Pengertian
mubtada’ dan khabar
Mubtada’ adalah isim yang beri’rab rafa’ dan tidak ada amil lafdhi
yang masuk kepadanya. Sedangkan khabar adalah kata atau kalimat yang disandarkan
kepada mubtada’ yang dapat menyempurnakan makna mubtada’. Kalimat yang terdapat
mubtada’ dan khabar disebut dengan jumlah ismiyah.
Mubtada' dan Khabar |
Contoh
mutada’ dan khabar:
مُحَمَّدٌ طَبِيْبٌ
هُوَ مَرِيْضٌ
Artinya:
Muhammad adalah seorang dokter.
Dia itu sakit.
Kedua kalimat di atas merupakan contoh mubatada’ dan khabarnya. Kata
yang berada di awal kalimat disebut mubtada’ dan kata yang kedua disebut dengan
khabar. Bila kita perhatikan, mubtada’ itu bentuknya ma’rifah dan khabar
bentuknya nakirah. Apabila bentuk keduanya sama, maka disebut dengan naat dan
man’ut.
Pembagian mutada’ dan khabar
Mubtada’ terbagi ke dalam dua macam, bisa berupa isim mu’rab atau isim
mabni.
Contoh mubtada’ berupa isim mu’rab:
الْوَلَدُ نَشِيْطٌ
اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ
Contoh mubtada’ beruapa isim mabni:
أَنَا طَالِبَةٌ
هَذَا كِتَابٌ
Adapun khabar terbagi ke dalam dua macam, yakni mufrad dan ghair
mufrad.
1. Khabar mufrad
Yang disebut mufrad disini bukanlah isim mufrad, melainkan khabarnya
hanya terdiri dari satu kata. Contoh:
هَذَا كِتَابٌ
اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ
2. Khabar ghair mufrad
Khabar ghair mufrad terbagi ke dalam dua macam lagi:
a. Syibhul jumlah
Khabar syibhul jumlah bisa berupa jar majrur atau dharaf.
Contoh khabar jar majrur:
اَلْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ
أَنَا فِيْ
بَيْتِيْ
Contoh khabar dharaf:
بَيْتِيْ
أَمَامَ الْمَدْرَسَةِ
اَلْمَسْجِدُ وَرَاءَ بَيْتِيْ
b. Jumlah
Khabar yang berupa jumlah (kalimat) bisa terdiri dari jumlah ismiyah
(khabar dan mubtada’) atau jumlah fi’liyah (fi’il dan fa’il).
Contoh khabar jumlah ismiyah:
مُحَمَّدٌ خُلُقُهُ حَسَنٌ
أَحْمَدُ أَبُوْهُ مُدَرِّسٌ
Contoh khabar jumlah fi’liyah:
اَلْعُلُوْمُ تَكْثُرُ فَوَائِدُهَا
أَحْمَدُ يَقْرَأُ اْلقُرْأَنَ
Ketentuan-ketentuan
mubtada’ dan khabar
1. Mubtada’ dan khabar merupakan isim-isim marfu’
Hal ini terlihat jelas apabila mubtada’ dan khabar berasal dari isim
mu’rab. Adapun apabila keduanya berupa isim mabni atau jumlah, maka keduanya
“fi mahal marfu” atau berada di tempat marfu.
Contoh:
اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ
الطَّالِبَانِ
نَشِيْطَانِ
2. Mubtada’ dan khabar harus selalu sesuai jenisnya (mudzakkar
dan muannats)
Mubtada’ dan khabar juga harus muthabaqah dalam hal nau’nya atau sama
dalam mudzakkar dan muannatsnya. Artinya apabila mubtada’nya mudzakkar, maka
khabarnya tidak boleh muannnats, begitu juga sebaliknya.
Contoh:
الْمَدْرَسَةُ
وَسِيْعَةٌ
هَذَا قَلَمٌ
3. Mubtada’ dan khabar harus sesuai bilangannya (mufrad,
mutsanna dan jama’)
Contoh:
الْمَدْرَسَةُ
وَسِيْعَةٌ
الطَّالِبَانِ
نَشِيْطَانِ
الْمُسْلِمُوْنَ
صَالِحُوْنَ
4. Mubtada’ adalah ma’rifah dan khabar adalah nakirah
Contoh:
هَذَا قَلَمٌ
الْمُسْلِمُوْنَ
صَالِحُوْنَ
5. Kedudukan mubtada’ terlebih dahulu kemudian khabar
Contoh:
أَبُوْكَ مَاهِرٌ
الْمُسْلِمَةُ صَالِحَةٌ
Itu adalah kaidah dasar mubtada’ dan khabar. Kemudian ada kaidah
turunan dari kaidah di atas:
6. Mubtada’ boleh dari nakirah apabila:
• Isim yang
disifati. Contoh:
رَجُلٌ كَرِيمٌ عِنْدَنَا
• Isim yang diidhafahkan ke isim nakirah. Contoh:
طَالِبُ إِحْسَانٍ حَاضِرٌ
• Mubatada’nya diakhirkan. Contoh:
فِي الْمَسْجِدِ
رَجُلٌ
• Didahului huruf nafi’. Contoh:
مَا ظَالِمٌ نَاجِحٌ
• Didahului istifham. Contoh:
هَلْ رَجُلٌ فِيكُمْ؟
7. Boleh mendahulukan khabar apabila:
• Apabila hendak menonjolkan makna khabar. Contoh:
مَمنُوعٌ التَّدْخِينُ
• Apabila mubtada` dan khabar didahului oleh huruf nafi atau istifham dan
khabarnya berupa sifat. Contoh:
أَقَائِمٌ أَنْتَ؟
• Apabila khabar berupa syibhu jumlah dan mubtada`nya ma`rifah. Contoh:
فِي التَّعَنِّي السَّلَامَةُ
8. Wajib mendahulukan mubtada’, apabila:
• Khabar mahshuran, yaitu mengkhususkan mubtada’ kepada makna khabar
dengan lafadz (إِلَّا)
atau (إِنَّمَا).
Contoh:
مَا أَنَا إِلَّا طَالِبٌ
إِنَّمَا أَنَا طَالِبٌ
• Mubtada’ berasal dari isim yang harus di depan kalimat. Isim yang harus
di depan kalimat adalah: isim itifham, isim syarat dan (مَا) ta’ajjub. Contoh:
مَنْ أَفْضَلُ الطُّلّابِ؟
• Khabar berupa jumlah yang ada dhamir yang kembali ke mubtada’. Contoh:
مُحَمَّدٌ جَاءَ
• Mubtada’ dibarengi dengan lam taukid. Contoh:
لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ
مُشْرِكٍ
• Jika masing-masing dari mubtada’ dan khabar berupa isim ma’rifat
atau isim nakirah, dan disitu tidak terdapat qarinah yang mewajibkan
pada salah satunya, sehingga mubtada’ didahulukan karena mengkhawatirkan
terjadinya kesamaran musnad dengan musnad ilaih. Contoh:
بَيْتِيْ جَنَّتِيْ
9. Wajib mendahulukan khabar dan mengakhirkan mubtada’, apabila:
• Mubtada’ berupa isim nakirah ghair mufidah dan kahabrnya dzaraf
atau jar-majrur. Contoh:
فِى الْبَيْتِ رَجُلٌ
• Khabar berupa isim istifham atau diidlafahkan pada
isim istifham. Contoh:
كَيْفَ حَالُكَ؟
• Ada dhamir pada mutada’ yang kembali kepada khabar. Contoh:
فِي الدَّارِ صَاحِبُهَا
• Khabar diringkas dalam mubtada’, yaitu ketika mubtada’
bersamaan dengan (اِلاَّ)
atau (إِنَّمَا).
Contoh:
مَا خَالِقٌ اِلاَّ اللهُ
10. Apabila mubtada’nya adalah jama’ ghair aqil maka khabarnya isim
mufrad muannats. Contoh:
الْمَسَاجِدُ وَسِيْعَةٌ
الْبُيُوْتُ جَمِيْلَةٌ
Sekian dan demikian. Semoga berkah ilmunya. Amin.
Belum ada tanggapan untuk "Mubtada' Dan Khabar (Pengertian, Macam-macam Dan Kaidahnya)"
Post a Comment