Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Manfaat Membaca dan Mendengarkan Al-Qur'an

Manfaat Membaca Al-Qur’an bagi Kesehatan
Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh dr. Al-Qodhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci Al-Qur’an, baik mereka yg mengerti bahasa Arab atau tidak, ternyata memberikan perubahan fisiologis yang sangat besar. Termasuk salah satunya dapat menangkal berbagai macam penyakit.
Hal tersebut dikuatkan lagi oleh Penemuan Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston.
Plesetan Membaca Al-Quran
Mengapa di dalam Islam, ketika kita mengaji disarankan untuk bersuara? Minimal untuk diri sendiri alias terdengar oleh telinga kita.
Berikut penjelasanya:
Setiap sel di dalam tubuh kita bergetar di dalam sebuah sistem yang saksama, dan perubahan sekecil apapun dalam getaran ini akan menimbulkan potensi penyakit di berbagai bagian tubuh. Sel-sel yang rusak ini harus digetarkan kembali untuk mengembalikan keseimbangannya. Hal tersebut artinya harus dengan suara. Maka munculah TERAPI SUARA yang ditemukan oleh dr. Alfred Tomatis, seorang dokter di Perancis.
Sementara dr. Al-Qodhi menemukan, bahwa MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BERSUARA, Memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sel-sel otak untuk mengembalikan keseimbangannya. Penelitian berikutnya membuktikan Sel Kanker dapat hancur dengan menggunakan FREKUENSI SUARA saja. Kembali terbukti bahwa, Membaca Al-Qur’an memiliki dampak hebat dalam proses penyembuhan penyakit sekaliber kanker.
Virus dan kuman berhenti bergetar saat dibacakan ayat suci Al-Qur’an, dan di saat yang sama, sel-sel sehat menjadi aktif dan mengembalikan keseimbangan program yang terganggu tadi. Silakan dilihat QS. Al-Isra’ ayat 82.
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآَنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا
Artinya:
82. Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.
Dan yang lebih menguatkan supaya diri ini semakin rajin dan giat membaca Al-Qur’an adalah karena menurut survei: SUARA YANG PALING MEMILIKI PENGARUH KUAT TERHADAP SEL-SEL TUBUH, ADALAH SUARA SI PEMILIK TUBUH ITU SENDIRI.
Mengapa Shalat berjama’ah lebih di anjurkan? Karena ada do’a yangg dilantunkan dengan keras, sehingga terdengar oleh telinga, dan ini bisa mengembalikan sistem yang seharian rusak.
Mengapa dalam Islam mendengarkan lagu hingar bingar tidak dianjurkan? Karena survei membuktikan, bahwa getaran suara hingar bingar MEMBUAT TUBUH TIDAK SEIMBANG.
Manfaat Membaca Al-Qur’an Terhadap Otak
Berkata Abdul Malik bin Umair, "Satu-satunya manusia yang tidak tua (awet muda) dan tidak pelupa adalah orang yang selalu membaca Al-Quran".
Berkata Al-Imam Qurtubi, "Barang siapa yang membaca Al-Quran,  maka Allah akan menjadikan ingatannya segar meskipun Umurnya telah mencapai 100 tahun".
Yazid bin Abdul Malik bin Al-Mughirah meriwayatkan dari Muhammad bin Ka’ab, ia berkata, “Barangsiapa gemar membaca Al-Qur’an, otaknya akan terus terpelihara, meskipun ia berumur dua ratus tahun.” (Shiyatush Shofwah, II: 133)
Ternyata teknik membaca Al-Quran dengan kaidah tajwid (tata cara bacaan dan keluarnya suara) yang rumit itu memiliki efek anti pikun. Juga membantu fungsi nalar dan berpikir manusia. Fungsi yang dikenal pada otak kiri setiap manusia.
Adapun nada dan irama Al-Quran yang dilafazkan dengan rileks dan merdu, terutama saat diikuti niat menghafal ayat-ayat Al-Quran, tanpa disadari memperkuat fungsi otak kanan manusia. Bagian otak manusia yang menjadi tempat lahir ide-ide kreatif dan inovatif, serta memperkuat memori jangka panjang.
Barangkali itulah salah satu keberkahan al-Qur’an bagi orang yang suka membacanya. Pada masa tua, bisa terhindar dari kepikunan (memiliki ingatan yang tajam).
Maka kesimpulannya adalah:
1. Bacalah Al-Qur’an di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mengembalikan sistem tubuh kembali normal.
2. Kurangi mendengarkan musik hingar bingar, ganti saja dengan murottal yang jelas-jelas memberikan efek menyembuhkan.
3. Perbaiki bacaan Al-Qur’an kita. Bacalah dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid karena efek suara kita sendirilah yang paling dasyat dalam penyembuhan.
Silakan disebarkan. Semoga menjadi wasilah amal kebaikan.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Membaca dan Mendengarkan Al-Qur'an"

Post a Comment