Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Sifat Huruf Hijaiyah Lengkap Per Huruf

Sifat Huruf | Penjelasan Sifat Per Huruf
Ada pertanyaan bagaimana membedakan huruf yang sama makhrajnya seperti sin dengan shad dan dzal dengan zha'. Nah jawabannya adalah dengan menyempurnakan sifat hurufnya. Beberapa huruf hijaiyah ada yang sama makhrajnya tapi beda sifatnya.
Huruf Hijaiyah
Berikut ini saya jelaskan sifat huruf hijaiyah dengan penjelasan per huruf.
1. Sifat huruf hamzah (أ)
Sifat hamzah adalah jarh, syiddah, istifal, infitah, ishmat.
2. Sifat huruf ba’ (ب)
Sifat ba’ adalah jahr, syiddah, istifal, infitah, idzlaq dan qalqalah.
3. Sifat huruf ta’ (ت)
Sifat ta’ adalah hams, syiddah, istifal, infitah dan ishmat.
4. Sifat huruf tsa’ (ث)
Sifat tsa’ adalah hams, rakhawah, istifal, infitah dan ishmat.
5. Sifat huruf jim (ج)
Sifat jim adalah jahr, syiddah, istifal, infitah, ishmat dan qalqalah.
6. Sifat huruf ha’ (ح)
Sifat ha’ adalah hams, rakhawah, istifal, infitah dan ishmat.
7. Sifat huruf kha’ (خ)
Sifat kha’ adalah hams, rakhawah, isti’la, infitah dan ishmat.
8. Sifat huruf dal (د)
Sifat dal adalah jahr, syiddah, istifal, infitah, ishmat dan qalqalah.
9. Sifat huruf dzal (ذ)
Sifat dzal adalah jahr, rakhawah, istifal, infitah dan ishmat.
10. Sifat huruf ra’ (ر)
Sifat ra’ adalah jahr, tawasuth, istifal, infitah, idzlaq, inhiraf dan takrir.
11. Sifat huruf zay (ز)
Sifat zay adalah jahr, rakhawah, istifal, infitah dan ishmat.
12. Sifat huruf alif (س)
Sifat sin adalah hams, rakhawah, istifal, infitah dan ishmat.
13. Sifat huruf syin (ش)
Sifat syin adalah hams, rakhawah, istifal, infitah, ishmat dan tafasyi.
14. Sifat huruf alif (ص)
Sifat shad adalah hams, rakhawah, isti’la, ithbaq dan ishmat.
15. Sifat huruf dhad (ض)
Sifat dhad adalah jahr, rakhawah, isti’la, ithbaq, ishmat dan istithalah.
16. Sifat huruf tha’ (ط)
Sifat tha; adalah jahr, syiddah, isti’la, ithbaq, ishmat dan qalqalah.
17. Sifat huruf zha’ (ظ)
Sifat zha’ adalah jahr, rakhawah, isti’la, ithbaq dan ishmat.
18. Sifat huruf alif (ع)
Sifat ‘ain adalah jahr, tawasuth, istifal, infitah dan ishmat.
19. Sifat huruf ghain (غ)
Sifat ghain adalah jahr, rakhawah, isti’la, infitah dan ishmat.
20. Sifat huruf fa’ (ف)
Sifat fa’ adalah hams, syiidah, istifal, infitah dan idzlaq.
21. Sifat huruf qaf (ق)
Sifat qaf adalah jahr, syiddah, isti’la, infitah, ishmat dan qalqalah.
22. Sifat huruf kaf (ك)
Sifat kaf adalah hams, syiddah, istifal, infitah dan ishmat.
23. Sifat huruf lam (ل)
Sifat lam adalah jahr, tawasuth, istifal, infitah, idzlaq dan inhiraf.
24. Sifat huruf mim (م)
• Makhraj mim adalah dua bibir dengan tanpa tekanan. Satu makhraj dengan ba’ dan wau.
Sifat mim adalah jahr, tawasuth, istifal, infitah, idzlaq dan ghunnah.
26. Sifat huruf nun (ن)
Sifat nun adalah jahr, tawasuth, istifal, infitah, idzlaq dan ghunnah.
27. Sifat huruf wau (و)
Sifat wau adalah jahr, rakhawah, istifal, infitah, ishmat, lin dan khafa’.
28. Sifat huruf ha’ (ه)
Sifat ha’ adalah hams, rakhawah, istifal, infitah, ishmat dan khafa’.
29. Sifat huruf ya’ (ي)
Sifat ya’ adalah jahr, rakhawah, istifal, infitah, ishmat dan lin dan khafa’.
30. Sifat huruf alif (ا)
Sifat alif adalah jahr, rakhawah, isitifal, infitah, ishmat dan khafa’.
Berikut sedikit penjelasan tentang sifat-sifat huruf di atas:
1. Hams
Hams adalah mengalirnya nafas ketika melafalkan huruf. Hurufnya ada 10:
فَحَثَّهُ شَخْصٌ سَكَتَ (ف ح ث ه ش خ ص س ك ت)
2. Jahr
Jahr adalah tertahannya nafas ketika mengucapkan huruf. Hurufnya selain huruf hams.
3. Syiddah
Syiddah adalah tertahannya suara ketika melafalkan huruf. Hurufnya ada 8 yaitu:
اَجِدْ قَطٍّ بَكَتْ (أ ج د ق ط ب ك ت)
4. Tawasuth
Tawasuth adalah huruf diucapkan dengan berjalannya suara tapi hanya sedikit. Hurufnya ada 5, yaitu:
لِنْ عُمَر (ل ن ع م ر)
5. Rakhawah
Rakhawah adalah mengalirnya suara ketika melafalkan huruf. Hurufnya selain huruf syiddah dan tawasuth.
6. Isti’la
Isti’la adalah mengangkat pangkal lidah saat membunyikan huruf sehingga bunyi huruf menjadi tebal dan berat. Hurufnya ada 7 yaitu:
خُصَّ ضّغْطٍ قِظْ (خ ص ض غ ط ق ظ)
7. Istifal
Istifal ialah menurunnya pangkal lidah dari langit-langit ketika mengucapkan huruf. Hurufnya selain huruf isti’la.
8. Ithbaq
Arti adalah menempelnya lidah dengan langit-langit ketika mengucapkan huruf, sehingga bunyinya lebih besar dan berat. Hurufnya ada 4 yaitu:
صَضْطَظَ (ص ض ط ظ)
9. Inftitah
Infitah ialah membunyikan huruf dengan terlepasnya lidah dari langit-langit mulut serta terbukanya kedua mulut. Hurufnya selain huruf ithbaq.
10. Idzlaq
Idzlaq adalah membunyikan huruf dengan ringan dan mudah karena makhrajnya berada di ujung lidah atau bibir. Hurufnya ada 6 yaitu:
فَرَّ مِنْ لُبٍّ (ف ر م ن ل ب)
11. Ishmat
Ishmat adalah membunyikan huruf dengan berat dan tertahan. Hurufnya selain huruf idzlaq.
12. Lin
Lin adalah membunyikan huruf dengan lunak/lembut. Hurufnya ada dua, yaitu (ي) sukun dan (و) sukun yang huruf sebelumnya berharakat fathah.
13. Qalqalah
Qalqalah adalah memantulkan bunyi ketika sukun. Hurufnya ada lima, yaitu:
قُطْبُ جَدٍ (ق ط ب ج د)
14. Shafir
Shafir adalah suara berdesir yang keluar di antara ujung lidah dan gigi seri. Hurufnya adalah (ص ز س).
15. Inhiraf
Inhiraf adalah menyondongkan atau melengkungkan lidah dari satu sisi ke sisi lain. Hurufnya ada 2, yaitu (ل) dan (ر).
16. Takrir
Takrir adalah menggetarkan lidah. Hurufnya adalah (ر).
17. Tafasysyi
Tafasysyi adalah menyemburkan suara. Hurufnya hanya satu, yaitu (ش).
18. Istithalah
Istithalah adalah memanjangkan lidah. Hurufnya adalah (ض)
19. Ghunnah
Ghunnah adalah suara yang keluar dari hidung. Hurufnya ada dua, yaitu (ن) dan (م).
20. Khafa’
Khafa’ adalah membunyikan huruf dengan lirih. Hurufnya adalah (ه) dan huruf mad. Huruf mad adalah alif sukun setelah fathah, ya’ sukun setelah kasrah, dan wau sukun setelah dhammah.

Artikel keren lainnya:

Contoh I’rab Rafa’ di Al-Qur'an

Contoh I’rab Rafa’ Lengkap Dengan Ayat dan Surat
Sebelum menampilkan contoh-contoh i’rab rafa’ di Al-Qur’an, saya akan sedikit mereview materi i’rab rafa’. I’rab rafa adalah i’rab yang ditandai dengan dhammah atau penggantinya yaitu wau, alif dan nun.
Tanda Irab Rafa'
Jadi tanda rafa’ ada 4 dengan ketentuan:
1. Dhammah
Dhammah menjadi tanda rafa’ pada kata yang berbentuk:
Isim mufrad
Jama’ taksir
Jama’ muanats salim
Fiil mudhari shahih
2. Wau
Wau menjadi tanda i’rab rafa’ pada kata yang berupa:
Jama’ mudzakar salim
Isim lima
3. Alif
Alif menjadi tanda ra’fa pada isim tatsniyah.
4. Nun
Yaitu pada fi’il mudhari yang ditambahkan dhamir alif tatsniyah, dhamir wau jama’ atau dhamir ya muanatsah mukhatabah atau disebut juga fi’il lima.
Selain menampilkan contoh-contoh i’rab rafa’,  akan ada penjelasan singkat mengenai kata marfuat tersebut. Penjelasannya ialah i’rab, tanda i’rab, bentuk dan kedudukannya dalam kalimat.
Berikut contoh-contoh i’rab rafa’ di Al-Qur’an lengkap dengan surat dan ayatnya:
Al-Ikhlas 1-4
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4)
Kata (اللَّهُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya mubtada.
Kata (أَحَدٌ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya khabar.
Kata (اللَّهُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufard dan kedudukannya mubtada.
Kata (الصَّمَدُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya khabar.
Kata (أَحَدٌ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya isim kana.
• Al-Mu’minun 1-4
قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4)
Kata (الْمُؤْمِنُونَ) i’rabnya rafa’, tandanya wau, bentuknya jama’ mudzakar salim dan kedudukannya fa’il.
Kata (خَاشِعُونَ), (مُعْرِضُونَ) dan (فَاعِلُونَ) i’rabnya rafa’, tandanya wau, bentuknya jama’ mudzakar salim dan kedudukannya khabar.
• Al-Fatihah 4
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (4)
Kata (نَعْبُدُ) dan (نَسْتَعِينُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya fi’il mudhari shahih dan kedudukannya fi’il.
Al-Baqarah 3
الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (3)
Kata (يُؤْمِنُونَ), (يُقِيمُونَ) dan (يُنْفِقُونَ) i’rabnya rafa’, tandanya nun, bentuknya fi’il lima dan kedudukannya fi’il.
Al-Baqarah 25
وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
Kata (أَزْوَاجٌ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya jama’ taksir dan kedudukannya mubtada.
Kata (مُطَهَّرَةٌ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya na’at.
Kata (خَالِدُونَ) i’rabnya rafa’, tandanya wau, bentuknya jama’ mudzakar salim dan kedudukannya khabar.
Al-Anfal 41
يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ
Kata (الْجَمْعَانِ) i’rabnya rafa’, tandanya alif, bentuknya isim tatsniyah dan kedudukannya fa’il.
• Al-Lahab 1
تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ (1)
Kata (يَدَا) i’rabnya rafa’, tandanya alif, bentuknya isim tatsniyah dan kedudukannya fa’il.
• Ar-Rahman 6
وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ (6)
Kata (النَّجْمُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya mubtada.
Kata (الشَّجَرُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya ma’thuf.
Kata (يَسْجُدَانِ) i’rabnya rafa’, tandanya nun, bentuknya fi’il lima dan kedudukannya fi’il.
Al-Jumuah 4
وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ (4)
Kata (اللَّهُ) i’rabnya rafa’, tandanya dhammah, bentuknya isim mufrad dan kedudukannya mubtada.
Kata (ذُو) i’rabnya rafa’, tandanya wau, bentuknya isim lima dan kedudukannya khabar.
Itulah contoh-contoh ayat Al-Qur’an yang terdapat i’rab rafa’nya. Semoga bermnafaat. Apabila ada yang ditanyakan, silakan tanyakan di kolom komentar!

Artikel keren lainnya:

Sejarah dan Perkembangan Ulumul Qur'an Dari Berbagai Fase

Sejarah dan Perkembangan Ulumul Qur'an | Hahuwa.blogspot.com
Sejarah perkembangan ulumul quran dibagi menjadi beberapa fase. Setiap fase menjadi dasar bagi perkembangan ulumul qur’an menuju fase selanjutnya, hingga ulumul quran menjadi sebuah ilmu khusus yang dipelajari dan dibahas secara khusus pula. Berikut beberapa fase/tahapan perkembangan ulumul quran.
Teks Al-Qur'an Lama
A. Masa Rasulullah SAW
Pada masa ini, cikal bakal ulumul quran berupa penafsiran ayat Al-Quran langsung dari Rasulullah SAW kepada para sahabat, begitu pula dengan antusiasime para sahabat dalam bertanya tentang makna suatu ayat, menghafalkan dan mempelajari hukum-hukum yang terdapat pada ayat sersebut.
• Rasulullah SAW menafsirkan kepada sahabat beberapa ayat.
Dari Uqbah bin Amir ia berkata : "aku pernah mendengar Rasulullah SAW berkata diatas mimbar, "dan siapkan untuk menghadapi mereka kekuatan yang kamu sanggupi (Anfal :60 ), ingatlah bahwa kekuatan disini adalah memanah." (HR Muslim)
• Antusiasme sahabat dalam menghafal dan mempelajari Al-Quran.
Diriwayatkan dari Abu Abdurrrahman As-Sulami, ia mengatakan : "mereka yang membacakan qur'an kepada kami, seperti Ustman bin Affan dan Abdullah bin Mas'ud serta yang lain menceritakan, bahwa mereka bila belajar dari Nabi sepuluh ayat mereka tidak melanjutkannya, sebelum mengamalkan ilmu dan amal yang ada di dalamnya, mereka berkata “kami mempelajari qur'an berikut ilmu dan amalnya sekaligus.”
• Larangan Rasulullah SAW untuk menulis selain Al-Qur'an, sebagai upaya menjaga kemurnian Al-Quran
Dari Abu Saad al- Khudri, bahwa Rasulullah SAW berkata: Janganlah kamu tulis dari aku; barang siapa menuliskan aku selain Qur'an, hendaklah dihapus. Dan ceritakan apa yang dariku, dan itu tiada halangan baginya, dan barang siapa sengaja berdusta atas namaku, ia akan menempati tempatnya di api neraka."(HR Muslim)
B. Masa Khalifah
Pada masa khalifah, tahapan perkembangan awal (embrio) ulumul quran mulai berkembang pesat, diantaranya dengan kebijakan-kebijakan para khalifah sebagaimana berikut :
Khalifah Abu Bakar RA: dengan Kebijakan Pengumpulan/Penulisan Al-Quran yg pertama yang diprakarsai oleh Umar bin Khathab dan dipegang oleh Zaid bin Tsabit
Kekhalifahan Usman RA: dengan kebijakan menyatukan kaum muslimin pada satu mushaf, dan hal itupun terlaksana. Mushaf itu disebut mushaf Imam. Salinan-salinan mushaf ini juga dikirimkan ke beberapa propinsi. Penulisan mushaf tersebut dinamakan ar-Rosmul 'Usmani yaitu dinisbahkan kepada Usman, dan ini dianggap sebagai permulaan dari ilmu Rasmil Qur'an.
Kekhalifahan Ali RA: dengan kebijakan perintahnya kepada Abu 'aswad Ad-Du'ali meletakkan kaidah-kaidah nahwu, cara pengucapan yang tepat dan baku dan memberikan ketentuan harakat pada qur'an. Ini juga disebut sebagai permulaan Ilmu I'rabil Qur'an. Perintah ‘Ali inilah yang membuka gerbang pengkodifikasian ilmu-ilmu agama dan bahasa Arab. Pengodifikasian itu semakin marak dan meluas ketika Islam berada  pada tangan pemerintahan Bani Umayyah dan Bani ‘Abbasiah pada periode-periode awal pemerintahannya.
C. Masa Sahabat Dan Tabi'in
Peranan Sahabat dalam Penafsiran Al-Quran
Para sahabat senantiasa melanjutkan usaha mereka dalam menyampaikan makna-makna Al-Qur'an dan penafsiran ayat-ayat yang berbeda diantara mereka sesuai dengan kemampuan mereka yang berbeda-beda dalam memahami dan karena adanya perbedaan lama dan tidaknya mereka hidup bersama Rasulullah SAW, hal demikian diteruskan oleh murid-murid mereka, yaitu para tabi'in.
Diantara para Mufasir yang termashur dari para sahabat adalah:
• Empat orang Khalifah (Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali )
• Ibnu Masud,
• Ibnu Abbas,
• Ubai bin Kaab,
• Zaid bin sabit,
• Abu Musa al-Asy'ari dan
• Abdullah bin Zubair.
Banyak riwayat mengenai tafsir yang diambil dari Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Masud dan Ubai bin Kaab, dan apa yang diriwayatkan dari mereka tidak berarti merupakan sudah tafsir Quran yang sempurna. Tetapi terbatas hanya pada makna beberapa ayat dengan penafsiran apa yang masih samar dan penjelasan apa yang masih global.
Peranan Tabi'in dalam penafsiran Al-Quran
Mengenai para tabi'in, diantara mereka ada satu kelompok terkenal yang mengambil ilmu ini dari para sahabat disamping mereka sendiri bersungguh-sungguh atau melakukan ijtihad dalam menafsirkan ayat. Yang terkenal di antara mereka , masing-masing sebagai berikut:
• Murid Ibnu Abbas di Mekah yang terkenal ialah, Sa'id bin Jubair, Mujahid, 'Ikrimah bekas sahaya (maula) Ibnu Abbas, Tawus bin kisan al Yamani dan 'Ata' bin abu Rabah.
• Murid Ubai bin Kaab, di Madinah : Zaid bin Aslam, abul Aliyah, dan Muhammad bin Ka'b al Qurazi.
• Abdullah bin Masud di Iraq yang terkenal :  'Alqamah bin Qais, Masruq al Aswad bin Yazid, 'Amir as Sya'bi, Hasan Al Basyri dan Qatadah bin Di'amah as Sadusi.
Dan yang diriwayatkan mereka itu semua meliputi ilmu tafsir, ilmu Gharibil Qur'an, ilmu Asbabun Nuzul, ilmu Makki Wal madani dan imu Nasikh dan Mansukh, tetapi semua ini tetap didasarkan pada riwayat dengan cara didiktekan.
D. Masa Kodifikasi (Tadwin)
Perkembangan selanjutnya dalam ulumul quran adalah masa pembukuan ulumul Quran, yang juga melewati beberapa perkembangan sebagai berikut:
Pembukuan Tafsir Al-Quran menurut riwayat dari Hadits, Sahabat & Tabi'in
Pada abad kedua hijriah, tiba masa pembukuan (tadwin) yang dimulai dengan pembukuan hadist dengan segala babnya yang bermacam-macam, dan itu juga menyangkut hal yang berhubungan dengan tafsir. Maka sebagian ulama membukukan tafsir Qur'an yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW dari para sahabat atau dari para tabi'in.
Diantara mereka yang terkenal adalah Yazid bin Harun As-Sulami, (wafat 117 H), Syu'bah bin Hajjaj (wafat 160 H), Waqi' bin Jarrah (wafat 197 H), Sufyan bin 'Uyainah (wafat 198 H), dan Aburrazaq bin Hammam (wafat 112 H). Mereka semua adalah para ahli hadis. Sedang tafsir yang mereka susun merupakan salah satu bagiannya. Namun tafsir mereka yang tertulis tidak ada yang sampai ke tangan kita.
Pembukuan Tafsir berdasarkan susunan Ayat
Kemudian langkah mereka itu diikuti oleh para ulama'. Mereka menyusun tafsir Qur'an yang lebih sempurna berdasarkan susunan ayat. Dan yang terkenal diantara mereka ada Ibn Jarir at Tabari (wafat 310 H).
Demikianlah tafsir pada mulanya dinukil (dipindahkan) melalui penerimaan riwayat, kemudian dibukukan sebagai salah satu bagian hadis, selanjutnya ditulis secara bebas dan mandiri. Maka berlangsunglah proses kelahiran at-Tafsir bil Ma'sur (berdasarkan riwayat ), lalu diikuti oleh at Tafsir bir Ra'yi (berdasarkan penalaran).
Munculnya Pembahasan Cabang-cabang Ulumul Quran selain Tafsir
Disamping ilmu tafsir, lahir pula karangan yang berdiri sendiri mengenai pokok-pokok pembahasan tertentu yang berhubungan dengan quran, dan hal ini sangat diperlukan oleh seorang mufasir, diantaranya :
Ulama abad ke-3 Hijriah
• Ali bin al Madini (wafat 234 H) guru Bukhari, menyusun karangannya mengenai asbabun nuzul
• Abu 'Ubaid al Qasim bin Salam (wafat 224 H) menulis tentang Nasikh Mansukh dan qira'at.
• Ibn Qutaibah (wafat 276 H) menyusun tentang problematika Quran (musykilatul quran ).
Ulama Abad Ke-4 Hijriah
• Muhammad bin Khalaf bin Marzaban (wafat 309 H) menyusun al- Hawi fa 'Ulumil Qur'an.
• Abu muhammad bin Qasim al Anbari (wafat 751 H) juga menulis tentang ilmu-ilmu qur'an.
• Abu Bakar As Sijistani (wafat 330 H) menyusun Garibul Qur'an.
• Muhammad bin Ali bin al-Adfawi (wafat 388 H) menyusun al Istigna' fi 'Ulumil Qur'an.
Ulama Abad Ke-5 dan setelahnya
• Abu Bakar al Baqalani (wafat 403 H) menyusun I'jazul Qur'an,
• Ali bin Ibrahim bin Sa'id al Hufi (wafat 430 H) menulis mengenai I'rabul Qur'an.
• Al Mawardi (wafat 450 H) menegenai tamsil-tamsil dalam Qur'an ('Amsalul Qur'an).
• Al Izz bin Abdussalam (wafat 660 H) tentang majaz dalam Qur'an.
• 'Alamuddin Askhawi (wafat 643 H) menulis mengenai ilmu Qira'at (cara membaca Qur'an ) dan Aqsamul Qur'an.
Mulai pembukuan secara khusus Ulumul Quran dengan mengumpulkan cabang-cabangnya
Pada masa sebelumnya, ilmu-ilmu al-quran dengan berbagai pembahasannya di tulis secara khusus dan terserak, masing-masing dengan judul kitab tersendiri. Kemudian, mulailah masa pengumpulan dan penulisan ilmu-ilmu tersebut dalam pembahasan khusus yang lengkap, yang dikenal kemudian dengan Ulumul Qur'an. Di antara ulama-ulama yang menyusun secara khusus ulumul quran adalah sebagai berikut:
• Ali bin Ibrohim Said (330 H) yang dikenal dengan al Hufi dianggap sebagai orang pertama yang membukukan 'Ulumul Qur'an, ilmu-ilmu Qur'an.
• Ibnul Jauzi (wafat 597 H) mengikutinya dengan menulis sebuah kitab berjudul fununul Afnan fi 'Aja'ibi 'ulumil Qur'an.
• Badruddin az-Zarkasyi (wafat 794 H) menulis sebuah kitab lengkap dengan judul Al-Burhan fii ulumilQur`an .
• Jalaluddin Al-Balqini (wafat 824 H) memberikan beberapa tambahan atas Al-Burhan di dalam kitabnya Mawaaqi`ul u`luum min mawaaqi`innujuum.
• Jalaluddin As-Suyuti (wafat 911 H) juga kemudian menyusun sebuah kitab yang terkenal Al-Itqaan fii u`luumil qur`an.
Catatan :  kitab Al-Burhan (Zarkasyi) dan Al-Itqon (As-Suyuti) hingga hari ini masih dikenal sebagai referensi induk dan terlengkap dalam masalah Ulumul Qur'an. Tidak ada peneliti tentang ulumul quran, kecuali pasti akan banyak menyandarkan tulisannya pada kedua kitab tersebut.
E. Masa Modern/Kontemporer
Sebagaimana pada periode sebelumnya, perkembangan ulumul quran pada masa kontemporer ini juga berlanjut seputar penulisan sebuah metode atau cabang ilmu Al-Quran secara khusus dan terpisah. Ada pula yang kembali menyusun atau menyatukan cabang-cabang ulumul quran dalam buku tersendiri dengan penulisan yang lebih sederhana dan sistematis dari buku-buku klasik terdahulu.
Buku yang terbit membahas khusus tentang cabang-cabang ilmu Quran atau pembahasan khusus tentang metode penafsiran Al-Quran di antaranya:
• Kitab i`jaazul quran yang ditulis oleh Musthafa Shadiq Ar-Rafi`i,
• Kitab At-Tashwirul fanni fiil qu`an dan masyaahidul qiyaamah fil qur`an oleh Sayyid Qutb,
• Tarjamatul qur`an oleh syaikh Muhammad Musthafa Al-Maraghi yang salah satu pembahasannya ditulis oleh Muhibuddin al-hatib,
• Masalatu tarjamatil qur`an Musthafa Sabri,
• An-naba`ul adziim oleh DR Muhammad Abdullah Daraz dan
• Muqaddimah tafsir Mahaasilu ta`wil oleh Jamaluddin Al-qasimi.
Kitab yang membahas secara umum ulumul quran dengan sistematis, diantaranya :
• Syaikh Thahir Al-jazaairy menyusun sebuah kitab dengan judul At-tibyaan fii u`luumil qur`an.
• Syaikh Muhammad Ali Salamah menulis pula Manhajul furqan fii u`luumil qur`an yang berisi pembahasan yang sudah ditentukan untuk fakultas ushuluddin di Mesir dengan spesialisasi dakwah dan bimbingan masyarakat dan diikuti oleh muridnya,
• Muhammad Abdul a`dzim az-zarqani yang menyusun Manaahilul i`rfaan fii u`lumil qur`an.
• Syaikh Ahmad Ali menulis muzakkiraat u`lumil qur`an yang disampaikan kepada mahasiswanya di fakultas ushuluddin jurusan dakwah dan bimbingan masyarakat.
• Kitab Mahaabisu fii u`lumil qur`an oleh DR Subhi As-Shalih.
Pembahasan pada buku-buku tersebut dikenal dengan sebutan ulumul qur`an, dan kata ini kini telah menjadi istilah disiplin ilmu atau nama khusus bagi ilmu-ilmu tersebut.

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Kaligrafi Khat Kufi Persegi Yang Keren Dan Artistik

Khat kufi merupakan salah satu ragam dalam kaligrafi bahasa Arab. Ciri khas dari kaligrafi khat kufi adalah bentuknya yang kaku namun indah dan mempunyai karakteristik tersendiri dibanding dengan khat yang lainnya. Berikut contoh-contoh kaligrafi khat kufi persegi yang indah dan artistik.

Kaligrafi kufi basmalah
Kaligrafi kufi takbir, tahlil, hamdalah, dan tasbih
Kaligrafi kufi syahadatain
Kaligrafi kufi hadis tentang hijrah
Kaligrafi kufi 4 qul
Kaligrafi kufi Alhamdulillah
Kaligrafi kufi
Kaligrafi kufi Masyaallah
Kaligrafi kufi subhanallah
Kaligrafi kufi syahadat
Kaligrafi kufi la ilaha illallah
Keren-keren kan? Yuk belajar kaligrafi!

Artikel keren lainnya: