah yang mencegah makna asli.
Dalam majaz lughawi, suatu makna difahami dengan makna lain karena unsur
kebahasaan. Majaz lughawi terbagi lagi menjadi istiarah dan majaz mursal.
● Istiarah
Istiarah adalah kata yang tidak difahami dengan
makna aslinya dan mulanya uslub tasybih yang dibuang salah satu tharafnya. Maka
alaqah atau hubungan makna asli dan makna yang dimaksud dalam istiarah adalah
musyabahah.
Contoh:
رَأَيْتُ بَحْرًا فِي
السُّوْقِ
Artinya: saya melihat “laut” itu di pasar.
Kata (بَحْرًا) pada contoh di atas tidak dimaknai sebagai hakikat melainkan
merujuk pada seseorang yang pemurah.
● Majaz Mursal
Majaz mursal adalah suatu lafaz yang dipergunakan
bukan pada makna aslinya karena adanya alaqah ghair musyabahah (hubungan bukan
perumpamaan) disertai qarinah (alasan/bukti) yang mencegahnya dari makna asli.
Majaz mursal berbeda dengan kinayah karena pada kalimat yang berbentuk kinayah
tidak harus ada qarinah yang mencegah suatu lafaz dari makna aslinya. Dinamakan “mursal” karena ia tidak dibatasi oleh pemaknaan tertentu.
Contoh:
إِنَّ الْأَبْرَارَ
لَفِي نَعِيمٍ
Artinya:“Sesungghnya orang-orang yang berbakti itu benar-benar
berada dalam kenikmatan.” (QS. Al-Muthaffifin: 22)
Yang dimaksud dengan kenikmatan pada ayat tersebut adalah tempatnya kenikmatan
yaitu surga.
3. Kinayah
Kinayah adalah lafadz yang disampaikan dan yang dimaksud adalah
kelaziman maknanya, disamping boleh juga yang dimaksud pada makna yang
sebenarnya. Simpelnya kinayah adalah
idiom.
Contoh:
عَلِيٌّ كَثِيْرُ الرَّمَادِ
Artinya: Ali mempunyai banyak abu.
Maksud dari ungkapan di atas adalah bahwa Ali
adalah orang yang dermawan. Orang Arab melazimkan bahwa
yang dermawan pasti suka menjamu orang dan tentunya sering masak di rumah.
Dahulu kala orang masak menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan hasil abu
yang banyak.
وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ
Artinya: Dan (begitu pula) istrinya (istri Abu Lahab), pembawa kayu
bakar.
Pembawa kayu bakar diartikan penyebar fitnah. Istri Abu Lahab
disebut pembawa kayu bakar karena dia selalu menyebar-nyebarkan fitnah untuk memburuk-burukkan
nabi Muhammad saw. dan kaum Muslim.
SEMOGA MENJADI AMAL JARIYAH UST
ReplyDelete