Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Husnut Ta'lil Dalam Balaghah | Pengertian dan Contoh

Pengertian Husnut Ta’lil
Husn At-ta’lil (حسن التعليل) bisa diartikan alasan yang bagus. Dalam Al-Balaghah Al-Wadhihah, husnut ta’lil didefinisikan:
أنْ يُنْكِرَ الأَديبُ صَرَاحَةً أوْ ضِمْناً عِلَّةَ الشَّيْءِ الْمَعْرُوفَةَ، وَيَأْتي بعلَّةٍ أَدَبيَّةٍ طَريفَةٍ تُنَاسِبُ الغَرَضَ الَّذِي يَقْصِدُ إِلَيْهِ
Artinya: Pengingkaran seorang sastrawan secara terang-terangan atau pun terpendam tentang alasan suatu peristiwa yang telah dikenal umum, dan ia mendatangkan alasan lain yang bernilai sastra yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya.
Jadi, dalam kajian ilmu balaghah, husnut ta’lil adalah seorang sastrawan baik secara jelas atau tidak jelas mengingkari (tidak mengakui) penyebab terjadinya suatu peristiwa yang sebenarnya tetapi ia menyebutkan alasan lain yan lucu dan sesuai dengan kondisi serta terkadang bersifat menyindir atau pun memuji.
Contoh Husnut Ta’lil
Contohnya ketika gempa bumi melanda (menggoncang) negeri Mesir, seorang sastrawan bernama Muhammad bin al-Qasim bin ‘Ashim memuji penguasa saat itu dan menyebutkan alasan penyebab terjadinya gempa bumi:
مَا زُلْزِلَتْ مِصْرُ مِنْ كَيْدٍ يُرَادُ بِهَا    لَكِنَّهَا رَقَصَتْ مِنْ عَدْلِكُمْ طَرَبًا
Artinya: Gempa bumi yang mengguncang Mesir bukan disebabkan oleh tipu daya # Tetapi bumi Mesir menari karena keadilan penguasanya
Contoh lain disebutkan dalam syair:
مَا قَصَّرَ الْغَيْثُ عَنْ مِصْرَ وَتُرْبَتِهَا  طَبْعًا وَلَكِنْ تَعَدَّاكُمْ مِنَ الْخَجَلِ
Artinya: Mesir dan tanahnya menjadi tandus bukan disebabkan oleh keengganan air hujan untuk turun # Tetapi karena ia malu melebihi (menandingi) kemurahan kalian (orang-orang yang dipuji penyair).
Contoh lain:
كَانَ احْتِرَاقُ الدَّارِ حُزْنًا عَلَى غِيَابِ أَهْلِهَا
Artinya: Terbakarnya rumah itu karena ia sedih ditinggalkan penghuninya
Contoh lain:
مَا طَلَعَ الْبَدْرُ إِلاَّ فَرْحًا بِعَوْدَتِكَ
Artinya: Rembulan itu terbit karena gembira dengan kepulanganmu
Contoh lain:
مَا احْمَرَّ لَوْنُ الْوَرْدِ إِلاَّ خَجَلاَ مِنْكَ
Artinya: Warna bunga mawar itu menjadi merah karena malu terhadapmu.
Contoh lain:
وَمَاكُلفَةُ البَدرِالمُنِيرِ قَدِيمَةٌ وَلَكِنَّهَا فِي وَجهِهِ أَثَرُاللَّطَمِ
Artinya: Bintik- bintik hitam pada bulan purnama yang bercahaya itu bukan ada sejak dulu. Akan tetapi, pada muka bulan itu ada bekas tamparan.
Apabila ditinjau dari sisi logika, tentunya alasan-alasan di atas tidaklah dibenarkan. Namun secara sastra hal ini dalah lumrah. Contohnya pada contoh yang ketiga dikatakan “bahwa rumah terbakar disebabkan kesedihan rumah yang ditinggal penghuninya.” Kita ketahui bahwa yang namanya kebakaran biasanya disebabkan adanya konselting listrik, ledakan tabung LPG, dll.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Husnut Ta'lil Dalam Balaghah | Pengertian dan Contoh"

Post a Comment