Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Idzhar Muthlaq atau Idzhar Wajib: Pengertian dan Contoh

Sebelumnya saya ingin bertanya apa itu idgham bighunnah?
Pasti jawabannya adalah apabila nun sukun atau tanwin bertemu ya, nun, mim, atau wau. Cara bacanya dimasukkan atau dileburkan nun sukun atau tanwin kepada huruf idgham bighunnah, dst.
Tapi tahukah kamu bahwa kaidah di atas terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku. SKB’nya adalah hukum tersebut harus terdapat pada dua kata. Apabila terdapat pada satu kata maka hukumnya izhhar muthlaq.
Apa itu izhhar muthlaq?
Izhhar muthlaq atau izhhar wajib adalah apabila nun mati bertemu ya’ dan wawu pada satu kata. Dalam hukum nun mati dan tanwin  terdapat pengecualian ketika nun mati menghadapi ya’ dan wawu yang harusnya dihukumi idgham bighunnah tetapi dihukumi izhhar muthlaq. Disebut izhhar muthlaq karena seluruh ulama ahli qiraat sepakat tentang hukum izhhhar tersebut.
Izhhar muthlaq terdapat pada 4 kata, yaitu (الدُّنْيَا), (بُنْيَانٌ), (قِنْوَانٌ) dan (صِنْوَانٌ). Contoh ayat yang terdapat izhhar wajib:
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ (الملك:5)
كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوْصٌ (الصف:4)
وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ (الأنعام:99)
وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَاءٍ وَاحِدٍ (الرعد:4)
Cara membaca izhhar adalah melafalkan nun mati sesuai dengan makhraj dan sifatnya. Makhraj nu adalah ujung lidah di bawah makhraj lam bertemu dengan dari langit-langit atas. Sifat nun adalah tawasuth, jahr, istifal, infitah, dan idzlaq.
Salah satu faidah keempat kata tersebut tidak diidghamkan karena takut tertukar dengan kata  (الدُّيَّا), (بُيَّانٌ), (قِوَّانٌ) dan (صِوَّانٌ).
Ada pertanyaan apakah ada nun mati yang bertemu nun atau mim dalam satu kata? Sejauh ini penulis belum menemukannya. Bilapun ada nun mati bertemu nun lagi dalam satu kata maka akan diighamkan (dalam ilmu sharaf) terlebih dahulu dan hukumnya menjadi ghunnah.
Mohon difahami bahwa idgham dalam ilmu tajwid dan berbeda konsepnya. Dalam ilmu sharaf, idgham adalah memasukkan lafal dan tulisannya huruf yang pertama kepada huruf yang kedua karena sejenis. Contoh:
مَدَدَ (مَدَّ) – رَدَدَ (رَدَّ)
Kalau ada yang belum difahami, silahkan tuliskan di kolom komentar!

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Idzhar Muthlaq atau Idzhar Wajib: Pengertian dan Contoh"

Post a Comment