Home · Tajwid · Sharaf · Nahwu · Balaghah · Do'a · Daftar Isi

Pengertian Wazan Dan Mauzun

Apabila kita sedang belajar ilmu sharaf khususnya pada pembahasan tashrif, maka kita akan sering bertemu dengan istilah wazan dan mauzun. Apa yang dimaksud kedua istilah tersebut? Untuk mengetahui jawabannya silahkan baca postingan saya berikut ini!

Wazan adalah pola kata dalam bahasa Arab dengan pola dasar terdiri dari fa’ ‘ain, dan lam untuk tsulatsi (kata yang huruf asalnya 3 huruf) serta fa’, ‘ain, lam, lam untuk ruba’i (kata yang huruf asalnya 4 huruf). Hampir semua kata bahasa Arab yang termasuk kategori isim dan fi’il itu memiliki pola. Adapun diantara isim yang tidak berpola adalah isim maushul, isim isyarah, isim istifham, dll. Sedang fi’il yang tidak berpola adalah fi’il jamid.
Wazan dasar untuk kata yang huruf asalnya ada 3 adalah (فعل) dan untuk kata yang huruf asalnya ada 4 adalah (فعلل). Nantinya dari wazan dasar ini diubah baik dengan ditambah huruf maupun hanya diubah harakatnya saja.
Mauzun adalah kata yang dipolakan atau dicetak berdasarkan pola. Bisa difahami bahwa mauzun itu harus mengikuti bentu wazannya. Kesesuaian antara mauzun dan wazan disebut muthabaqah. Muthabah yang mendasar adalah kesamaan harakat pada wazan dan juga mauzunnya.
Coba perhatikan tabel berikut ini!
Huruf Asalnya
Mauzun
Wazan
دخ ل
دَخَلَ
فَعَلَ
رس م
رُسِمَ
فُعِلَ
ح س ن
يَحْسُنُ
يَفْعُلُ
ج ل س
جُلُوْسًا
فُعُوْلًا
غ ر ب
مَغْرِبٌ
مَفْعِلٌ
ح م د
مَحْمُوْدٌ
مَفْعُوْلٌ
ك ر م
أَكْرَمَ
أَفْعَلُ
ك ن س
مِكْنَسَةٌ
مِفْعَلَةٌ
ص ب ح
أَصْبَحَ
أَفْعَلَ
ف س ر
تَفْسِيْرٌ
تَفْعِيْلٌ
س ل م
مُسْلِمُوْنَ
مُفْعِلُوْنَ
غ ف ر
أَسْتَغْفِرُ
أَسْتَفْعِلُ
ب و ب
أَبْوَابٌ
أَفْعَالٌ
س ج د
مَسَاجِدُ
مَفَاعِلُ
ر س ل
رُسُلٌ
فُعُلٌ
ح س ن
حُسْنَى
فُعْلَى
ح س ن
حَسَنَةً
فَعَلَةً
Tabel di atas meruapakn contoh wazan dan mauzun untuk kata yang huruf asalnya ada tiga. Semua wazan dan mauzun sama harakat dan huruf tambahannya.
Sekarang telaah tabel yang kedua
Huruf Asalnya
Mauzun
Wazan
ب س م ل
بَسْمَلَ
فَعْلَلَ
ق ل ق ل
قَلْقَلَةً
فَعْلَلَةً
ت ر ج م
يُتَرْجِمَانِ
يُفَعْلِلَانِ
د ح ر ج
تَدَحْرَجَ
تَفَعْلَلَ
و س و س
مُوَسْوِسُوْنَ
مُفَعْلِلُوْنَ
د ح ر ج
مُتَدَحْرِجٌ
مُتَفَعْلِلٌ
Pada tabel kedua ini terdapat contoh wazan dan mauzun untuk kata yang asal hurufnya ada 4. Pada contoh di atas pun sama harakat dan huruf tambahannya antara wazan dengan mauzunnya.
Untuk fi’il-fi’il dan isim tertentu seperti fi’il mu’tal atau fi’il yang terdapat huruf alif, wawu dan ya’ makan muthabaqah antara wazan dan mauzunnya secara muaqaddarah. Artinya sekilah seperti tidak sesuai namun apabila digali lebih dalam maka keduanya adalah muthabaqah. Coba lihat contoh berikut:
Asalnya
Mauzun
Wazan
كَوَنَ
كَانَ
فَعَلَ
مَدَدَ
مَدَّ
فَعَلَ
قُوِلَ
قِيْلَ
فُعِلَ
رَاضِيٌ
رَاضٍ
فَاعِلٌ
اِوْعِدْ
عِدْ
اِفْعِلْ
مِفْرَرٌ
مِفَرٌّ
مِفْعَلٌ
اُمْدُدْ
مُدَّ
اُفْعُلْ
Perubahan dari bentuk asalnya menjadi bentuk mauzun seperti tabel di atas akan dibahas pada i’lal, ibdal, dan idgham.

Itulah pengertian wazan dan mauzun yang dilengkapi dengan contoh untuk memudahkan kita belajar memahami bahasa Arab. Terima kasih telah berkunjung.......

Artikel keren lainnya:

4 Tanggapan untuk "Pengertian Wazan Dan Mauzun"