Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Mad Farqi: Pengertian, Contoh dan Penjelasan

Pengertian Mad Farqi | Contoh Mad Farqi
Mad farqi adalah mad badal bertemu huruf bertasydid. Mad badal adalah mad yang terdapat pada hamzah. Ukuran panjang mad farqi adalah 6 harakat. Di dalam Al-Qur’an hanya ada pada empat ayat yang terdapat mad farqi, yaitu Al-An’am 143 - 144, Yunus  59, dan An-Naml 59.
Contoh Mad Far'i
Berikut contoh mad farqi:
قُلْ آَلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ الْأُنْثَيَيْنِ
قُلْ آَللَّهُ أَذِنَ لَكُمْ أَمْ عَلَى اللَّهِ تَفْتَرُونَ
آَللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ
Hamzah pada kata yang dicetak merah harus dibaca panjang 6 harakat.
Pada hakikatnya mad farqi termasuk ke dalam mad lazim kilmi mustaqqal karena ada mad bertemu huruf bertasydid. Hanya saja madnya terletak pada hamzah dan disebut mad badal. Di kitab-kitab tajwid berbahasa Arab tidak ada pembahasan khusus mad farqi karena sudah dimasukkan ke dalam pembahasan mad lazim.
Dinamakan mad lazim karena untuk membedakan kalam khabari dengan kalam istifham. Hamzah pada keempat ayat di atas adalah hamzah istifham. Seandainya tidak dibaca mad maka akan ada anggapan bahwa hamzahnya hanya hamzah washal saja.
Sebenarnya cara membaca hamzah pada keempat ayat di atas ada dua macam:
Pertama, adalah dengan ibdal yakni mengganti hamzah kedua menjadi alif sehingga terdapat huruf mad pada hamzah. Karena setelah mad terdapat tasydid maka disebut mad farqi atau mad lazim kilmi mutsaqqal.
Kedua, adalah dengan tashil karena dua hamzah berdekatan. Tashil adalah meringankan hamzah yang kedua sehingga terdengar antara makhraj hamzah dan Ha’. Untuk lebih jelasnya tentang praktik tashil pada ayat di atas silakan talaqi dengan guru ahli.
Sumber:
Muqaddimah Al-Jazariyyah
Tuhfah Al-Athfal
Salsabilusy Syafi
Terima kasih telah berkunjung. Bila artikel ini memberikan manfaat dan menjadikan Anda bisa beramal shaleh, silakan copy paste dan sebarkan sebanyak-banyaknya.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Mad Farqi: Pengertian, Contoh dan Penjelasan"

Post a Comment