Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Idgham Bighunnah dan Idgham Bila Ghunnah (Pengertian, Perbedaan dan Contoh)

Idgham Bighunnah dan Idgham Bila Ghunnah
Idgham adalah memasukkan huruf kepada huruf setelahnya. Idgham dalam ilmu tajwid berlaku apabila ada huruf yang sama atau berdekatan dalam makhraj dan sifat saling bertemu.
Idgham
Dalam hukum nun sakinah dan tanwin, Hukum idgham dibagi menjadi idgham bighunnah dan bila ghunnah.
1. Idgham Bighunnah
Idgham bighunnah adalah apabila nun mati atau tanwin menghadapi huruf ya (ي), nun (ن), mim (م) dan wau (و) yang dikumpulkan pada kata (يَنْمُوْ). Idgham bighunnah disebut juga idgham maal ghunnah. Cara membacanya adalah nun mati dan tanwin dileburkan kepada huruf idgham bighunnah disertai dengung dua harakat. Berikut idgham bighunnah:
No
Huruf
Nun Mati
Tanwin
1
ي
مَنْ يَّقُوْلُ
قَوْمٌ يُّؤْمِنُوْنَ
2
ن
مِنْ نِّعْمَةٍ
عَامِلَةٌ نَّاصِبَةٌ
3
م
مِنْ مَّسَدٍ
عَذَابٌ مُّقِيْمٌ
4
و
مِنْ وَّاقٍ
خَيْرٌ وَّأَبْقَى
Syarat berlakunya idgham adalah nun sukun dan huruf idgham bighunnah harus berbeda kalimat. Apabila nun sukun bertemu huruf idgham bighunnah pada satu kata maka hukumnya idzhar muthlaq.
Izhhar muthlaq atau izhhar wajib adalah apabila nun mati bertemu ya’ dan wawu pada satu kata. Disebut izhhar muthlaq karena seluruh ulama ahli qiraat sepakat tentang hukum idzhhar tersebut.
Izhhar muthlaq terdapat pada 4 kata, yaitu (الدُّنْيَا), (بُنْيَانٌ), (قِنْوَانٌ) dan (صِنْوَانٌ). Contoh ayat yang terdapat idzhar muthlaq:
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ (الملك:5)
كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوْصٌ (الصف:4)
وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ (الأنعام:99)
وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ (الرعد:4)
Cara membaca idzhar muthlaqa adalah melafalkan nun mati sesuai dengan makhraj dan sifatnya. Makhraj nu adalah ujung lidah di bawah makhraj lam bertemu dengan dari langit-langit atas. Sifat nun adalah tawasuth, jahr, istifal, infitah, dan idzlaq.
Salah satu faidah keempat kata tersebut tidak diidghamkan karena takut tertukar dengan kata  (الدُّيَّا), (بُيَّانٌ), (قِوَّانٌ) dan (صِوَّانٌ).
2. Idgham Bilaghunnah
Idgham bilaghunnah ialah apabila nun sukun atau tanwin menghadapi huruf lam (ل) dan ra’ (ر). Idgham bilaghunnah disebut juga idgham bighairi ghunnah. Cara bacanya nun sukun atau tanwin dileburkan pada huruf berikutnya tanpa mendengung. Nun sukun diidghamkan ketika bertemu Lam dan Ro’ karena dekatnya makhroj antara Nun, Lam dan Ra’. Berikut contohnya:
No
Huruf
Nun Mati
Tanwin
1
ل
يَوْمَئِذٍ لَّـخَبِيْرٌ
أَنْ لَّـمْ يَرَهُ
2
ر
غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
مِنْ رَبِّـهِمْ
Dikecualikan nun mati menghadapi ra’ pada Surat Al-Qiyamah ayat 27. Di sana berlaku hukum saktah. Berikut ayatnya:
وَقِيلَ مَنْ س رَاقٍ
=======
Kesimpulan:
• Idgham pada hukum nun sukun atau tanwin berlaku apabila nun sukun atau tanwin bertemu huruf idgham di lain kata.
• Huruf idgham bighunnah adalah ya’ (ي), nun (ن), mim (م) dan wau (و). Adapun huruf idgham bila ghunnah adalah lam (ل) dan ra’ (ر).
• Perbedaan idgham bighunnah dan bila ghunnah adalah pada cara meleburnya dengan huruf setelahnya. Idgham bighunnah melebur disertai dengung dua harakat. Sedangkan idgham bila ghunnah nun sukun atau tanwin melebur secara sempurna kepada huruf setelahnya.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Idgham Bighunnah dan Idgham Bila Ghunnah (Pengertian, Perbedaan dan Contoh)"