Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Mad Lazim Harfi Musyba' (Pengertian, Contoh, dan Cara Baca)

Pengertian Mad Lazim Harfi Musyba’
Mad lazim harfi musyba’ atau mad lazim harfi mutsaqqal adalah huruf muqathaah yang bila dipecah terdiri dari 3 huruf dan ditengahnya huruf mad serta diidghamkan. Panjang mad lazim harfi msyba’ adalah 3 alif atau 6 harakat.
Mad Lazim Harfi Musyba
Contoh mad lazim harfi musyba’:
الـمّ – الـمّر – الـمّص – طسمّ
Mad lazim harfi musyba’ terjadi pada huruf lam (ل) dan sin (س) pada contoh-contoh di atas. Huruf terakhir dari lam (ل) adalah mim sukun dan huruf terakhir dari sin (س) adalah nun sukun. Seperti kita ketahui bahwa bila nun sukun bertemu mim dan mim sukun bertemu mim hukumnya idgham dan disertai juga dengan ghunnah.
=========
Catatan:
Huruf muqathaah yang termasuk mad lazim harfi ada 8 yaitu dikumpulkan pada (نَقَصَ عَسَلُكُمْ). Apabila huruf yang delapan tersebut dipecah, maka seperti ini:
ك (كَافْ)، م (مِيْمْ)، ع (عَيْنْ)، س (سِيْنْ)، ل (لَامْ)، ن (نُوْنْ)، ق (قَافْ)، ص (صَادْ)
Terlihat bahwa huruf yang berada di tengah merupakan huruf mad dan yang ketiganya merupakan huruf sukun.
=========
Cara Membaca Mad Lazim Harfi Musyba’
Cara membaca mad lazim harfi mutsaqqal adalah dengan memanjangkan vokal sampai 6 harakat. Ingat ketika membaca mad lazim tidak boleh kurang atau lebih dari 6 harakat! Setelah itu membaca huruf yang diidghamkan disertai ghunnah yang dipanjangkan 2-3 harakat. Mengapa ada ghunnahnya? Karena memang apabila mim sukun bertemu mim hukumnya idgham mitslain dan disana ada ghunnahnya. Begitu pula nun sukun bertemu mim hukumnya idgham bighunnah.
Contoh:
الـمّ (أَلِفْ لَامْ مِّيْمْ)
الـمّر (أَلِفْ لَامْ مِّيْمْ رَا)
 الـمّص (أَلِفْ لَامْ مِّيْمْ صَادْ)
طسمّ (طَا سِيْنْ مِّيْمْ)
Yang dihukumi mad lazim harfi musyba’ adalah huruf-huruf yang dicetak merah. Huruf terakhir dari lam (ل) adalah mim sukun dan bertemu huruf mim lagi sehinggan dihukumi idgham mitslain bighunnah. Adapun huruf terakhir dari sin (س) adalah nun sukun dan bertemu mim sehingga dihukumi idgham bighunnah.
Untuk praktik yang lebih tepatnya, silakan bertalaqqi kepada guru yang sudah ahli.
Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat dan semakin fasih dalam membaca Al-Qur'an.
#Tahsin
#Tajwid

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Mad Lazim Harfi Musyba' (Pengertian, Contoh, dan Cara Baca)"

  1. setau saya bukan ditengah kak hurufnya tapi diawal surah, jadi thaa itu masuknya mad lazim harfi mukhoffaf bukan musyabba

    ReplyDelete